Kehamilan

Senam Ibu Hamil Delapan Bulan

Senam Ibu Hamil Delapan Bulan

Saat hamil, ibu hamil halus melakukan aktifitas yang tidak membuatnya lelah dna mengganggu kondisi janin. Olahraga ringan kehamilan juga menjadi alasan utama ibu hamil tetap sehat. Saat usia kehamilan telah menginjak masa 8 bulan, tentu ibu hamil akan ebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Daripada bosan dirumah lebih baik coba lakukan senam ibu hamil delapan bulan yang bermanfaat untuk melatik otot bagian panggul dan sekitar area vagina. Cara tersebut dapat membantu memperlancar proses persalinan.

Sponsor: dr rochelle skin expert

1. Hands& back up train

Gerakan ini bisa dilakukan sebanyak lima kali caranya yang pertama adalah dengan mengangkat lengan lurus di atas kepala, sambil menghadapkan telapak tangan kemudia tahan kurang lebih 20 detik. Selanjutnya, regangkan dua lengan selebar-lebarnya. Lakukan dengan perahan dan santai.

2. Hip

Gerakan ini bisa dilakukan sesering mungkin. Caranya dengan membaringkan badan dengan posisi terlentang dengan lutut ditekuk. Lakukan tarikan nafas secara dalam melalui hidung sambil mengencangkan otot perut dan bokong. Kemudian tahan posisi tersebut selama lima detik sambil menghembuskan nafas perlahan. Lakukan gerakan ini secara santai dan ulangi lagi.

3. Mencium lantai

Sama dengan gerakan hip diatas, gerakan mencium lanta untuk ibu hamil dapat dilakukan sesering mungkin. Caranya yaitu dengan mengambil posisi jongkok sambil membungkuk. Cium alas atau lantai secara perlahan dan tahan posisi tersebut selama kurang lebih sepuluh detik. Lakukan gerakan ini dengan santai dan lemaskan kembali. Gerakan ini bertujuan untuk memperbaiki posisi bayi agar kepala bayi mudah mengarah ke panggul atau menghindari posisi sungsang.

4. Pose kupu-kupu

Gerakan dengan pose kupu-kupu dapat dilakukan untuk melatih kekuatan otot paha dan menghilangkan sakit pada area punggung. Caranya dengan ambil posisi duduk tegak sambil menyatukan kedua telapak kaki ke depan. Tekan lutut hingga menyentuh lantai. Gerakan ini baik dilakukan selama 15 detik sambil mengulangi gerakan sama beberapa kali.

5. Senam kegel

Gerakan senam ini sangat bermanfaat untuk menguatkan otot dasar panggul dan membantu proses persalinan lebih singkat. Senam kegel untuk ibu hamil dapat dilakukan selama 3-10 detik dan ulangi sebanyak empak kali.

6. Duduk bersila

Gerakan untuk ibu  hamil selanjutnya adalah dengan duduk bersila. Cara ini adalah gerakan sangat sederhana dan tingkat dasar bagi ibu hamil. Agar nyaman, jangan lupa gunakan matras sebagai bantalannya. Lakukan cara duduk dengan santai sambil meluruskan tangan dan biarkan telapak tangan menempel ke lantai. Atur napas dengan menambahkan pula beberapa gerakan ringan yang lain. Lakukan secara perlahan dan berulang kali.

7. Merangkak

Gerakan merangkak bisa dilakukan dengan mengambil posisi tubuh merangkak. Biarkan tangan kanan bergerak ke posisi depan bersamaan dengan kaki kiri yang diangkat ke belakang. Lakukan dalam posisi lurus sambil menatap ke depan. Atur pernapasan dengan baik dan lakukan gerakan secara perlahan dan berulang. Lakukan gerakan sama pada tangan dan kaki yang satunya.

Intinya semua gerakan senam yang bisa ibu hamil lakukan dapat melatih dan membantu para ibu hamil dapat dengan mudah melakukan proses persalinan secara normal tanpa harus menempuh jalan operasi caecar.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top