Keluarga

Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Pada saat musim hujan seperti sekarang ini hujan akan sering kali turun setiap waktu sehingga bisa saja mengganggu segala aktivitas yang Anda kerjakan. Ketika hujan sudah mulai turun payung menjadi senjata utama yang banyak dipergunakan oleh orang untuk menghindari dari basahnya air hujan. Meski banyak membantu, payung juga sangat rentan mengalami masalah, misalnya kotor, berkarat dan lain sebagainya. Agar payung tetap awet dan terlihat bersih harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya. Tips membersihkan payung agar tetap awet digunakanbisa dilakukan dengan cara;

Sponsor: perawatan wajah

  • Mencuci Setelah Dipergunakan

 Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Langkah awal agar payung tetap bersih dan awet adalah selalu mencuci payung terutama bagian kainnya yang atas setelah dipergunakan. Payung berguna untuk menangkal air hujan. Selama payung tak digunakan, terlalu lama menyimpan payung setelah digunakan dapat membuat payung mudah rusak dan berkarat. Air hujan dan kotoran tersebut jika tidak dibersihkan dan dicuci akan menimbulkan jamur.  Sebaiknya cuci dengan air bersih yang mengalir, keringkan dan lipat kembali jita tak digunakan.

  • Menggunakan Sabun dan Jeruk Nipis

Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Untuk membersihkan payung setelah dipergunakan bukan hanya menggunakan air bersih saja, tetapi ada baiknya Anda juga menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran serta debu yang menempel pada permukaan kain payung. Anda dapat menggunakan sabun cuci baju untuk membersihkan payung agar lebih bersih. Jika terdapat jamur ataupun noda yang membandel Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis ataupun jeruk lemon terlebih dahulu untuk mengangkat noda membandel tersebut lalu baru menggunakan sabun dan diakhiri dengan membilas dengan air bersih. Jika cara ini rutin dilakukan payung akan terlihat selalu bersih.

  • Tidak Menggunakan Sikat Baju

Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Untuk menghilangkan kotoran ketika mencuci payung Anda jangan menggunakan sikat gosok. Sikat baju atau sikat gosok mempunyai permukaan sikat yang kasar sehingga dapat membuat kain pada payung menjadi robek atau bolong. Jika ada noda yang membandel yang sulit untuk dihilangkan ada baiknya Anda mempergunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk meniykatnya karena mempunyai permukaan sikat yang lembut dan tidak akan merusak kain payung.

  • Mengeringkan Secara Alami

Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Selain mencuci setelah dipergunakan, agar payung Anda tetap awet dan tahan lama adalah dengan mengeringkan payung ketika masih dalam keadaan basah. Untuk mengeringkan payung cukup membiarkan payung dalam keadaan terbuka sehari atau semalam saja. Dengan cara tersebut payung akan kering dengan sendirinya karena terkena angin. Selain itu jangan sekali-kali melipat payung ketika masih dalam keadaan basah, karena hal ini dapat menimbulkan jamur atau bercak-bercak pada kain payung.

  • Segera Melipat Ketika Sudah Kering

Tips Membersihkan Payung Agar Tetap Awet Digunakan

Langkah terakhir agar payung menjadi awet adalah segera mungkin untuk melipat payung ketika sudah dalam keadaan kering. Hal ini akan menghindarkan dari resiko payung yang kembai terkena debu atau kotoran yang terbawa oleh angin. Lebih baik segera lipat kembali payung ketika sudah kering dan menyimpannya ditempat yang kering dan bersih agar tidak ditumbuhi oleh jamur dan kotoran.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top