Info Dokter

Penyebab Terpengaruhinya Fungsi Otak Salah Satunya Sibuk Bekerja

workhaholic

Penyebab Terpengaruhinya Fungsi Otak Salah Satunya Sibuk BekerjaPenyebab Terpengaruhinya Fungsi Otak Salah Satunya Adalah Sibuk Bekerja– Menjalani segala macam padatnya rutinitas kerja seringkali dikeluhkan oleh seseorang sebagai salah satu kesibukan yang kadangkala menjemukan, membosankan, hingga melelahkan. Akan tetapi, menurut sebagian para ilmuwan, ternyata kesibukan dari kita tersebut memilki manfaat di dalam fungsi-fungsi otak kita yang lebih baik. Dan bekerja ataupun rutinitas kesibukan yang kita jalani ini merupakan salah satu penyebab terpengaruhinya fungsi otak kita.

Dallas Lifespan Brain Studi telah menemukan bahwa dalam sebuah kesibukan pada gaya hidup yang sehat, memiliki hubungan yang sangat erat kaitannya dengan fungsi-fungsi kognitif yang akan lebih baik, terutama di saat kerja tersebut memang membutuhkan memori, kosakata dan juga penalaran.

Meskipun dengan begitu para ilmuwan ini tak mengatakan secara penuh dan gamblang apabila peningkatan fungsi dari otak ini disebabkan oleh kesibukan, ataupun sebaliknya.

Sebanyak dari tiga ratus tiga puluh (330) relawan dengan rentang usia di antara 50 sampai dengan 89 tahun telah diminta untuk mengisi sebuah questioner penelitian yang telah diterbitkan di dalam jurnal Frontier di Aging Neuroscience. Dalam penelitian para relawan ini juga diteliti dalam tahapan melalui serangkaian tes jenis neuropsikologi guna mengukur kinerja dari kognitif mereka.

Direktur Brain Study di Dallas Lifespan, Denise Park, telah mengatakan bahwa dirinya menjadi sangat terkejut dengan sebuah penemuan kecil tersebut yang menyatakan bahwasanya menjadi sibuk akan nampak sebagai sebuah fakta di kehidupan moderen sekarang seperti saat ini.

Pada penelitian yang tak berdasarkan dalam tingkatan usia maupun pendidikan individu tersebut Park juga mengatakan bahwa ada hubungannya yang telah ditemukan di antara gaya hidup sibuk dengan seberapa kecepatan untuk melakukan pemrosesan kinerja dari otak, penalaran, memori dan juga kosakata.

Secara khususnya, ada sebuah hubungan yang sangat kuat di antara kesibukan kita dan juga memori seperti pada kemampuan dalam mengingat peristiwa-peristiwa tertentu yang ada di masa lalu.

“Kami pun telah menunjukkan bahwasanya orang yang telah melaporkan pada tingkat kesibukan sehari-harinya akan lebih besar dan cenderung telah memiliki suatu kognisi yang lebih baik, dibandingkan dengan khususnya mereka yang berkaitan dengan sejumlah memori yang dilakukan untuk informasi yang baru untuk dipelajari, “ kata sara festini seorang penulis utama studi ini yang dilansir dari media independent.

Namun demikian hasil dari itu (penelitian) telah menimbulkan pertanyaan lebih lanjutnya kesibukan seperti apakah yang mampu untuk meningkatkan fungsi-fungsi kognitif seorang manusia tersebut ?

Para peneliti lalu berhipotesa bahwa orang-orang yang memiliki kesibukan dikarenakan gaya hidup mereka, biasanya memiliki lebih banyak suatu kesempatan dalam belajar lebih luas serta di dalam beragam situasi yang menemukan diri mereka dan juga mampu untuk menghasilkan sebuah rangsangan dalam kognisi mereka.

Itulah beberapa penyebab terpengaruhinya fungsi otak yang slaha satunya adalah dengan melakukan kegiatan sibuk bekerja. Namun di sisi lain terlalu sibuk pun dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti stres akut dan lain sebagainya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top