Herbal Alami

Khasiat Ampuh Kencur untuk Mengobati Berbagai Penyakit

kencur

Apakah Anda pernah menggunakan bahan rimpang yang mirip jahe yaitu kencur. Kencur memang mirip seperti jahe namun memiliki aroma yang lebih kuat dan bisa menyejukkan ketika masuk ke tenggorokan. Kencur memiliki nama botani Kaempferia galanga. Penggunaan kencur untuk memasak memang tidak terlalu banyak. Ada sedikit rasa pahit dalam kencur dan ini sering tidak disukai. Awalnya kencur banyak ditanam di Cina dan Taiwan. Dan sekarang kencur mudah ditemukan di negara kita karena cara menanam yang sangat mudah. Kencur mengandung beberapa unsur seperti borneol, pati, mineral, kamphane, asam kanil, paraeumarin, dan alkalid. Dari semua mineral dan senyawa ini maka manfaat kencur untuk mengobati penyakit memang sangat besar. Tidak percaya? Lihat daftarnya dibawah ini:

Sponsor: cream pemutih wajah

1. Mengobati cacingan

Cacingan bisa diobati dengan kencur yang mengandung senyawa metanol. Senyawa ini bisa membantu mematikan semua parasit dalam tubuh, termasuk jenis cacing maupun bakteri. Anak-anak maupun orang dewasa yang dicurigai memiliki gejala cacingan bisa disembuhkan dengan kencur. Caranya hanya dengan membuat kencur menjadi lebih halus. Kemudian air murni dari kencur harus diserap dengan mulut secara langsung. Jika anak-anak tidak suka sebaiknya bisa ditambahkan garam.

2. Mengobati batuk berdahak

Anak-anak dan orang dewasa yang terkena batuk berdahak bisa disembuhkan dengan kencur. Senyawa metanol dan asam kanil dalam kencur sangat baik untuk mengobati batuk. Bahkan ini juga efektif untuk membantu mengatasi batuk akibat flu atau masuk angin. Caranya bisa dilakukan dengan mengambil sari pati dari kencur. Anda bisa menghancurkan kencur hingga sangat lembut. Kemudian peras dan ambil airnya. Biarkan selama beberapa saat hingga terbentuk lapisan pati pada bagian bawah. Lalu ambil sati pati itu dan campur dengan madu. Kemudian minum satu sendok campuran kencur dan madu setiap dua jam sekali.

3. Mengobati maag dan radang lambung

Kencur juga mengandung pati yang bersifat untuk menenangkan perut. Jika Anda mengalami gejala yang tidak menyenangkan seperti radang lambung dan maag maka bisa diobati dengan kencur. Asam dan juga metanol dalam kencur bersifat sebagai obat untuk mengatasi peradangan. Ini juga obat yang sangat aman untuk mengatasi diare dan mulas berlebihan. Anda bisa mencoba untuk membuat teh kencur. Caranya hanya dengan merebus kencur bersama air mineral, biarkan mendidih lalu minum airnya saat masih hangat. Anda bisa mencampurnya dengan madu untuk menambah rasa.

4. Membantu sirkulasi darah menjadi lancar

Orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi dan stroke biasanya memiliki sistem sirkulasi darah yang tidak lancar. Hal ini bisa disebabkan karena kolesterol dan plak arteri yang bisa memicu masalah darah tinggi. Dan kencur sangat baik untuk membantu darah mengalir lebih lancar. Tidak hanya membuat aliran darah menjadi lebih baik tapi juga bisa menghilangkan dan menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat maka Anda bisa mencoba untuk minum teh kencur setiap dua hari sekali.

Salah satu bagian yang harus diwaspadai dari kencur adalah bahwa berlebihan kencur bisa menyebabkan efek untuk ginjal. Jadi Anda harus mencoba untuk menggunakan kencur dengan bijak.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top