Life Style

Mengapa Liburan Itu Penting? Ini 10 Alasannya.

Mengapa liburan penting

Mengapa liburan penting? Liburan, identik dengan keluar biaya yang banyak dan repot menyiapkan berbagai macam pernak-pernik barang bawaan. Belum lagi kalau pergi berliburnya bersama dengan anak-anak dan keluarga besar. Tetapi, banyak yang bilang bahwa liburan itu penting.

Tentu saja penting, karena bekerja sepanjang hari dan banyak menghabiskan waktu adalah rutinitas wajib bagi kebanyakan orang di Indonesia. Disadari atau tidak, sebagian besar dari kita lebih banyak menghabiskan waktu sehari-hari untuk melakukan kegiatan yang bersifat repetition (berulang-ulang) dan sama, sehingga terkesan monoton.

Seringkali, kita lalu cenderung mengabaikan hal-hal kecil yang lebih penting dan bisa jadi lebih menyenangkan dan bisa memberikan suasana berbeda dari biasanya. Itu sebabnya, kita membutuhkan yang disebut liburan.

Meskipun harus mengeluarkan uang dan tentu saja kita harus mengeluarkan energy, apalagi jika lokasi liburannya jauh, tentu energi yang kita butuhkan juga lebih banyak. Meskipun begitu, tetap saja liburan sangat dibutuhkan.

Kalau begitu yuk.., kita simak alasan mengapa liburan itu penting?

  • Mengurangi stress

Bekerja dan menjalani rutinitas sehari-hari yang terkadang tiada henti dari ketika kita membuka mata, sampai dengan jam tidur, bukan tidak mungkin akan memberikan beban bagi fisik dan pikiran kita.

Tak sedikit di antara kita yang kemudian merasa penat, dan stress.

Dengan liburan, rutinitas sejenak kita tinggalkan, focus pikiran pada pekerjaan kita lepaskan, sehingga kita bisa rileks sejenak.

  • Menjaga keseimbangan hidup

Hidup yang baik adalah hidup yang seimbang. Ada waktu kita harus bekerja, tapi ada juga waktu untuk beristirahat. Ada waktunya kita harus terjebak dalam rutinitas, tapi ada juga waktu untuk kita rileks sejenak keluar dari rutinitas itu.

Itu sebabnya, liburan dibutuhkan untuk memberikan keseimbangan bagi jiwa dan raga kita agar lepas sejenak dari rutinitas.

Mengapa liburan penting

Sponsor: cream perawatan wajah

  • Menjaga kebugaran tubuh

Menjalani aktivitas sehari-hari, tidak hanya membuat penak pikiran, tetapi juga fisik atau badan. Berlibur sejenak akan membantu memulihkan kembali kebugaran tubuh. Apalagi jika tempat berlibur yang dipilih adalah nuansa alam seperti camping, atau bermain di pantai. Setelah itu tubuh pun akan kembali fresh dan bugar.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Liburan adalah saatnya untuk berpetualang ke tempat-tempat yang Dengan berlibur ke tempat yang baru akan memberikan satu bukti bahwa kamu bisa mewujudkannya.

Selain memerlukan waktu tersendiri, tentu saja untuk berlibur kamu juga menabung. Ketika kamu bisa sampai di tempat yang kamu impikan, maka liburanmu pun akan lebih mengasyikkan, dan kamu tentu akan merasa bangga pada pencapaianmu itu.

Mentalmu pun juga semakin percaya diri dan siap menghadapi berbagai macam tantangan ataupun tugas di dalam pekerjaanmu.

  • Menambah wawasan baru

Mengunjungi tempat-tempat yang baru, suasana yang baru dan bertemu banyak orang selain yang kamu temui sehari-hari, akan memberimu perasaan yang berbeda. Perasaan gembira, karena kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang baru pula.

  • Memberi tenaga dan semangat baru

Lupakan sejenak rutinitas dan aktivitas sehari-hari, lalu nikmati liburanmu. Bebaskanlah dirimu menikmati liburan yang menyenangkan, lupakan semua urusan pekerjaan, dan biarkan tubuhmu rileks.

Dengan begitu, ketika kembali menjalani aktivitas, maka kamu pun akan kembali bersemangat dan berenergi.

  • Menambah kebahagiaan

Bagaimana sih rasanya jika kita tidak berlibur? Tentu akan membosankan, dan jika rasa bosan itu menumpuk, maka seringkali orang mengalami depresi. Itu sebabnya, liburan dibutuhkan untuk mengurangi dan mencegah depresi. Dengan berlibur kita bisa merasakan dan mendapatkan penyegaran suasana yang berbeda, sehingga lebih bahagia.

  • Membuat awet muda

Mengapa liburan penting

Dari hasil penelitian The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat, liburan dapat membuat Anda awet muda.

Karena dengan berlibur, maka stress berkurang, dan rasa gembira meningkat. Maka, orang yang kadar rasa gembiranya lebih tinggi dibanding stress, akan dapat membantu penundaan penuaan dini, dan mengurangi keriput di wajah.

  • Memberikan kualitas istirahat yang baik

Kapankah terakhir kamu tidur dengan nyenyak? Kesibukan yang kamu jalani sehari-hari, pasti akan memberikan efek untuk kualitas tidur dan istirahatmu. Orang yang terlalu sibuk dan merasakan tekanan pekerjaan, biasanya mengalami tidur yang tidak nyenyak. Bahkan kadangkala ada orang yang sampai mengalami nightmare (mimpi buruk).

Dengan berlibur akan memberi banyak waktu untuk beristirahat. Berlibur adalah cara membebaskan diri sejenak dari segala tekanan pekerjaan.

Berliburlah ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian seperti pegunungan, pantai atau pedesaan supaya kamu bisa mendapatkan suasana tenang dan nyaman. Tempat-tempat seperti ini akan memberimu suasana yang menyenangkan, sehingga istirahatmu akan lebih berkualitas.

  • Mempererat hubungan

Mengapa liburan penting

Berlibur adalah saatnya keluar dari rutinitas dan bekerja. Selama sepekan bekerja, tentu akan mengurangi waktu bersama dengan orang-orang terdekat. Untuk yang sudah berkeluarga, tentu saja waktu bersama dengan suami, istri, anak akan berkurang. Belum lagi jika ada lembur, atau agenda dinas luar kota. Waktu sepekan pun tidak ada untuk mereka.

Itu sebabnya, berlibur adalah saatnya untuk mempererat kembali hubungan dengan orang-orang terkasih. Dengan berlibur, maka hubungan yang manis tetap terjaga, dan kehidupan pun akan lebih seimbang.

Hal-hal di atas adalah alasan mengenai pentingnya untuk liburan. Terkadang kita mengabaikan pergi berlibur karena tidak punya uang, atau justru sedang sibuk.

Ternyata, setelah melihat beberapa macam alasan mengenai pentingnya berlibur, maka sekarang kita harus mengatur waktu agar ada waktu untuk berlibur. Mulai dari sekarang, atur dan buat jadwal berlibur bersama dengan orang-orang terdekatmu.

Selamat berlibur !

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top