Makanan Sehat

Jenis Makanan Paling Ampuh untuk Mencegah Alzheimer

alzhemier

Ketika Anda mulai sering lupa padahal baru sesaat dan kondisi ini sering terjadi, maka Anda harus curiga dengan penyakit Alzheimer. Penyakit ini mungkin tidak menyebabkan gejala mendadak yang parah dan sering dimulai dengan gejala yang ringan. Banyak penderita Alzheimer yang awalnya tidak menyadari gejala tersebut. Jadi mengerti bagaimana gejala penyakit ini bisa terjadi bisa menjadi langkah pencegahan yang sangat penting. Dan pengaruh diet untuk penyakit Alzheimer memang sangat besar. Kebanyakan orang yang melakukan diet sehat bisa memiliki resiko yang kecil untuk terkena Alzheimer. Tapi makanan apa yang ampuh untuk mencegah Alzheimer? Simak daftarnya dibawah ini:

Sponsor: kezia skin expert

1. Makanan yang kaya dengan vitamin C dan vitamin E

Semua jenis makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E bisa membantu mencegah otak tidak terkena pengaruh radikal bebas. Nutrisi ini juga bisa membantu memelihara kesehatan sel dalam otak dan menjaga fungsi mental dengan baik. Dan bahkan kandungan antioksidan yang tinggi sangat baik untuk menghalau semua racun dalam otak. Beberapa makanan yang penting untuk menjaga semua fungsi otak termasuk seperti stroberi, nanas, tomat, minyak zaitun, brokoli, almond dan kismis.

2. Makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3

Selama ini makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3 dianggap sebagai makanan yang baik untuk jantung. Namun ternyata tidak hanya untuk jantung tapi juga bisa membantu menjaga kesehatan otak. Bahkan ibu hamil disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi asam lemak omega 3 sejak trimester pertama untuk membangun jaringan otak bayi. DHA yang ada dalam makanan yang mengandung asam lemak omega 3 sangat baik untuk mencegah Alzheimer. Beberapa sumber makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3 seperti kenari, biji rami, ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel dan ikan sarden. Dan memasak dengan mengurangi lemak hewani sangat baik untuk proses pengolahan sumber asam lemak omega 3.

3. Makanan yang kaya dengan flavonoid

Semua jenis makanan yang mengandung flavonoid dalam jumlah tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Zat ini juga sering disebut bagian dari polifenol. Flavonoid yang aktif bisa membantu kerja otak karena akan menjadi sumber dari antioksidan alami. Berbagai jenis buah yang kaya dengan warna seperti blueberi, apel, jeruk dan stroberi sangat baik untuk menjaga fungsi otak. Kemudian Anda juga bisa mendapatkan sumbernya dari sayuran seperti kembang kol, asparagus, kangkung, kacang hitam dan bayam.

4. Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk membuat masakan khas India seperti dalam bumbu kari. Makanan ini kaya dengan zat kurkumin dari kunyit. Tidak hanya rasanya yang kuat karena ternyata makanan ini juga bisa menjaga kesehatan otak. Sebuah fakta penelitian membuktikan jika orang yang sering mengkonsumsi makanan dengan bumbu kunyit ternyata memiliki kesehatan otak yang lebih baik dan tidak mengandung amiloid dalam otak. Amiloid adalah jenis protein yang paling sering menumpuk dalam otak dan dipercaya menjadi salah satu penyebab Alzheimer.

Selain itu semua jenis makanan yang mengandung asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 juga penting untuk mencegah Alzheimer. Anda bisa mencoba berbagai jenis nutrisi ini agar masuk dalam menu makanan sehari-hari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top