Cantik Alami

Tips Diet Setelah Operasi Usus Buntu

Tips Diet Setelah Operasi Usus Buntu

Operasi usus buntu menjadi tindakan bedah medis yang diperlukan untuk menghapus atau menghilangkan usus buntu yang sudah mengalami infeksi. Pada dasarnya ketika usus buntuk baik-baik saja atau tidak mengalami infeksi maka tindakan ini tidak diperlukan. Tapi beberapa orang bisa mengalami infeksi pada usus buntu yang menyebabkan gejala usus buntu. Setelah melakukan operasi maka perawatan diperlukan selama beberapa hari hingga sembuh. Jika perawatan seperti operasi usus buntu terlambat maka usus buntu bisa pecah dan infeksi menyebar ke semua bagian perut. Namun setelah operasi maka banyak penderita yang takut untuk makan. Berikut ini adalah tips diet setelah operasi usus buntu agar cepat sembuh.

Sponsor : kezia skin expert

  1. Diet makanan cair

Mungkin setelah operasi usus buntu maka Anda tidak bisa makan dengan baik. Rasa sakit dan kemungkinan diare masih bisa menyerang Anda. Anda mungkin juga tidak bisa mengkonsumsi makanan padat karena itu berat untuk pencernaan. Namun tubuh Anda masih tetap membutuhkan nutrisi yang penting untuk pemulihan. Untuk itu Anda bisa mencoba semua jenis makanan cair. Makanan cair termasuk jus, smoothie, sup, puding dan es krim. Semua makanan yang lembut ini bisa dibuat dari sayuran dan buah yang tidak mengandung gas. Jika Anda sudah bisa mencoba makanan padat maka coba mengkonsumsi bubur dari sayuran atau buah.

  1. Diet makanan halus

Setelah Anda terbiasa mengkonsumsi makanan cair selama beberapa hari maka Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan halus. Makanan yang halus bisa membuat perut Anda merasa lebih nyaman dan bisa mengendalikan rasa lapar dengan baik. Makanan halus ini bisa berisi beberapa nutrisi yang lebih berat seperti karbohidrat dan protein. Anda bisa mencoba untuk membuat sup dari sayuran seperti wortel, kentang atau brokoli. Kemudian Anda bisa mencoba untuk makan bubur ikan, bubur hati ayam atau sapi dan sereal. Namun sebaiknya hindari semua jenis makanan yang terbuat dari biji gandum utuh karena terkadang usus Anda belum terlalu kuat untuk mencerna bahan itu.

  1. Diet makanan berserat

Banyak orang yang setelah menjalani operasi usus buntu tidak bisa mengkonsumsi serat dengan baik. Pada akhirnya sistem pencernaan menjadi kurang sehat dan juga masalah sembelit. Untuk mengatasi ini maka setelah beberapa hari Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat bisa membantu Anda mendapatkan pencernaan yang baik. Namun makanan ini sebaiknya dikonsumsi menjadi makanan halus atau lembut seperti jus, bubur atau smoothie.

Tips Diet Setelah Operasi Usus Buntu

  1. Diet lemak dan karbohidrat

Segera setelah Anda mulai pulih maka Anda harus mengembalikan nutrisi untuk tubuh. Anda bisa membuat beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak termasuk juga protein. Semua nutrisi ini sangat penting untuk mengembalikan kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung kolagen tinggi seperti ikan dan daging bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengembalikan gizi bagi tubuh Anda. Beberapan jenis karbohidrat penting untuk tubuh Anda seperti kacang-kacangan dan beras merah sangat penting untuk dikonsumsi.

Tips Diet Setelah Operasi Usus Buntu

Dasar untuk melakukan diet setelah menjalani operasi usus buntu tidak digunakan untuk menurunkan berat badan. Tapi untuk mengembalikan nutrisi tubuh yang sudah hilang selama beberapa saat dan mendukung tubuh sehingga Anda cepat pulih. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter yang merawat untuk menentukan nutrisi terbaik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top