Inilah Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

cara mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi merupakan penyakit yang sudah umum bagi banyak orang, apalagi bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan. Penyakit ini bukan hal sepele yang bisa dibiarkan begitu saja. Hipertensi menjadi salah satu penyebab penyakit stroke, jantung, dan gagal ginjal. Karena itu, sebisa mungkin harus dilakukan pencegahan. Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, Anda bisa mengendalikan penyakit ini. Bagaimana cara mengatasi tekanan darah tinggi?

Sponsored: kezia skin expert

Tekanan Darah

Dokter biasanya memeriksa tekanan darah dengan menyuruh Anda duduk atau berbaring, karena itu posisi terbaik untuk mengukur tekanan darah. Lalu dokter akan mengikat kantung udara pada lengan kanan kecuali pada lengan tersebut terdapat cedera. Setelah itu, akan dilakukan pengukuran tekanan darah.

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah? Tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah di pembuluh arteri ketika darah dipompa jantung ke seluruh tubuh manusia. Tekanan darah mengambil dua ukuran dan biasanya terdapat dua angka yang akan disebut oleh dokter. Jika dokter memberitahu 140-90, artinya adalah 140/90 mmHg. Angka pertama (140) menunjukkan tekanan yang ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau saat jantung berdenyut,dan disebut tekanan sistolik atau tekanan atas. Angka berikutnya (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat diantara pemompaan, dan disebut tekanan diastolik atau disebut juga tekanan bawah.

Setelah mengetahui tekanan darah, pasti Anda ingin mengetahui apakah tekanan darah Anda termasuk tinggi, rendah atau normal.

Mengapa Tekanan Darah Meningkat?

Apa yang menjadi penyebab tekanan darah bisa meningkat? Misalnya Anda sedang menyiram halaman rumah dengan selang. Anda coba tekan ujung selang, maka air yang keluar akan semakin kencang. Hal itu terjadi karena air terkumpul dan semakin banyak. Selanjutnya coba membuka selang yang Anda sumbat maka air juga semakin kencang karena debit airnya makin besar.

Hal yang sama juga terjadi pada darah. Apabila pembuluh darah menyempit, maka tekanan darah di dalam pembuluh darah juga akan semakin meningkat. Selain itu, jika jumlah darah yang mengalir bertambah, tekanan darah juga akan meningkat.

Penyebab Darah Tinggi

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat Anda kendalikan serta ada pula yang bisa dikendalikan, jadi anda dapat mengatasi penyakit darah tinggi. Faktor tersebut antara lain, adalah:

Keturunan

Banyak yang bilang memang tekanan darah tinggi adalah faktor keturunan. Faktor inilah yang tak mampu dikendalikan. Jika seseorang punya orangtua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan besar ia menderita tekanan darah tinggi juga. Statistik menunjukkan tekanan darah tinggi lebih tinggi pada orang kembar identik daripada yang kembar tidak identik.

Garam

Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita hipertensi ringan, penderita diabetes, dan juga bagi orang usia tua.

Kolesterol

Kandungan lemak yang berlebih dalam darah dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan tekanan darah meningkat.

Obesitas / Kegemukan

Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, punya kemungkinan besar menderita penyakit darah tinggi.

Stres

Stres dan kondisi emosi yang naik-turun atau tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

Rokok

Merokok juga akan meningkatkan tekanan darah anda. merokok dapat membuat  resiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus berlanjut saat memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya.

Kafein

Kafein juga penyebab tekanan darah tinggi. Kafein dalam minuman cola atau kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Meski Anda tidak menyadarinya setiap meneguk kopi.

Alkohol

Alkohol jika diminum  setiap hari dengan takaran yang berlebihan mampu meningkatkan tekanan darah tinggi bahkan penyakit lain.

Kurang Olahraga

Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur akan menurunkan tekanan darah tinggi , tapi jangan melakukan olahraga berat jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi.

Mencegah dan Mengatasi Darah Tinggi

Pencegahan tekanan darah tinggi memang bisa dilakukan. Berikut bisa dilakukan bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Kurangi mengkonsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda seorang penderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium atau kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium berguna mengurangi tekanan darah tinggi.
  3. Mengurangi minum-minuman dan makanan yang beralkohol. Kalau Anda punya tekanan darah tinggi, maka coba hindari konsumsi alkohol secara berlebihan.
  4. Olahraga lebih teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Kalau Anda punya tekanan darah tinggi, sebainya olahraga yang ringan saja, misal berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang.
  5. Banyaklah makan sayur dan buah-buahan yang memiliki serat tinggi seperti sayuran berwarna hijau, pisang, tomat, wortel, apel, dan jeruk.
  6. Jalankan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
  7. Hentikan merokok akan berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Demikian cara mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top