Relationship

Tips Menangani Orang Sinis

Tips Menangani Orang Sinis

Ketika berhubungan dengan orang banyak di sekitar kita, ada kalanya menemukan orang yang memiliki fikiran bermacam-macam. Ada orang yang senang berfikir secara emosional, mencela, mengeluh, atau ingin menang sendiri. Namun itulah hidup, terkadang kita dihadapkan pada orang-orang dengan kepribadian yang membuat kita merasa kesal. Tetapi buka Anda namanya jika tidak bisa mengatasi teman atau rekan yang menjengkelkan termasuk teman dan orang yang suka sinis dengan Anda. Kita yakin, bahwa bertemu dengan orang sinis tidak dapat kita hindari, melainkan harus diatasi dengan bijak. Berikut tips menangani orang sinis di sekitar Anda:

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Kenali pribadi orang sinis

Sebenarnya mengenali orang yang suka berfikir sinis tidak sulit dibaca. Meskipun tidak cukup mudah berhubungan dengan orang-orang seperti itu, tetapi cukup membuat kita merasa risih. Jangan pula beranggapan bahwa orang sinis pasti memiliki tingkah laku buruk seperti berkata kasar, suka mencela atau berbuat kasar. Mereka hanya merasa tidak senang dengan keadaan atau keberadaan Anda. Selain itu, orang sinis bisa dikatakan memiliki sikap paling pesimistik yang selalu membayangkan hal hal buruk. Meskipun begitu, orang sinis memiliki perasaan yang sangat sensitive, kadang juga tidak bisa membedakan antara canda dan serius.

2. Kurangi kontak

Orang yang penuh antusiasme berbeda dengan mereka yang berjiwa sinis. Meskipun Anda bertingkah laku positif sebaiknya tetap menjaga gesture dan tingkah laku. Salah satunya adalah keterlibatan kontak mata. Jangan terlalu sering melakukan kontak mata dengan orang sinis tetapi kurangi kontak mata. Alasannya adalah, orang sinis terlalu sensitive dan senang membawa fikiran terlalu serius yang akhirnya dapat merusak kesehatan mental yang berdampak pada Anda juga. Fikiran sinis dapat membuat stress, depresi bahkan penyakin jantung. Lebih baik jangan terlalu lama bertemu dengan orang-orang sinis dan cari kegiatan yang menyenangkan pifikan Anda. Buat alasan nyata agar Anda dapat menjauh dari orang-orang tersebut, tanpa menyakiti perasaannya. Bila perlu sebaiknya menjauh.

3. Hati-hati dalam komunikasi

Kecenderungan orang berjiwa sinis lebih suka untuk mengintimidari Anda tentang apa yang harus diakukan. Kadang senang memborbardir degan komentar sinis atau menyuruh Anda melakukan pekerjaan sesaui kemampuan Anda. Untuk itu, bersikaplah tetap tenang dan lakukan komunikasi secara berhati-hati. Orang sinis cukp sulit menerima ucapan orang lain, maka sebaiknya Anda cepat mendengankan tetapi lambat bicara. Gunakan bahasa tepat secara berhati-hati agar perasaan sensitive mereka tidak mudah muncul.

4. Mengalihkan topik Pembicaraan

Jika perbincangan Anda mulai menjurus pada hal negatif, maka berusahalah mengalihkan topic perbincangan. Gunakan teknik yang halus agar orang tersebut tak menyadari dengan cara menghargai komentarnya, secara singkat dan alihkan topic perbincangan. Sebab orang sinis adalah komentator ulung, artinya meskipun mereka mengucapkan sederet pujian, pada ujungnya akan menambahkan kata “tapi” yang akan berlanjut pada komentar-komentar selanjutnya yang bisa menjurus pada komentar negatif.

5. Cari solusi

Meskipun mengalihkan topic percakapan, tidak mesti solusi yang tepat untuk menghadapi orang sinis.Jika Anda berniat membantunya, maka tambahkan cara lain seperti focus pada perbimncangan untuk mencari solusi pada masalah yang ia keluhkan. Tentunya, hal tersebut butuh kearif an. Jangan ungkapkan komentar atau pertanyaan yang bisa membuat mereka semakin merasa benar dan ingin menambah keluh kesahnya. Tetapi buatlah komentar yang menjadi solusi seperti misalnya “sebaiknya, kamu berbicara dengan bos agar masalah cepat selesai”, dsb.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top