Info Dokter

Sehat dan Bugar diawal kehamilan

Sehat dan Bugar diawal kehamilan

Sehat dan Bugar diawal kehamilan-“Di awal kehamilan, mood saya naik turun terutama masalah makanan. Saya jadi picky dan sering ngomel-ngomel sama suami. Rasanya hamil itu melelahkan,” curhat Nindi (28) tentang dirinya yang merasa tak sehat di trimester pertama kehamilan. Penurunan nafsu makan, nyeri pinggang, kram kaki, tidur yang tak nyenyak, hingga mood yang tak stabil pada saat kehamilan memang menjadi masalah utama ibu hamil. Hal inilah yang membuat ibu hamil terlihat lemas dan tidak segar.

Sehat dan Bugar diawal kehamilan

Sponsor : cream perawatan wajah

“Ibu hamil itu harus segar. Segar di sini maksudnya adalah sehat dan bugar. Sehat adalah keadaan di mana kita sejahtera secara fisik, mental, dan sosial. Tak semata karena kita tidak punya penyakit. Lalu, bugar itu artinya kita mampu melakukan tugas kita sehari-hari tanpa mudah lelah. Kita juga mampu melakukan aktivitas fisik yang berat secara mendadak seperti lari atau mengangkat barang dengan waktu pemulihan yang cepat,” jelas Dr. Michael Triangto, Sp.KO., saat ditemui di acara “Senam Segar Mama” yang diadakan oleh Frisian Flag beberapa waktu lalu.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Agar tetap segar, Ibu hamil perlu mengutamakan kualitas asupan nutrisi dalam tubuhnya. Jika nutrisi yang masuk ke dalam tubuh baik, ini akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan stamina ibu. Dr. Prima Progestian, Sp.OG., menjelaskan bahwa ibu hamil harus memperhatikan asupan dan jumlah gizi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatannya dan juga janin yang dikandungnya.

“Penting bagi ibu hamil untuk menyadari bahwa ia adalah satu-satunya sumber gizi bagi janin yang dikandungnya. Kualitas gizi yang dikonsumsi ibu sejak awal kehamilan akan sangat mempengaruhi perkembangan janin dan kesehatannya. Karena itu dalam makanan ibu hamil harus ada protein, asam folat, serat pangan, serta asam lemak esensial,” ujar Dr. Prima.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Dr. Prima menyarankan agar ibu hamil rajin minum susu daripada mengonsumsi suplemen lain. “Mengapa harus konsumsi susu ibu hamil? Itu karena susu mengandung nutrisi lengkap terutama kandungan protein dan kalsium. Komponen nutrisi yang ibu perlukan sudah berada dalam ikatan yang mudah diserap oleh tubuh dibandingkan jika ibu mengonsumsi obat-obatan atau suplemen lainnya,” saran dokter spesialis kebidanan dan kandungan ini,

nah itulah beberapa tips Sehat dan Bugar diawal kehamilan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top