Mari Kenali Ciri Penyakit Asma

mari kenali ciri penyakit asma

 

Penyakit pernapasan memang seperti momok menyeramkan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, kita hidup dengan bernapas sehingga terganggunya sistem pernapasan menjadi suatu hal yang ditakuti oleh banyak orang. Salah satu penyakit pernapasan yang sering diderita oleh masyarakat kita yaitu penyakit asma.

Penyakit pernapasan Asma ini dapat diderita siapa saja tanpa mengenal latar belakang. Penyakit Asma yakni berupa suatu keadaan saat terjadi penyempitan pada saluran pernapasan yang disebabkan hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, lalu akan menyebabkan peradangan. Rangsangan tersebut penyebabnya dapat berupa alergi bulu, debu, serbuk sari pada bunga-bunga, asap hingga udara yang dingin. Namun, tidak hanya disebabkan oleh alergi saja, tapi bisa juga dialami oleh seseorang yang melakukan olahraga, stress hingga rasa cemas.

Sponsor : perawatan wajah terbaik

Pada saat serangan asma dialami/terjadi, otot polos dari bronki akan terjadi kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara akan mengalami pembengkakan karena adanya peradangan atau inflamasi dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan dapat mempersempit diameter dari saluran udara yang biasa disebut bronkokonstriksi dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha keras dengan sekuat tenaga supaya dapat mengambil udara dan menghirupnya.

mari kenali ciri penyakit asma

Gejala penyakit Asma antara lain :

– Jika Anda bernapas akan terdengar bunyi

– Napas pendek, biasanya hanya terjadi ketika berolahraga atau melakukan pekerjaan berat

– Merasakan sesak pada bagian dada

– Batuk-batuk yang dialami khususnya hanya pada malam hari atau cuaca sedang dingin

– Serangan asma yang hebat dapat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernapasan

– Badan akan terlihat letih, lesu dan kurang bersemangat.

– Kesulitan tidur dengan nyenyak

– mudah mengalami/menderita alergi pada keadaan tertentu

– Gampang merasa lelah jika melakukan aktivitas fisik yang cukup berat

Apabila serangan asma Anda alami, untuk penderita asma kronis akan diberikan obat semprot yang mengandung epinefrine  atau isoproterenol yang dapat dihirup dengan segera saat terjadi serangan penyakit asma. Namun untuk tingkat yang lebih parah lagi, obat semprot mengandung epinefrin tidak lagi disemprotkan, namun diinjeksikan yakni disuntik ke dalam tubuh si penderita.

mari kenali ciri penyakit asma

Untuk pertolongan pertama, sementara atau dalam keadaaan yang sangat genting, solusinya yaitu penderita asma dapat diberikan minuman hangat maupun menghirup uap dari air panas, selain itu  bisa juga dengan cara memberikan hembusan angin segar dari kipas angin yang bersih dari debu tentunya agar membantu proses pernapasan. Penyakit pernapasan asma ini mungkin tidak dapat dihilangkan dari sistem pernapasan manusia, akan tetapi penyakit pernapasan ini masih dapat dikontrol agar gejala dan serangannya tidak mengganggu aktivitas Anda.

Jika Anda merasa megalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan agar dapat ditangani oleh dokter sedini mungkin. Lakukan langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan jika serangan asma datang. Langkah yang benar bisa meringankan ketika anda menghirup udara.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top