Pindah2

Tips Dan Cara Mengatasi Keadaan Burnout

Tips Dan Cara Mengatasi Keadaan Burnout

Tips Mengatasi Keadaan Burnout

Mengatasi Keadaan Burnout

Taukah anda apa yang dimaksud dengan keadaan burnout? Jika tidak mungkin sedikit ulasan ini akan mengenambah wawasan bagi anda tentang keadaan burnout ini. Dalam ilmu psikologi, keadaan burnout merupakan keadaan yang timbul diakibatkan kelelahan secara lahir dan batin. Hal ini tak seperti sekedar mengutarakan sesuatu, atau kita ketika sedang mengucapkan “aku capek” semata, manakala kita diminta untuk menemui seseorang ataupun melakukan sesuatu. Namun burnout ini merupakan keadaan yang lebih daripada itu.

Menurut Muhamad Fadhol Tamimy seorang mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman yang di temui di perpustakaan Universitas Mulawarman menyatakan bahwa, burnout ini merupakan keadaan yang dialami seseorang ketika ia merasakan rasa tertekan secara lahir dan batin hingga berimbas pada perasaan capek secara fisik. Burnout ini pula dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan serta kebahagiaan dan juga kualitas kehidupan seseorang secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi keadaan Burnout seperti yang diungkapkan oleh Fadhol Tamimy:

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat adalah salah satu faktor berkualitasnya kebahagiaan dalam hidup. Kurang beristirahat khususnya tidur ini dapat memicu munculnya stress hingga depresi pada diri seseorang. Istirahat yang berkualitas dan cukup menjadikan seseorang akan lebih maksimal dalam mengerjakan segala hal terutama pekerjaan, karena orang yang cukup istirahat akan lebih mampu untuk berfikir.

  1. Menjaga Komitmen

Membuat komitmen untuk memperlakukan diri sendir secara santai tak berlebihan dalam menuntut adalah salah satu cara untuk mengatasi diri dalam keadaan burnout. Buatlah hari-hari anda secara khusus yang digunakan untuk melakukan apa saja yang anda inginkan yang belum pernah anda lakukan karena kesibukan, secara terkontrol norma maupun agama.

  1. Menikmati Kesenangan Secara Terkontrol

Jika treveling adalah sesuatu yang indah bagi anda maka lakukanlah. Lakukanlah apa yang menjadi kesenangan anda dan nikmatilah hidup anda. Jangan terlalu mendengarkan kata orang yang terlalu sibuk untuk selalu berkata buruk, tentang apa yang anda lakukan. Jadikanlah omongan orang lain yang mencibir kesenangan anda sebagai bahan pelecut semangat, bahwa apa yang menjadi kesenangan anda akan membawa kebermanfaatan bagi orang-orang di sekitar anda dan meningkatkan kuwalitas kebahagiaan hidup anda khususnya.

  1. Melakukan Refleksi Diri

Cara efektif selanjutnya adalah dengan melakukan refleksi diri. Renungkanlah setiap yang anda lakukan dan tujuan anda melakukan hal tersebut. Dengan melakukan refleksi diri maka kita akan lebih memahami permasalahan yang menyebabkan kita burnout tersebut.

  1. Berdo’a Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Berdoa dan mohon ampun kepada Allah adalah cara yang ampuh dalam mengatasi burnout ini. karena hanya dengan mengadu kepadanya kita akan merasakan kelegaan yang luar biasa. Menangislah dalam kepasrahan anda terhadap tuhan yang maha esa, karena dengan menangis dalam rintihan permohonan kepada Allah beban hidup yang kita tanggung akan terbantukan. Secara psikologis pun menangis adalah salah satu media pelampiasan kesedihan ataupun kesetresan yang tepat. Jadi jangan malu untuk menangis apabila sedang mengadu dalam alunan doa di setiap sujud anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top