Diet

Prinsip Dasar Diet dengan “Food Combining”

Prinsip Dasar Diet dengan “Food Combining”

Pencernaan manusia memang memiliki sistem yang sudah ditentukan oleh organ pencernaan. Pertama sistem ini berjalan dengan baik. Kemudian sistem pencernaan mengalami masalah karena pola hidup dan jenis makanan yang masuk ke sistem pencernaan. Batasan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terkadang berlebihan atau kekurangan jumlahnya. Dan efeknya bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup drastis. Lantas jika Anda ingin mencoba untuk melakukan diet maka kemungkinan diet juga harus bisa memberikan efek positif untuk pencernaan. Tapi jika Anda melakukan diet tanpa pertimbangan maka tubuh juga bisa mengalami efek yang tidak baik untuk kesehatan.

Sponsor: cream perawatan wajah

Salah satu pilihan yang sudah banyak diteliti adalah diet dengan perpaduan “food combining”. Sesuai dengan namanya ini adalah model diet dengan keseimbangan nutrisi yang harus dipenuhi. Dibawah ini adalah beberapa prinsip dasar diet dengan food combining.

1. Dilarang makan karbohidrat dengan buah asam (makanan dengan rasa asam)

Pertama Anda tidak boleh mengkonsumsi semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat bersama dengan makanan atau buah dengan rasa asam. Mengapa? Karena pada dasarnya enzim ptialin yang terdapat dalam karbohidrat sebaiknya bertemu dengan makanan yang bersifat basa. Jika bertemu dengan makanan asam maka itu akan menghampat pencernaan karbohidrat dalam usus. Akibatnya karbohidrat tidak bisa dicerna dengan baik dan justru menjadi bahan fermentasi. Tentu saja ini menghambat pembakaran dalam tubuh Anda.

2. Dilarang makan karbohidrat dan protein bersamaan

Aturan yang kedua adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein secara bersamaan. Mengapa harus seperti ini? karena pada dasarnya sistem pencernaan tidak bisa menerima kedua zat ini bersamaan. Jika bertemu dalam usus maka mereka juga akan membuat pencernaan lambung tidak berjalan. Kedua makanan ini sama-sama padat sehingga bisa merusak efek dari saliva dalam lambung. Bahkan bisa menyebabkan kedua makanan ini membusuk dalam saluran pencernaan.

3. Dilarang makan dua sumber protein yang sama

Ada dua jenis protein yang bisa kita makan yaitu protein nabati dan hewani. Ketika Anda ingin memilih kombinasi protein maka jangan pernah mengkonsumsi protein nabati dan hewani secara bersamaan. Jika Anda melakukan hal ini makabisa menyebabkan kerja enzim dalam sistem pencernaan tidak bekerja. Akibatnya protein ini tidak bisa menjadi sumber tenaga dalam tubuh Anda. Misalnya jika Anda ingin minum susu, maka cukup minum susu itu sendiri. Kemudian setelah 30 menit Anda baru bisa makan kacang almond atau jenis kacang-kacangan lain yang menjadi sumber protein nabati.

4. Dilarang makan lemak dan protein bersamaan

Selama ini kita selalu salah karena selalu makan protein dan lemak secara bersamaan. Lemak yang masuk ke dalam sistem pencernaan bisa menghambat kelenjar lambung yang bekerja untuk menurunkan enzim pepsin. Kemudian jika kedua makanan ini bertemu maka lemak tidak bisa dicerna dengan baik, meskipun sebagian protein masih bisa diserap oleh tubuh.

5. Dilarang makan protein dengan buah yang asam

Selama ini orang selalu mengkombinasikan makanan dengan rasa asam dan protein. Anda mungkin terbiasa makan buah setelah mengkonsumsi makanan berat. Dan cara ini ternyata salah karena protein dan asam tidak bisa bertemu dengan baik. Protein yang bertemu dengan asam bisa membusuk dalam saluran pencernaan dan tidak bisa diserap oleh tubuh. Asam bekerja untuk melakukan fermentasi karena itu buah asam harus dimakan sendiri.

6. Dilarang makan zat pati dengan gula

Zat pati adalah jenis karbohidrat yang sering ditemukan pada sayuran dan buah. Dan Anda tidak boleh mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung pati bersama dengan gula. Gula ini termasuk jenis gula alami dan gula buatan. Hal ini disebabkan karena ketika ada gula masuk ke tubuh maka justru Anda bisa merasa lebih cepat lapar. Monosakarida dan disakarida dalam pati tidak bisa diserap dalam tubuh dan justru sering membusuk karena bertemu dengan sifat asam.

7. Biasakan makan satu zat pati secara bersamaan

Mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung pati mungkin bisa menyenangkan dan meningkatkan selera. Tapi ternyata ini berlawanan dengan aturan food combining. Sebaiknya Anda makan satu sumber pati batu kemudian disusul oleh sumber pati lainnya. Jika Anda melihat menu makan orang Korea, maka mereka sudah melakukan ini. Membiasakan untuk memasak beberapa sayuran tanpa dicampur dan dihidangkan dalam tempat terpisah.

8. Jangan makan buah dengan karbohidrat

Semua jenis buah sebaiknya juga dimakan secara terpisah. Anda bisa mencoba untuk makan buah terlebih dahulu baru setelah istirahat Anda makan karbohidrat. Semua jenis buah umumnya mengandung zat asam sendiri sehingga jika bertemu dengan karbohidrat maka bisa menghambat proses pencernaan. Ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebihan.

9. Buah melon harus dimakan sendiri

Semua jenis melon sebaiknya memang harus dimakan sendiri, termasuk blewah dan jenis labu. Semua keluarga melon bisa dicerna dengan cepat dalam saluran pencernaan. Jika Anda mencampur melon dengan makanan lain maka sistem pencernaan bisa berjalan lambat. Dan ini juga bisa menyebabkan penumpukan makanan dalam saluran pencernaan.

10. Tidak boleh kombinasi susu dengan makanan lain

Susu atau semua jenis minuman yang mengandung susu tidak boleh dimakan bersama dengan makanan lain. Susu bekerja dengan dilambung untuk menghambat terbentuknya asam lambung berlebihan. Jika susu masuk ke sistem pencernaan dan bersama makanan lain maka produksi asam juga akan berlawanan. Jadi sebaiknya mulailah minum susu sendiri di waktu yang kosong, bukan saat makan bersama makanan lain.
Aturan food combining memang terlihat rumit bukan? Namun jika Anda terbiasa mengikuti ini maka semua pencernaan Anda akan berjalan dengan baik. Dan juga bisa mendukung diet untuk menurunkan berat badan dengan sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top