Perawatan Tubuh

Cara Mudah Atasi Alergi Parfum

cara-mudah-atasi-alergi-parfum

Masalah bau badan memang seringkali bisa membuat kesal diri sendiri dan orang lain di lingkungan sekitar. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Perfume will save you! Lalu, parfum seperti apa yang harus digunakan? Apakah harus yang mahal atau digunakan oleh artis Hollywood? Tentu tidak. Hal yang perlu dilakukan sebelum Anda membeli parfum adalah mengetahui jenis parfum yang tahan lama dan tidak. Lalu, sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Jenis parfum orang yang seharian berada di kantor tentu beda jenisnya dengan parfum orang dengan aktivitas di outdoor. Belum lagi, saat pergi ke acara-acara tertentu. Sebaiknya, perhatikan jenis acara dan parfum yang tepat agar orang lain nyaman berada di sekitarnya.

Berbagai jenis parfum diciptakan memiliki kandungan dan ketahanan yang berbeda. Beberapa jenis parfum yang perlu diketahui yaitu Eau de cologne (EDC). Wewangian yang satu ini hanya tahan selama 2 hingga 3 jam karena memiliki konsentrasi yang paling rendah. Kandungan di dalamnya, yaitu hanya 4% minyak esensial. EDC ini biasanya dijual dalam bentuk body mist, body splash, atau body spray. Kedua, eau de toilette (EDT). Wewangian yang berbentuk spray ini terkonsentrasi dengan komposisi 8%-15% minyak esensial. EDT bisa tahan sekitar 3-4 jam. Ketiga, Eau de parfume. Wanginya tahan lama sekitar 4 hingga 6 jam. Wewangian jenis ini terkonsentrasi 15 hingga 22 persen minyak esensial. Terakhir, yaitu parfum. Aromanya bisa tahan lama sampai 2-3 hari karena mengandung lebih dari 22% minyak esensial.

Sponsor : cream perawatan wajah

Sementara itu, sebaiknya sesuaikan jenis parfum dengan situasi yang sedang dihadapi. Tentunya Anda tidak ingin dijauhi karena jenis parfum yang digunakan membuat orang lain tidak nyaman.Pilihlah parfum dengan aroma yang membuat relaks dan mencerahkan suasana. Parfum aromatik yang beraroma tumbuh-tumbuhan bisa menjadi pilihan. Wewangian jenis ini biasanya berasal dari rosemary, jintan, lavender, dan aroma rempah seperti rumput serta citrus. Pada saat wawancara, Anda tentu juga perlu memperhatikan pemakaian parfum. Jangan sampai tidak diterima kerja hanya karena bau badan dan salah pilih parfum. Hindari memakai parfum secara berlebihan. Pilih parfum dengan aroma yang segar, seperti citrus. Parfum ini memiliki wangi segar yang berasal dari campuran jeruk, lemon, grapefruit, dan tangerine. Tak hanya itu, supaya pikiran fresh dan tidak bosan ketika rapat, Anda perlu coba menggunakan parfum dengan wangi buah. Parfum fruity berasal dari campuran wangi buah-buahan.Usahakan tidak membeli parfum dengan aroma baru untuk acara penting. Mengapa? Karena belum tentu wangi tersebut cocok dengan karakter Anda.

Pilihlah parfum yang biasa digunakan agar mereka lebih mudah untuk mengenaliAnda. Parfum woody bisa dijadikan salah satu pilihan. Wewangian jenis ini berasal dari campuran kayu manis, pinus, sandalwood, dan rosewood. Wanginya cocok bagi orang yang berkarakter kalem untuk menjalin pertemanan. Sementara itu, pilihlah parfum dengan wangi segar, romantis, dan klasik saat sedang menghadiri acara pesta. Di acara ini, Anda perlu menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik. Hal ini dilakukan agar wangi keringat tidak membaur dengan parfum.Untuk pesta malam hari, gunakan parfum dengan aroma yang ringan. Parfum floral bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Parfum ini berasal dari campuran bunga-bungaan, seperti mawar, anggrek, melati, dan lavender. Pada saat kerja pun, sebaiknyahindari menggunakan parfum dengan aroma yang tajam. Anda bisa menggunakan parfum woody dengan wangi yang berasal dari jenis kayu.

Walaupun parfum memiliki berbagai jenis aroma, wewangian ini juga bisa menimbulkan alergi. Ya, alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh meresponnegatif terhadap benda asing yang masuk ke tubuh. Biasanya, alergi disebabkan oleh kandungan zat kimia yang ada pada parfum. Zat kimia tersebut, antara lain eugenol, isoeugenol, geraniol, alpha amil sinamat alkohol, dan alkohol kayu manis. Tidak hanya pada parfum, bahan-bahan kimia ini juga ada di dalam deodorant, kosmetik, obat kumur, pasta gigi, dan lain-lain. Anda sebaiknya menangani alergi parfum tersebut dengan tepat.

Berikut adalah cara mengatasi alergi parfum dengan tepat:

  1. Ketahui gejala alergi

Gejala yang ditimbulkan bisa berbagai macam. Mulai dari ringan hingga serius. Diantaranya, bersin, batuk, sakit kepala, mata berair, sulit bernapas, pusing dan mual, sakit kepala, bibir kesemutan, gatal-gatal, nyeri sendi, dan eksim. Dengan mengenali setiap gejala yang Anda rasakan, penanganannya pun akan mudah dilakukan.

  1. Menghindari orang

Anda perlu melakukan tindakan agar gejala alergi tidak berkelanjutan. Bila Anda tidak dapat menghindari orang yang mengenakan parfum tersebut, ada baiknya Andamenggunakan masker penutup hidung agar alergi tidak bertambah buruk. Selain itu, Anda juga bisa duduk berjauhan dengan pengguna parfum yang menyebabkan Anda alergi.

  1. Menyemprotkan wewangian lain pada hidungWewangian lain berarti wangi yang bisa menimbulkan efek tenang bagi Anda sehingga dapat meringankan gejala alergi. Wewangian lain tersebut bisa didapat dari minyak aroma terapi. Bau yang khas akan membuat Anda menjadi relaks. Anda juga harus membuka sirkulasi udara seperti jendela agar membuat udara dari luar masuk ke dalam ruangan. Hal yang demikian bisa mengurangi udara yang berasal dari penyebab alergi.
  2. Jangan langsung mencoba parfum pada kulit

Gunakan pada bagian belakang telinga, lalu tunggu reaksinya hingga 48 jam. Selain itu, parfum juga bisa disemprotkan pada lapisan jaket atau baju.Hindari pemakaian parfum dengan wangi yang terlalu menyengat. Ini akan menimbulkan reaksi alergi terhadap penderita eksim dan kulit kering. Sebaiknya hindari pemakaian wewangian seperti parfum, deodorant, dan body lotion.

Selain itu, berada di ruangan yang gelap juga bisa mengatasi gejala alergi ringan, seperti sakit kepala, mual, dan sesak napas. Dengan demikian, bagi Anda pengguna parfum sangat penting untuk membaca label parfum sebelum membeli. Ketahui zat atau bahan yang menjadi penyebab alergi. Belilah produk yang tidak menimbulkan alergi. Penggunaan parfum yang tepat tidak hanya nyaman bagi diri sendiri, tapi juga berpengaruh pada orang lain di lingkungan sekitar. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan parfum.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top