Manfaat Serai untuk Perawatan Tradisional

Perawatan Tradisional

Apakah Anda pernah menggunakan serai? Ya, tanaman yang berbentuk seperti rumput ini memiliki tunas dengan aroma yang sangat segar. Bahkan karena menyebabkan aroma yang segar,serai sering digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Tidak hanya untuk memasak sayuran tapi juga nasi. Aroma harum ini akan membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga semua masakan di Indonesia khas dengan bumbu serai. Dan sekarang serai dikembangkan menjadi bahan teh herbal yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Serai yang segar bisa dibuat menjadi teh hanya dengan dicampur dengan air hangat atau air panas. Berikut ini beberapa manfaat serai untuk perawatan tradisional yang bisa digunakan untuk anak-anak hingga orang tua. Simak hingga selesai informasi dibawah ini.

Sponsor: produk pemutih wajah

1.Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi orang tua yang mengeluh dengan penyakit tekanan darah tinggi, maka bisa menggunakan teh serai untuk menurunkan tekanan darah. Serai mengandung tingkat kalium yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan produksi urin. Ini sangat baik untuk menjaga kerja ginjal agar selalu sehat. Kemudian karena tubuh mengeluarkan banyak urin maka juga merangsang pembuluh darah bekerja dengan baik. Efeknya tekanan darah akan turun dengan cepat. Dan teh serai sangat baik untuk membersihkan semua racun dalam organ hati sehingga bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

2.Mengatasi mual dan gangguan pencernaan

Teh serai sangat baik untuk mengatasi mual dan beberapa gangguan pencernaan termasuk kembung, gas menumpuk dalam perut serta keluhan nyeri haid. Kandungan senyawa sitral dalam serai akan bekerja untuk membuat usus bekerja dengan baik. Kemudian juga bisa membuat gas dalam usus keluar dari dalam tubuh. Anak-anak yang menderita kembung bisa kembali sehat dengan minum teh serai yang hangat. Ini juga sangat sehat untuk menghilangkan sembelit dan nyeri perut berlebihan.

3.Bisa menurunkan berat badan dan menjaga metabolisme tubuh

Teh yang terbuat dari serai dan air hangat sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan dengan adanya senyawa khusus dan kalori yang sangat rendah dalam serai sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih sempurna. Dalam sebuah penelitian yang diumumnya dalam jurnal kesehatan dan nutrisi di Amerika Serikat pada tahun 2013, terbukti jika serai mengandung polifenol yang akan bekerja untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Dan ini juga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dalam tubuh.

4.Mengatasi flu dan sakit kepala

Saat musim penghujan maka anak-anak dan orang dewasa biasanya sangat mudah terkena flu. Dan minum teh serai saat hujan atau setelah terkena air hujan bisa mengurangi resiko flu. Bahkan ketika Anda sudah terkena flu berat dan sakit kepala. Kandunganvitamin C dalam teh serai akan bekerja untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ini juga baik untuk mengatasi hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Teh serai ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga agar tubuh menjadi lebih nyaman. Dan teh serai ini juga bisa diminum sebagai minuman suplemen alami. Bahkan ketika Anda tidak memiliki keluhan apapun karena efeknya menyegarkan tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top