Perawatan Wajah

Inilah Alasan Mengapa Perawatan Wajah Berjerawat Dilarang Menggunakan Bedak Padat

inilah-alasan-mengapa-perawatan-wajah-berjerawat-dilarang-menggunakan-bedak-padat

Dalam menjaga kecantikan wajah, pastinya bedak selalu berada di dalam tas, atau tempat rias. Kegunaan bedak ialah membuat wajah tidak pucat atau kusam. Selain itu membuat wajah tampak berseri dan menyamarkan flek hitam juga bekas jerawat. Tak jarang berbagai produk bedak sudah tersebar luas di pasaran dan banyak jenisnya. Ada yang berwujud padat, cair dan serbuk. Penggunaannya pun juga bermacam-macam. Hakikatnya berbagai produk bedak meskipun berbeda namun fungsinya sama yaitu menyamarkan kekurangan wajah.

Sponsor : perawatan wajah terbaik

Namun, banyak juga yang menggunakan bedak secara sembarangan. Maksudnya adalah menggunakan bedak tanpa memperhatikan kondisi kulit. Jadi pada intinya adalah memakai bedak tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan. Beberapa jenis bedak, memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing bagi kulit. Seperti bedak padat yang cocok bagi kulit normal, tetapi tidak cocok untuk wajah berjerawat. Anggapan ini beredar di masyarakat, bahwa penggunaan wajah berjerawat tidak memungkinkan untuk menggunakan bedak padat. Pendapat ini bukan tanpa alasan, selain bentuk bedak padat yang terlalu berat pada pengaplikasiannya bagi wajah berjerawat juga tidak mengandung free oil. Wajah yang berjerawat perawatannya sangat khusus, karena pada dasarnya kulit berjerawat merupakan kulit yang sensitif terhadap bedak-bedak tertentu.

Memilih bedak yang tepat untuk wajah berjerawat sangat perlu namun apakah alasan wajah berjerawat tidak dianjurkan untuk menggunakan jenis bedak padat?

Inilah 5 alasan mengapa perawatan wajah berjerawat tidak diperkenankan memakai bedak padat.

1. Tidak mengadung oil free dan mengandung comedogenic
Pada dasarnya bedak padat mengandung minyak yang dapat membuat wajah sedikit mengkilap. Padal wajah berjerawat seringkali terkena gangguan wajah berminyak. Bila menggunakan bedak padat akan memperparah kondisi kulit itu sendiri. Wajah berminyak tanpa kita sadari dan ujung-ujungnya membuat wajah semakin berjerawat. Sehingga wanita berjerawat dianjurkan menggunakan bedak tabur yang mengandung air atau oil free, yang dapat menyerap minyak di wajah secara maksimal dan mengandung kandungan penyembuh jerawat seperti asam salisil yang memberi efek asam pada jerawat, sehingga jerawat tidak kembali, sulfur, benzoil, peroksida, dan bahan-bahan yang melawan bakteri akibat jerawat . Selain bedak padat yang tidak mengandung oil free, bedak padat juga mengandung zat comedogenic yang tinggi. Apabila terlalu lama menggunakan bedak padat, bisa menimbulkan komedo atau bahkan jerawat.

2. Menutup pori-pori kulit
Wajah berjerawat merupakan wajah dengan tipe pori-pori yang besar. Apabila wajah berjerawat menggunakan bedak padat, maka akan menutup pori-pori kulit. Pori-pori kulit akan penuh dan kotor. Hal itu akan memperburuk wajah berjerawat Anda. Selain itu, pori-pori yang penuh dan kotor akan sulit dibersihkan. Sehingga jerawat akan semakin muncul. Untuk itu Anda disarankan untuk menggunakan bedak tabur yang ringan dan tidak membuat pori-pori kulit tertutup dengan bedak padat.

3. Memberi efek penuh pada wajah
Bedak padat dalam pengaplikasiannya pada wajah memang membuat wajah tampak penuh. Hal ini tidak disarankan bagi wajah berjerawat. Meskipun efek yang ditimbulkan penuh oleh bedak padat, sehingga jerawat tersamarkan, namun hal ini tidak dianjurkan. Bedak padat yang susah dihilangkan atau susah dibersihkan, akan membuat pori-pori kulit tidak bersih. Inilah yang membuat jerawat tidak hilang pada kondisi wajah yang sering berjerawat. Efek penuh ini juga membuat wajah sering berminyak. Sedangkan pemakaian bedak tabur sebenarnya justru membuat wajah lebih ringan karena pada dasarnya bedak tabur berbahan kering yang dapat menyerap minyak dengan maksimal.

4. Kulit tidak leluasa bernapas
Bedak padat yang digunakan pada wajah berjerawat cenderung membuat kulit susah untuk bernapas. Mengapa demikian? Seperti yang sudah disebutkan bahwa bedak padat dapat memberi efek penuh pada wajah yang hal tersebut akan membuat wajah terasa berat. Wajah tidak dapat bernapas dengan baik. Hal ini membuat sirkulasi oksigen di pori-pori akan terhambat dan membuat penyembuhan jerawat tidak maksimal. Selain itu, pori-pori kulit yang ada di wajah perlu bernapas untuk memberi udara sejuk pada pori-pori wajah. Sehingga, wajah tidak kusam dan kering. Wajah yang kusam dan kering rentan terkena jerawat. Alangkah baiknya untuk menggunakan bedak tabur secara rutin agar terhindar dari jerawat yang menghambat aktifitas Anda.

5. Membuat lengket pada kulit wajah
Wajah berjerawat sering kali terlihat lengket dikarenakan produksi minyak yang berlebih. Sehingga rentan kotoran yang menempel pada pori-pori. Hal ini bertambah parah jika menggunakan bedak padat. Bedak padat yang berbahan minyak, akan membuat wajah semakin lengket. Wajah yang lengket akan membuat kotoran dengan mudah menempel pada wajah.
Akibatnya wajah akan berjerawat dan wajah dengan bedak padat akan susah dibersihkan, dikarenakan kotoran yang menempel pada wajah dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tidak memakai bedak padat. Jadi, simpanlah bedak padat jika tidak terlalu diperlukan bagi Anda yang berkulit jerawat. Gantilah dengan jenis bedak tabur, yang membuat wajah tidak lengket dan membuat kotoran tidak gampang menempel pada wajah. Gunakanlah bedak tabur tersebut secara sering saat wajah berminyak untuk menyerap minyak yang berlebih agar hasil maksimal.
Untuk mendapatkan kulit yang terawat tidak perlu mahal. Namun, yang terpenting adalah tidak sembarangan memilih jenis bedak wajah sesuai kondisi kulit dan penggunaan bahan bedak yang tepat, sehingga Anda terhindar dari masalah kulit yang mengancam rasa percaya diri.

8
22%
like
8
22%
love
16
45%
haha
1
2%
wow
1
2%
sad
1
2%
angry

Comments

comments

To Top