Perlombaan Unik dan Seru Untuk Memperingati Kemerdekaan RI

blog-ruang-guru-merdeka

Tidak terasa 2 hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Itu artinya, kita akan segera menyambut perayaan kemerdekaan RI yang ke-72. Biasanya, ada berbagai macam perlombaan unik dan seru untuk memperingati kemerdekaan RI. Nah.., kalau ternyata kamu ditunjuk jadi ketua panitia penyelenggara, coba yuk intip jenis-jenis lomba unik dan seru disini.

Untuk kategori lomba Agustusan biasanya terbagi menjadi 3 hingga 4kategori yaitu lomba untuk ibu-ibu, untuk bapak-bapak, anak-anak dan lomba untuk balita.

Selain hiasan yang begitu meriah, di setiap lomba 17 Agustusan, selalu seru, penuh dengan kehebohan, keriuhan dan gelak tawa.

Nah, untuk melengkapi ide kamu, berikut ini adalah jenis-jenis lomba yang unik, seru, dan heboh untuk memeriahkan suasana menyambut HUT Kemerdekaan RI. Peringatan kemerdekaan RI, tidak lengkap rasanya jika tidak ada lomba-lomba unik dan seru yang hanya ada di Indonesia.

lampion

Sponsored : produk pemutih wajah

Kamu pernah ikut lomba-lomba semacam ini tidak? Lomba ini bisa menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi kamu lho.

Coba simak jenis-jenis lombanya di bawah ini:

1. Panjat Pinang

Perlombaan Unik dan Seru Untuk Memperingati Kemerdekaan RI

Image: news.kutaikartanegarakab.go.id

Jenis lomba ini sepertinya selalu menjadi lomba yang wajib ada dan paling meriah di setiap rangkaian kegiatan untuk memperingati kemerdekaan RI.

Sepertinya semua sepakat bahwa panjat pinang merupakan lomba paling sulit! Ya wajarlah, karena setiap pinang (pohon jambe) yang dipakai lomba telah dilumuri dengan oli atau minyak goreng. Selain itu tingkat ketinggian pohon juga mempengaruhi sulitnya meraih hadiah yang ada di pohon pinang.

Setiap regu yang berhasil meraih hadiah perlombaan sampai di atas pohon adalah pemenangnya.

Yang paling heboh dan lucu adalah ketika yang sudah mencapai atas, tetapi karena licin akhirnya mereka melorot ke bawah, hingga mengenai

2. Balap Karung

Image: bimbeltikita.com

Image: bimbeltikita.com

Selain lomba panjat pinang, lomba paling seru lainnya yang sering digunakan untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus adalah balap karung.

Lomba yang satu ini, bisa dilakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Mereka biasanya masuk ke dalam karung, lalu melompat-lompat seperti kelinci. Siapa yang cepat sampai finish, maka dia yang menang.

Balap karung adalah jenis perlombaan paling klasik diantara jenis-jenis lomba peringatan kemerdekaan lainnya

Perbedaan antara balap karung yang sekarang dengan jaman dulu adalah kalau dulu lomba balap karung menggunakan karung goni, sedangkan pada saat ini kebanyakan panitia menggunakan karung plastik.

3. Makan Kerupuk

Image: iyenblog.com

Image: iyenblog.com

Jenis perlombaan klasik yang tidak kalah heboh di setiap 17 Agustus adalah lomba makan kerupuk.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sepertinya tidak menolak kalau disuruh ikut lomba ini. Tidak hanya seru, tetapi juga penuh dengan gelak tawa bagi setiap yang menyaksikan.

Bagaimana tidak, peserta berusaha mengejar kerupuk yang ringan itu, agar bisa dihabiskan dengan lebih cepat daripada peserta yang lain. Belum lagi kalau angin kencang, kerupuk itu pun bisa bergoyang lebih kencang karena tiupan angin, dan itu juga salah satu factor tersulit untuk bisa menangkap.

4. Tarik Tambang

Image: inspirasi.co

Image: inspirasi.co

Nah.., kalau jenis lomba yang satu ini paling banyak membuat orang tertawa. Bagaimana tidak, ketika ada regu yang jatuh berurutan ketika tambang ditarik dengan lebih kencang oleh lawan.

Paling lucu jika pesertanya adalah orang dewasa yang badannya besar-besar, lalu berjatuhan saling tindih.

Ini adalah jenis lomba adu fisik dengan cara saling menarik tambang. Regu mana yang perkasa, maka dialah yang menang.

5. Bakiak

bakiak

Image: memecomic.id

Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis perlombaan yang satu ini? Lomba bakiak adalah jenis lomba beregu. Setiap bakiak rata-rata berisi 3 orang, yang adu cepat untuk sampai finish dengan regu lainnya.

Keseruannya adalah ketika adu cepat dan langkah kakinya tidak serempak atau kompak, maka mereka akan terjatuh bersamaan.

Perlombaan bakian menjadikan para pengrajin bakiak ketiban rejeki nomplok. Karena akan ada banyak orang yang membeli atau memesan bakiak untuk perlombaan.

6. Balap Sarung

balap-sarung

Image: yukepo.com

Lomba balap sarung pun tak kalah kerennya dengan balap karung. Perbedaannya adalah, balap karung merupakan lomba perserorangan, sedangkan lomba balap sarung adalah lomba kelompok.

Balap sarung biasanya berisi lebih dari 1 orang, yang saling balap cepat sampai ke garis finish, dan siapa yang lebih dulu itulah pemenangnya.

Anak-anak lebih sering mengikuti lomba balap sarung ini.

7. Balap Egrang

 egrang

Image: m.timesindonesia.co.id

Lomba balap egrang adalah lomba perseorangan yang membutuhkan konsentrasi tinggi agar keseimbangan badan tetap terjaga. Jika keseimbangan badan tidak terjaga dengan baik, maka akan mudah jatuh.

Sepertinya mudah, tetapi tidak seperti yang dilihat. Karena bagi orang yang tidak memiliki keseimbangan badan yang baik, maka dia tidak dapat menggunakan egrang.

Egrang dibuat dari bambu, yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat dipakai untuk bertumpu dan berjalan.

8. Memasukkan pensil ke lubang botol

memasukkan-pensil

Image: Batumedia.com

Jenis lomba ini pun jenis permainan yang juga memerlukan konsentrasi tinggi. Karena, jika tidak konsentrasi maka akan sulit sekali berhasil memasukkan pensil ke dalam lubang botol.

Siapa yang berhasil memasukkan ke dalam lubang botol lebih dulu maka dialah yang menjadi pemenang.

Peraturan dalam lomba ini, adalah pensil diikat dengan tali yang kemudian diikatkan di pinggang peserta memanjang ke belakang. Ketika peserta akan memasukkan pensil ke dalam botol posisinya jongkok, dan harus konsentrasi penuh agar bisa sukses memasukkan pensil ke botol.

Jika permainan ini pesertanya anak-anak, maka akan seru sekali karena ketidaksabaran anak-anak agar bisa secepatnya memasukkan pensil ke dalam botol. Lucunya, jika orang dewasa yang ikut lomba adalah mereka akan kesusahan mengambil posisi jongkok, apalagi yang badannya gendhut.

9. Lomba estafet kelereng

estafet-kelereng

Image: jongdaexo.blogspot.co.id

Anak-anak akan senang sekali jika disuruh ikutan lomba yang satu ini. Kelereng diletakkan di dalam sendok, dan dibawa oleh peserta dengan cara menggigit gagang sendoknya. Permainan ini biasanya dilaksanakan secara estafet.

Aturan main lomba ini adalah siapa yang sampai di garis finish lebih cepat dengan kelereng masih ada di dalam sendok dan tidak jatuh, maka dialah pemenangnya.

10. Lomba sepeda hias

 sepeda-hias

Image: youtube.com

Namanya juga anak-anak, siapa sih yang tidak suka dengan sepeda? Sepeda adalah satu sarana bermain yang paling digemari oleh anak dari jaman dulu hingga sekarang. Meski sepeda sudah bukan barang mewah, tetapi ketika peringatan kemerdekaan RI tiba, maka lomba sepeda hias selalu banyak peminatnya.

Anak-anak akan berlomba-lomba menghias sepedanya, supaya menjadi cantik dan menang lomba sepeda hias. Permainan yang simple dan mudah untuk dilaksanakan.

Nah.., itu tadi beberapa jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan RI. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang membutuhkan ide untuk membuat lomba 17 Agustusan. Atau, bisa jadi obat kangen kamu pada masa-masa ketika kamu sering ikut lomba 17 Agustusan. Merdeka!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top