Info Dokter

Inilah Kandungan dan Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh – Bersyukurlah sebab setiap benda di muka bumi menyediakan banyak manfaat baik di dalamnya. Baik untuk alam juga berguna bagi manusia. Mulai dari udara, hewan, hingga buah sekalipun. Banyak buah yang rasanya tidak hanya enak, namun juga mengandung khasiat bagi kehidupan kita. Salah satunya yakni buah belimbing.

Sponsored: cream perawatan wajah

Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing adalah salah satu buah yang berasal dari wilayah Negara iklim tropis. Warna kulitnya sedikit kekuningan bila matang. Bentuknya pun menyerupai bintang—jika dipotong. Rasanya yang sengat menyegarkan begitu digemari banyak orang. Tak heran jika sering dijadikan bahan untuk olahan masakan tertentu. Tidak hanya rasanya, buah belimbing juga memiliki kandungan yang baik bagi manusia. Kandungan belimbing yang paling melimpah adalah vitamin C, vitamin A, dan beberapa zat selainnya.

  • Kalori: kalori pada satu buah belimbing senilai 2% kebutuhan harian tubuh—kurang lebih 30 kalori. Dapat digunakan untuk diet dengan asumsi 2000 kalori per harinya.
  • Karbohidrat: per buah terdapat 9.5 gram karbohidrat. Selain karbo juga mengandung 2.5 gram serat di dalamnya. Satu buah belimbing dapat memenuhi 3% karbo dan 10% serat harian.
  • Protein dan Lemak: Satu porsi belimbing mengandung 1 gram protein dan 1 gram lemak. Kabar gembiranya lemak dalam buah ini tidak seluruhnya lemak jenuh.
  • Vitamin dan Mineral: satu belimbing mengandung 24 mg vitamin C atau senilai 40 persen dari nilai kebutuhan harian, dapat memenuhi 15% dari nilai kebutuhan harian, dan kurang lebih 0,36 mg atau senilai 2% dari kebutuhan zat besi harian tubuh. Selain itu semua belimbing juga terdapat kandungan kalium, kalsium serta natrium.

Belimbing sendiri dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan:

  • memberi nutrisi baik untuk rambut. Kandungan anti oksidan yang tinggi baik untuk mengobati kerontokan rambut secara alami. Sehingga menjaga rambut supaya tetap sehat dan kuat.
  • kandungan vitamin B kompleks baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.
  • dapat dijadikan masker wajah untuk kulit berjerawat dan berminyak.
  • kandungan zat seng juga mampu mengurangi jerawat pada kulit.

Selain digunakan sebagai perawatan kecantikan, buah belimbing juga mempunyai khasiat bagi manusia, terutama kesehatan. Inilah khasiat buah belimbing bagi kesehatan tubuh:

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Buah belimbing terdapat kandungan zat pectin. Zat pectin berfungsi mengurangi kolesterol dalam darah. Zat pectin mampu mengikat kolesterol dan mengelurkan asam empedu pada sekresi. Sehingga ini bagus juga bagi penderita atau gejala penyakit diabetes.

  1. Mengatasi Gangguan Ginjal

Jika anda mengalami gangguan ginjal, cobalah konsumsi buah belimbing secara rutin. Karena buah belimbing mempunyai tingkat konsentrasi asam oksalat yang amat tinggi. Para ilmuwan sepakat menganggap asam oksalat sebagai senyawa anti nutrisi, yang bisa mengganggu penyerapan dan metabolism beberapa senyawa mineral seperti magnesium, kalsium, dan sebagainya.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan sejumlah mineral serta elektrolit seperti fosfor, seng, besi, dan kalium. Mereka merupakan komponen penting dari sel cairan tubuh yang berfungsi membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Maka dari itu akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Jangan lupa anda juga perlu mengonsumsi buah belimbing secara rutin.

  1. Meningkatkan Kinerja Enzim

Buah belimbing juga sebagai sumber vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat, dan pridoksin atau juga disebut vitamin B-6. Berbagai kandungan tersebut membantu proses metabolism tubuh dengan berperan sebagai co-faktor enzim. Pun memiiki fungsi sintetis enzim pada tubuh.

  1. Mampu Mencegah Kanker

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa belimbing terdapat cukup banyak kandungan vitamin C. Sementara vitamin C berperan sebagai anti oksidan alami yang sangat ampuh dalam tubuh. Semakin tinggi kadar zat anti oksidan, tubuh akan semakin sulit terserang penyakit kanker. Sebab anti oksidan mampu mencegah serta melawan zat-zat kanker yang menyerang. Setiap seratus gram belimbing saja memberikan sekitar 34,7 mg atau senilai dengan 57% dari kebutuhan tubuh terhadap vitamin C per harinya. Selain itu pula vitamin C dapat membantu untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas, dan anti inflamasi bagi tubuh manusia.

  1. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Telah diketahui bahwa belimbing memiliki banyak serat. Satu buah belimbing dapat 10% serat harian. Beberapa fungsi serat bagi tubuh di antaranya:

  • bantu melindungi selaput lender usus dari paparan zat racun. Dengan cara mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus besar
  • mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus
  • membantu menyehatkan serta memperlancar pencernaan usus. Sehingga dapat terhindar dari resiko kanker usus besar.

Tentu ini juga bagus untuk memperlancar buang air besar. Bagi anda yang mempunyai gangguan buang air besar, bisa konsumsi rutin di malam harinya. Supaya keesokan paginya terasa lancar.

  1. Mengandung Tinggi Anti Oksidan

Belimbing kaya akan zat anti oksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting yaitu epicatechin,  quercetin, dan asam galat. Jumlah keseluruhan flavonoid dalam belimbing mencapai 43 mg per 100 gram. Senyawa tersebut melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Belimbing selain enak, terdapat banyak manfaat baik untuk kesehatan. Cara konsumsinya pun mudah, bisa langsung dimakan atau dengan dibuat jus akan lebih lezat. Jangan lupa pula rutin dan teratur mengonsumsinya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top