Tips Menjaga Kesehatan untuk Survivor Kanker Payudara

Tips Menjaga Kesehatan untuk Survivor Kanker Payudara

Menjalani hidup dengan baik dan sehat menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh survivor kanker payudara. Ketika sudah dinyatakan sebagai survivor kanker payudara maka sebenarnya sel kanker sudah bersih di tubuh, saat setelah menerima perawatan. Namun sel kanker payudara tetap bisa tumbuh lagi dan menyebar ke bagian organ lain. Ini tentu hal yang harus dihindari oleh semua survivor kanker payudara. Karena itu semua wanita yang sudah pernah terkena kanker payudara harus menghargai kehidupan dengan memilih gaya hidup yang sehat. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan untuk survivor kanker payudara.

Sponsor: dr rochelle skin expert

1. Memahami efek samping dan resiko dari perawatan sebelumnya

Kanker payudara bisa membuat penderita menerima berbagai perawatan untuk menghilangkan sel kanker dan mencegah kanker berulang. Perawatan ini meliputi kemoterapi, radioterapi, operasi pengangkatan payudara dan juga terapi hormon. Efek perawatan ini tentu ada dan bisa bertahan dalam waktu lama saat sudah dinyatakan sebagai survivor. Karena itu survivor harus memahami efek samping itu, menjalani komunikasi dan konsultasi dengan dokter yang merawat serta menentukan perawatan lanjut yang sudah direncanakan.

2. Menghindari stres dan ketakutan berlebihan

Banyak survivor kanker yang justru melemah setelah selesai melakukan perawatan. Awalnya masalah ini sering disebabkan karena mereka merasa takut bahwa kanker itu akan kembali. Namun semua survivor bisa mengelola hal ini. Mereka harus mendapatkan diagnosa dari dokter bahwa sel kanker itu sudah bersih, kemudian melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah sel itu kembali atau tidak dan mendapatkan dukungan dari keluarga.

3. Mulai latihan atau olahraga ringan

Kemudian wanita yang sudah pernah menderita kanker payudara juga harus mulai untuk bergerak. Lakukan beberapa latihan ringan yang bisa mencegah kenaikan berat badan dan mengelola berat badan yang ideal. Biasanya efek perawatan kanker akan membuat kenaikan berat badan dan jika tidak dikelola dengan baik maka resiko kanker bisa kembali. Karena itu semua survivor harus mencoba untuk latihan rutin meskipun hanya dengan berjalan kaki secara rutin.

4. Merubah kebiasaan makan

Kemudian survivor kanker juga harus mencoba untuk memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat. Konsumsi daging merah dan semua produk hewani harus dibatasi, atau menghilangkan semua lemak dari produk hewan. Makanan yang terdiri dari sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian lebih baik untuk tubuh. Jika perlu maka survivor kanker bisa melakukan diet dengan ahli nutrisi yang paham dengan bidang ini.

5. Menghilangkan semua kebiasaan buruk

Dan semua kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan potensi pertumbuhan sel kanker kembali juga harus dihilangkan. Misalnya kebiasaan merokok, minum alkohol, minuman berkabonasi, gula pemanis, bahan MSG, dan begadang juga harus dihilangkan. Semua usaha ini untuk menjaga agar kondisi kesehatan tubuh menjadi lebih sehat dan lebih baik. Termasuk untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

Jadi beberapa tips ini akan membantu menjaga kehidupan yang sehat dan lebih baik untuk semua mantan penderita kanker payudara. Mendapatkan motivasi dari lingkungan dan keluarga juga sangat penting agar mereka bisa hidup dengan pikiran yang positif dan jauh dari stres.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top