Manfaat Fitness Untuk Tubuh Wanita

manfaat-fitness-untuk-tubuh-wanita

Wanita tentunya ingin selalu terlihat cantik dan menawan baik dari segi rupa maupun bentuk tubuh. Untuk memperoleh hal tersebut salah satu solusi yang bagus bagi wanita yaitu dengan fitnes. Fitnes adalah salah satu jenis olahraga atau latihan fisik yang tidak hanya dilakukan oleh pria saja, namun olahraga ini juga dapat dilakukan oleh wanita.

Jika Anda saat ini sudah rutin melakukan jogging dan yoga, namun belum mendapat hasil yang maksimal, maka dapat mencoba dengan mengikuti program fitness. Banyak wanita yang merasa kurang yakin serta tidak nyaman saat mengikuti fitnes. Hal ini karena adanya perasaan takut mempunyai badan besar yang berotot seperti pria dan rasa khawatir akan berbahaya bagi sendi wanita.

Sponsor :perawatan wajah terbaik

Dewasa ini, fitness sangat membantu dalam mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar. Selain itu, program fitness juga akan memaksimalkan usaha diet Anda. Fitness mempunyai banyak manfaat bagi para wanita yang ingin menjaga kesehatan kulit, hingga membentuk lekukan tubuh mereka. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 5 manfaat fitness untuk tubuh wanita.

  1. Membakar lemak tubuh

Kebanyakan orang yang takut fitnes karena mereka beranggapan melakukan hal tersebut hanya akan menambah ukuran otot sehingga membuat mereka kelihatan besar. Padahal sebenarnya tujuan fitness tidak hanya itu saja, melainkan dapat membakar lemak tubuh.

Manfaat yang paling terasa saat ataupun setelah fitness adalah kebutuhan tubuh akan oksigen semakin meningkat, bahkan setelah fitness berhari-hari juga demikian. Hal ini biasanya disebut dengan EPOC, Excess Post-Exercise Oxygen Consumption. Saat tubuh menggunakan oksigen yang lebih banyak, maka kalori yang akan dilepas juga lebih banyak untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Fitnes dan latihan beban dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan. Sedangkan berjalan akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berdiri, dan berdiri membakar kalori lebih banyak daripada duduk. Kalori yang digunakan oleh tubuh akan lebih efisien saat massa dan kekuatan otot bertambah. Kalori yang dibakar oleh tubuh menjadi semakin banyak jika kontraksi otot juga banyak sehingga agar kalori tidak tertimbun menjadi lemak, maka maksimalkan pembakaran kalori dengan cara fitnes. Kontraksi otot dapat menambah kekuatan dan mengurangi kalori dalam tubuh.

  1. Membuat tubuh indah

Hal yang paling diinginkan wanita yaitu memiliki tubuh yang ideal dan seksi. Ketika Anda membentuk otot melalui fitnes atau latihan beban, maka lemak pada tubuh akan berkurang sedangkan otot tubuh akan menjadi lebih terbentuk. Hal ini yang akan membuat tampilan Anda menjadi tampak lebih seksi. Melakukan olahraga secara rutin dapat menyeimbangkan kadar lemak serta otot dalam tubuh dan menghasilkan bentuk tubuh Anda yang ideal.

Wanita yang melakukan olahraga fitness dengan cara mengangkat dumbell dan barbell 2 kali dalam seminggu selama 2 bulan, maka akan mendapatkan 2 pounds otot pada tubuh mereka. Namun, hal ini tidak dapat membuat wanita menjadi tampak berotot karena proses pembakaran lemak pada wanita juga bekerja secara bersamaan. Sekitar 3,5 pounds lemak akan terbakar dari tubuh wanita jika mereka rutin dalam melakukan olahraga fitness tersebut.

  1. Menambah energi tubuh

Fitnes dan latihan bebas yang dilakukan pada setiap hari akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. jika Anda tidur lebih cepat, lebih pulas, maka Anda akan dapat bangun lebih awal. Latihan fisik secara rutin perlu dilakukan agar dapat memperbaiki kualitas tidur malam sehingga Anda dapat bangun di pagi hari dalam kondisi yang bugar. Daripada hanya sekedar minum kopi atau teh pada sore hari, akan lebih baik jika Anda mulai latihan beban dengan dumbbell atau barbell. Hal ini dapat menambah energi Anda setiap hari.

  1. Menghilangkan perasaan stress

Fitnes dan latihan beban dikenal dengan salah satu cara untuk mencegah dan mengelola stres. Mereka yang rutin melakukan fitnes lebih mampu dalam mengelola serta terhindar dari stres daripada mereka yang tidak pernah fitness atau latihan beban. Selain itu, secara rutin melakukan fitnes merupakan latihan daya tahan tubuh. Pada orang dewasa, fitnes akan dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori.

  1. Menyehatkan kinerja jantung

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang jarang melakukan latihan beban atau fitness akan cenderung memiliki kadar gula yang tinggi, hipertensi, ukuran pinggang yang besar, dan sangat berisiko terkena penyakit kardiovaskuler. Meskipun detak jantung meningkat saat fitnes, namun tekanan darah akan menurun secara signifikan setelah fitnes atau latihan beban.

Selain itu, fitness dan latihan beban juga dapat memperkuat tulang. Seperti yang Anda ketahui, wanita akan berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis daripada pria. Hal ini karena pada masa tua dan menopause tubuh seorang wanita tidak lagi memproduksi hormone estrogen. Latihan fisik secara rutin seperti fitness dapat meningkatkan massa otot pada tulang belakang sampai 9 persen. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk melakukan fitnes bagi wanita pada usia muda untuk mencegah penuaan dini.

Nah, intinya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan olahraga yang satu ini. Melakukan olahraga juga berdampak positif pada kecantikan kulit. Kulit akan terlihat lebih kencang dan segar. Tak hanya itu, dalam jangka ppabjabg tubuh akan menjadi terlihat lebih ideal.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top