Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Sebenarnya ada banyak sumber vitamin C yang bisa menguntungkan untuk tubuh Anda. Anda bisa mendapatkannya dari buah dengan rasa asam atau manis seperti jeruk, lemon, stroberi, melon, nanas, apel, pir dan jenis buah lain. Dan beberapa sayuran juga diperkaya dengan vitamin C seperti lobak, bayam, kale, sawi, daun mint dan jenis sayuran hijau yang lain. Namun ternyata tidak semua orang memiliki cadangan vitamin C yang cukup untuk tubuh mereka. Padahal vitamin C memang tidak dihasilkan dalam tubuh sehingga suplai dibutuhkan dari luar dalam bentuk makanan atau minuman. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin C maka ada efeknya untuk kesehatan. Berikut ini ulasan tentang tanda jika tubuh kekurangan vitamin C yang cukup.

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Tubuh sangat mudah memar

Salah satu tanda yang sangat jelas jika tubuh kurang vitamin C adalah mudah terluka dan bagian dalam kulit mudah memar. Jika Anda terantuk benda yang keras maka seperti ada darah yang mengental di bagian dalam kulit. Anda harus waspada karena ini bisa menjadi ada sel darah merah yang bocor dalam bagian kulit Anda sehingga sulit untuk sembuh. Bagian darah yang membeku bisa terlihat biru, merah atau keunguan dan setelah waktu lama baru bisa hilang.

2. Gusi bengkak dan berdarah

Jika Anda mengeluarkan darah setelah gosok gigi maka ini bisa menjadi pertana bahwa gusi Anda mungkin mengalami pendarahan. Pendarahan ini juga bisa menyebabkan sariawan dan gusi bengkak. Asupan vitamin C yang kurang akan membuat gusi mudah terluka, bagian kolagen dalam gusi akan hilang sehingga memicu peradangan dan membuat gusi bengkak. Ini juga meningkatkan resiko penyakit mulut karena mudah terkena infeksi.

3. Rambut menjadi kusam

Orang yang kurang vitamin C juga memiliki penampilan yang kurang ceria. Mereka biasanya memiliki kuku yang bergaris, jamur kuku, kuku yang mudah patah dan rambut yang sangat kusam. Bahkan juga bisa meningkatkan resiko kebotakan karena rambut yang mudah rontok. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang memberikan nutrisi untuk rambut tidak mendapatkan vitamin C yang cukup. Kemudian juga bisa memicu anemia akibat kekurangan zat besi yang cukup berat.

4. Luka gores yang sulit sembuh

Vitamin C berperan sangat besar untuk memelihara tingkat kolagen dalam tubuh. Ketika Anda kekurangan vitamin C maka kolagen akan berkurang cukup banyak. Kemudian jika beberapa bagian tubuh Anda terluka maka luka itu sulit sembuh atau menutup meskipun sudah tidak terjadi pendarahan. Kondisi ini bisa membuat bagian luka mudah terkena infeksi karena sistem imunitas yang lemah.

5. Sering mimisan

Anak-anak atau orang dewasa yang kekurangan vitamin C juga bisa mengalami kejadian mimisan yang cukup sering. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pada dasarnya vitamin C sangat penting untuk menjaga kelenturan pembuluh darah kapiler pada bagian hidung. Ini adalah pembuluh darah yang sangat kecil dan sangat rapuh. Karena itu jika kekurangan nutrisi maka bagian pembuluh darah bisa pecah dan rusak, kemudian darah mengalir dari hidung.

Secara umum sebenarnya kekurangan vitamin C akan mengancam kesehatan. Karena vitamin C berperan sangat penting untuk melawan penyakit yang menyerang tubuh. Dan Anda bisa mencoba untuk tetap mencukupi vitamin C secara alami tanpa suplemen.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top