Kesehatan

Bagaimana Cara Mencegah Alzheimer

alzhemire

Penyakit Alzheimer sering menyebabkan penderitanya merasa sangat tersiksa. Tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga keluarga yang merawat. Penyakit ini menyebabkan memori otak tidak berfungsi dengan baik. Kemudian juga bisa merusak sistem kerja syaraf sehingga menyebabkan kemampuan untuk mandiri pada penderita berkurang banyak. Penyakit Alzheimer sebenarnya bisa dipengaruhi oleh beberapa hal termasuk untuk faktor keturunan dan juga usia. Dan selain itu pilihan gaya hidup yang sehat bisa membantu mencegah penyakit ini. Namun bagaimana cara sesungguhnya untuk mencegah alzheimer. Berikut ini berbagai langkah untuk mencegah penyakit Alzheimer yang bisa dilakukan sejak masih muda.

Sponsor: pemutih wajah

1. Olahraga secara teratur

Latihan dan olahraga ternyata bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer. Orang-orang yang melakukan latihan secara aktif sejak masih muda ternyata memiliki resiko lebih kecil untuk terkena Alzheimer saat mereka sudah tua. Kondisi ini berhubungan dengan aliran darah yang lebih baik ketika tubuh mendapatkan porsi latihan yang cukup. Latihan akan membantu mengelola fungsi kognitif bekerja dengan baik dan mencegah masalah pada sistem neurotransmitter. Ini juga membantu otak mendapatkan nutrisi yang cukup baik untuk protein maupun oksigen.

2. Diet yang sehat

Pemilih metode diet yang sehat sangat baik untuk membantu mencegah penyakit Alzheimer. Jika Anda salah dalam memilih metode diet maka ini juga bisa meningkatkan resiko yang sama. Beberapa jenis asupan diet yang sangat penting seperti asam lemak omega 3 sangat baik untuk mencegah Alzheimer. Sementara diet yang terlalu menyertakan protein dalam jumlah tinggi juga bisa merusak fungsi syaraf. Bahkan diet yang bisa memicu diabetes juga bisa meningkatkan resiko yang sama. Karena itu konsumsi makanan untuk diet harus dipilih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Seimbangkan nutrisi termasuk untuk lemak sehat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

3. Mencegah semua jenis penyakit kronis

Meskipun hingga saat ini banyak penderita Alzheimer yang masuk dalam usia lanjut, namun penyakit ini juga bisa menyerang lebih cepat. Ini artinya banyak orang muda yang bisa saja terkena penyakit Alzheimer. Kunci untuk mencegah penyakit ini adalah menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena penyakit kronis. Orang yang memiliki resiko terkena penyakit seperti gangguan metabolisme dan penyakit degeneratif bisa memiliki potensi penyakit ini. Jadi Anda harus menjaga kesehatan untuk mencegah tubuh tidak terkena kedua jenis golongan penyakit ini.

4. Sering menjaga fungsi otak

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga fungsi otak. Semakin sering otak digunakan maka semakin kecil resiko untuk terkena Alzheimer. Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa hal ringan seperti tidak stres, menjaga pola istirahat seperti tidur, menjaga makanan untuk otak, menulis, bermain komputer atau gadget. Bahkan melakukan hubungan sosial yang baik juga bisa merangsang fungsi otak. Pertimbangkan untuk menjaga fungsi otak dengan baik agar Anda juga lebih sehat.

Langkah untuk mencegah penyakit alzheimer memang sangat perlu dilakukan sejak masih awal. Karena penyakit ini sama sekali tidak bisa ditunda ketika sudah terjadi. Dan resiko penyakit yang berat sering memicu depresi berlebihan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top