Perawatan Tubuh

Perawatan Tubuh Alami Ala Putri Bali

Kesehatan dan kecantikan adalah dua paket lengkap yang diinginkan setiap wanita. Tersedia berbagai macam perawatan tubuh dari wajah hingga ujung kaki, baik perawatan secara tradisional maupun modern. Bagi kalian yang ingin memanjakan diri dengan perawatan alami, perawatan tradisional ala putri Bali adalah salah satunya.

Sponsor : cream pemutih wajah

Bahan alami sangat baik digunakan untuk tubuh. Perempuan Bali memiliki rahasia dalam hal perawatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa metode perawatan tubuh ala wanita Bali.

1. Mengobati Jerawat dan Flek Hitam dengan Bahan Alam
Wajah adalah bagian tubuh yang rentan memiliki masalah, salah satunya adalah jerawat dan flek hitam. Setiap orang yang memiliki masalah tersebut akan melakukan berbagai cara untuk mengobati dan menghilangkannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi kedua permasalahan tersebut adalah perawatan intens pada wajah. Perawatan tradisional wanita Bali menggunakan bahan alami berkhasiat tinggi. Wanita Bali menggunakan getah kulit lidah buaya (aloevera) yang mengandung vitamin, mineral, protein, enzim, asam amino, sebagai masker untuk mengatasi jerawat pada wajah.
Caranya yaitu dengan mengupas batang lidah buaya, kemudian cacah hingga halus dan peras. Setelah itu, gunakan getah perasan tersebut sebagai masker wajah. Metode yang digunakan untuk menghilangkan flek hitam yaitu daun katuk atau daun turi. Caranya adalah dengan memilih daun yang masih muda. Kemudian pilin kulit wajah yang terkena flek hitam. Lakukan langkah tersebut secara rutin.

2. Masker Wajah untuk Mengencangkan Kulit
Kulit yang kencang merupakan hal yang penting dan menjadi impian setiap wanita. Kulit kencang menandakan bahwa kondisi kulit baik dan terjaga kebersihannya. Untuk memiliki kulit kencang, perempuan Bali memiliki cara tersendiri. Mereka menggunakan masker wajah dari daun nangka. Masker daun nangka ini dapat mengatasi masalah berupa kulit kusam, kering, dan tidak kencang. Langkah untuk membuat masker wajah dari daun nangka ini adalah dengan memilih daun nangka yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Setelah itu, tumbuk daun nangka tersebut dan oleskan pada wajah secara rutin, karena daun nangka mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kusam, mampu melembabkan kulit, dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit.

3. Lulur
Setelah perawatan wajah, selanjutnya adalah melakukan perawatan tubuh. Perawatan tubuh juga dapat dilakukan secara tradisional. Lulur menjadi pilihan para wanita Bali untuk merawat tubuh. Lulur memiliki khasiat membersihkan kotoran yang melekat pada tubuh mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori kulit agar dapat terjadi sirkulasi udara yang teratur. Cara pembuatan lulur yaitu dengan merendam beras selama lima jam. Tiriskan dan tumbuk beras tersebut bersama kelapa parut yang telah disangrai. Langkah selanjutnya, tambahkan kunyit dan jeruk nipis. Cara pemakaiannya yaitu balurkan lulur tersebut pada bagian lengan, bagian kaki, dan punggung. Biarkan lulur tersebut hingga mengering, bilas hingga bersih. Sebagai perhatian, pastikan tidak ada luka yang belum sembuh pada tubuh. Jika ada, oleskan lulur pada bagian yang bebas dari luka.

4. Mandi Bunga
Cara alami berikutnya adalah meditasi dan berendam dalam aroma terapi. Langkah ini tidak terlepas dari perawatan tubuh yang dilakukan perembuan Bali. Aroma terapi yang dimaksud adalah aroma terapi yang bersifat alami dan diperoleh dari beberapa jenis bunga, meliputi bunga mawar, kenanga, dan kanthil. Di daerah Bali, meditasi dengan berendam di dalam air bungatidak hanya berkhasiat membersihkan tubuh, namun dapat sebagai relaksasi. Adapun langkah dalam membuat aroma terapi bunga tersebut, yaitu masukkan bunga-bunga tersebut ke dalam air dingin. Biarkan beberapa saat hingga wangi dan zat-zat di dalam bunga tersebut meresap seluruhnya. Gunakan air tersebut untuk berendam.

5. Minyak Rambut
Terdapat resep khusus untuk menjadikan rambut tampak berkilau, yang disebut lengis miyik. Lengis miyik terbuat dari bahan dasar minyak kelapa dan terdapat tambahan irisan daun mangkokan, daun pandan wangi, bunga kenanga, tanjung, dan pudak. Bunga dan daun tersebut dimasukkan ke dalam minyak kelapa yang masih panas. Minyak rambut alami tersebut dapat digunakan setelah minyak dingin tanpa disaring.

6. Berkumur dengan Daun Sirih
Daun sirih berkhasiat sebagai antiseptik dan membuat gigi sehat serta kuat. Cara yang biasa dilakukan orang pada zaman dahulu adalah mengunyah sirih. Selain mengunyah sirih, berkumur dengan daun sirih adalah cara yang baik untuk dilakukan. Langkahnya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih sampai mendidih. Diamkan daun sirih tersebut hingga dingin, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan perawatan gigi dan mulut secara alami dengan cara berkumur menggunakan daun sirih secara rutin.

7. Ramuan Oles
Ramuan oles adalah bagian dari perawatan tubuh yang dilakukan perempuan Bali. Ramuan oles ini dibuat dari daun tanjung yang harum dan berfungsi untuk mengencangkan kulit bagian dada agar tidak mudah kendur. Pohon tanjung berasal dari India, Sri Lanka, dan Myanmar. Cara membuat ramuan oles adalah dengan mengeringkan daunnya, kemudian direbus dengan minyak kelapa hingga mendidih. Setelah dingin, oleskan pada bagian dada. Lakukan hal tersebut secara rutin pada malam hari menjelang tidur.

Demikian paket perawatan tubuh lengkap ala perempuan Bali. Beragam perawatan untuk tubuh di atas telah dibuktikan oleh banyak wanita yang tinggal di daerah Bali serta wanita Indonesia pada umumnya. Anda ingin seperti putri Bali? Jangan lupa terapkan perawatan di atas.

1
20%
like
3
60%
love
1
20%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top