Perawatan Tubuh

Tips Menghilangkan Kapalan di Lutut Dengan Cara Sederhana

tips-menghilangkan-kapalan-di-lutut-dengan-cara-sederhana

Tubuh manusia terdiri dari berbagai bagian yang mana masing-masing organ memiliki fungsi masing-masing. Sebagai manusia aktif tentu saja gerak tubuh akan semakin cepat atau aktif karena berbagai kegiatan seperti olahraga dan bekerja bisa membuat tubuh terasa sehat atau sebaliknya kurang menyehatkan. Ketika melakukan berbagai kegiatan dalam waktu lama bahkan berulang-ulang seringkali dalam satu bagian tubuh memperlihatkan efek kurang baik seperti kapalan.

Sponsor : produk pemutih wajah

Pasti Anda sudah tahu bahkan mengalami kapalan di berbagai bagian tubuh. Rata-rata kapalan terjadi di bagian kaki atau tangan dengan ciri kulit luar menjadi lebih tebal atau berubah warna menjadi hitam. Ternyata kapalan menjadi satu tanda bahwa kegiatan tubuh mengalami over pada satu titik saja. Misalnya saja Anda sering melakukan kegiatan mengetik maka bisa jadi kulit di pergelangan tangan atau jari mengalami kapalan.
Tentu saja perubahan tekstur dari kulit halus menjadi keras atau menghitam tidak membuat orang lain merasa tertarik. Ada satu bagian dimana bisa mengurangi estetika bagi seorang wanita yakni lutut. Kita tahu bahwa bagian lutut seringkali menjadi tumpuan dalam kegiatan sehari-hari maka tidak heran jika bagian lutut sering mengalami perubahan bentuk kulit. Jika tidak segera dihilangkan maka jaringan kulit akan mengeras dan berubah warna menjadi lebih gelap dibanding kulit di sekitarnya.
Kesalahan dalam merawat kulit juga bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan warna sehingga perlu diperhatikan bagaimana cara kita meremajakan kulit. Kapalan sebetulnya bukan jadi satu permasalahan serius karena di bagian kulit tertentu hanya terdapat banyak melanin atau pigmen kulit sehingga warnanya jadi gelap.
Jika Anda mengalami kapalan di bagian lutut maka segera atasi dengan cara memakai obat atau bisa juga dengan cara-cara sederhana dan alami. Tips menghilangkan kapalan di lutut sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, murah dan aman, namun sayangnya banyak orang lebih memilih cara medis karena dirasa cepat memberikan hasil. Jika Anda penasaran seperti apa cara menghilangkan kapalan di bagian lutut, berikut ulasannya.

1. Menggunakan jeruk atau lemon
Untuk menyamarkan warna kulit yang terkena kapalan maka Anda bisa memakai bahan potongan lemon kemudian oleskan secara rutin ke bagian kulit gelap tersebut. Beberapa orang merasa kurang puas dari cara ini karena efeknya hanya sementara saja, akan tetapi jika dilakukan secara rutin maka bagian kulit kapalan bisa berangsur-angsur memudar sehingga warnanya bisa kembali seperti semula.

2. Gunakan pelembab
Bagian lutut dan siku menjadi satu spot dari kelenjar minyak tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Maka dari itu bagian lutut sering mengalami kapalan karena tidak ada pelumas dari luar yakni minyak kemudian jika tidak mendapatkan perawatan kulit maka bisa membuatnya semakin kering dan rentan terjadi kapalan. Menggunakan pelembab bisa jadi satu cara sederhana mengatasi kapalan, namun dari cara ini tidak bisa memberikan efek instan dan harus dilakukan secara rutin. Fungsi pelembab adalah mencerahkan sekaligus melembabkan bagian lutut. Bagian lutut akan terus elastis ketika mendapat nutrisi dari pelembab, jadi jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab secara rutin atau setiap hari.

3. Merendam lutut di air hangat
Cara berikutnya untuk menghilangkan kapalan adalah dengan merendam lutut ke dalam air hangat ditambah beberapa tetes olive oil. Jika masih kurang mendapatkan efeknya, tambahkan batu apung atau spon khusus sebagai tempat menggosok lutut yang mengalami kapalan. Tetapi saat menggosoknya harus berhati-hati karena bagian lutut yang terjadi kapalan sangat mudah terluka.
Lakukan secara rutin cara ini dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu. Jika sudah berkurang maka hentikan penggosokan dan teruskan dengan memberikan krim pencerah kulit.

4. Bawang putih dan cuka
Jika masih kurang manjur, ada satu cara lainnya yakni memakai cuka dan bawang putih. Ramuan bahan herbal tersebut bisa menghilangkan kapalan di lutut secara cepat. Caranya campur dua bahan tersebut ke dalam satu wadah lalu tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari. Aplikasikan pada bagian lutut yang terdapat kapalan pada saat sebelum tidur, usapkan secara perlahan dan tunggu hingga pagi hari. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Vitamin E atau vitamin A
Menambah asupan nutrisi berupa vitamin A dan E sangatlah penting untuk menjaga elastisitas kulit sehingga bagian lutut yang kapalan akan menghilang dalam beberapa waktu. Anda bisa membeli vitamin E atau A dalam bentuk cair kemudian mengoleskannya ke bagian lutut. Tidak hanya itu saja, untuk memaksimalkan regenerasi kulit kamu bisa mengkonsumsi vitamin A dan E secara rutin.

Kondisi kulit kapalan memang cukup menggangu penampilan saat berada di luar ruangan. Penyebab dari kapalan harus dihindari, tetapi bila sudah terjadi kapalan di beberapa daerah tubuh seperti lutut bisa menggunakan cara-cara di atas yang sudah terbukti tidak memiliki efek buruk pada kesehatan. Cara-cara instan seperti menggunakan obat penghilang kapalan sebenarnya juga bisa dipakai, tetapi satu hal yang dikhwatirkan adalah terdapat bekas obat seperti terlihat gelap atau gosong.
Cara alami sangat disarankan karena tidak mempunyai dampak buruk bagi tubuh apalagi kulit, sehingga dalam penggunaannya tidak memerlukan konsultasi dokter kulit. Sangat mudah bukan? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah saat bersantai atau sebelum tidur, selamat mencoba.

26
56%
like
5
10%
love
6
13%
haha
3
6%
wow
1
2%
sad
5
10%
angry

Comments

comments

To Top