Cara Merawat Sepatu Kulit, Praktis dan Mudah Diterapkan di Rumah

Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara Merawat Sepatu Kulit – Anda pasti memiliki sepatu di rumah bukan? Terbuat dari apa sepatu yang anda miliki? Bagi pria dewasa yang setiap harinya anda harus pergi ke kantor untuk bekerja pasti anda memiliki sepasang sepatu formal. Dan umumnya sepatu formal anda terbuat dari bahan kulit bukan? Sepatu merupakan salah satu bagian dari atribut yang akan mampu menunjang penampilan kita di kantor maupun di acara-acara formal lainnya. Begitu juga dengan sepatu kulit yang merupakan jenis sepatu yang terbuat dari bahan kulit baik kulit sintetis maupun kulit asi dari binatang. Umumnya sepatu yang berbahan kulit ini digunakan sebagai sepatu formal. Dan bagi anda yang memiliki sepatu berbahan jenis kulit ini anda pasti tahu bawa sepatu berbahan kulit yang berkualitas tentu tidak dibanderol dengan harga murah. Anda pasti merogoh kocek yang lumayan besar untuk membeli sepasang sepatu berbahan jenis kulit ini. Dengan mahalnya harga sepatu berbahan jenis kulit ini tentu saja anda tidak ingin sepatu kulit anda cepat rusak bukan? Untuk itu anda harus tahu cara merawat sepatu kulit yang tepat agar sepatu kesayangan anda ini tetap awet dan sedap dipandang mata dan tentu saja peampilan anda pun tetap keren selama menggunakan sepatu ini.

Sponsored: perawatan wajah terbaik

Cara Merawat Sepatu Kulit

Sudah menjadi rahasia umum bila penampilan seseorang mencerminkan kepribadian orang tersebut. Penampilan acak-acakan dengan baju kusut dan sepatu kotor menunjukkan bahwa orang tersebut tidak memiliki kepedulian untuk hal-hal kecil, namun penampilan pria yang berpakaian rapi lengkap dengan sepatu formal yang selalu tersemir cantik menunjukkan bahwa pria tersebut merupakan pria mapan baik secara perekonomian dan mental juga menunjukkan cerminan pekerjaan yang ia dapatkan. Bagi setiap pria yang bekerja di kantor tentu ia selalu mengharapkan bisa berpenampilan rapi dan formal setiap harinya. Namun kemeja dan celana kain ini akan menjadi tampak buruk ketika sepatu kulit yang kita kenakan tampat kotor bahkan permukaan sepatunya sudah retak-retak bahkan hingga terlihat lapisan terluar dari permukaan sepatu tampak mengelupas. Tentu saja harapa anda untuk bisa berpenampilan rapi dan formal akan hancur seketika akibat sepatu yang anda gunakan ini.

Untuk merawat sepatu berbahan jenis kulit ini sebenarnya tidaklah terlalu susah, hanya saja memang membutuhkan perlakuan khusus dibandingkan dengan sepatu non formal yang umumnya berbahan jenis kain kanvas. Hal utama yang dibutuhkan dalam merawat sepatu berbahan jenis kulit ini adalah ketelatenan. Berikut ini cara-cara merawat sepatu kulit yang bisa kita lakukan sendiri di rumah :

  1. Anda harus mengenali jenis sepatu kulit anda

Sepatu berbahan jenis kulit ini memang cukup banyak varian kualitas dan jenisnya. Terkadang pun memiliki cara perawatan yang berbeda. Meski demikian bisa di simpulkan bahwa semakin bagus kualitas bahan kualitas yang digunakan maka semakin kuat sepatu tersebut terhadap perubahan cuaca dan pemakaian dan tentu saja semakin mudah anda merawatnya. Begitu sebaliknya semakin buruk kualitas jenis kulit yang digunakan maka semakin rentan ia terhadap perubahan cuaca. Namun untuk memastikannya anda bisa menanyakan kepada toko tempat anda membeli sepatu tersebut mengenai cara merawat sepatu tersebut di rumah.

  1. Perhatikan cara meletakkan sepatu kulit di rak

Berbeda dengan sepatu biasa, anda harus memberikan space saat meletakkan sepatu kulit anda agar tidak bergesekan dengan sepatu lain. Gesekan yang dialami oleh sepatu kulit anda akan mampu membuat adanya goresan pada permukaan sepatu anda. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi penampilan sepatu anda ketika digunakan. Untuk itu berilah jarak antara sepatu kulit anda dengan sepatu lain agar tidak terjadi goresan saat anda memasukkan sepatu maupun mengambilnya dari rak sepatu.

  1. Gunakan silica gel saat menyimpan sepatu

Tujuan dari penggunaan silica gel ini adalah untuk menghilangkan udara lembab. Sepatu yang berbahan jenis kulit memang tidak tahan denga udara lembab. Udara lembab akan membuat permukaan sepatu anda mengelupas antara lapisannya. Selain itu udara lembab juga bisa menjadi penyebab munculnya jamur di sepatu anda yang bisa merusak permukaan sepatu kulit anda. Oleh karena itu gunakan silica gel saat anda menyimpan sepatu anda di rak sepatu.

  1. Gunakan sikat berbulu halus untuk mencuci sepatu

Sepatu berbahan jenis kulit memang rentan terhadap gesekan, untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan sepatu, anda bisa menggunakan sikat berbulu halus disaat mencuci sepatu anda. Pastikan pula anda menyikatnya searah dan dengan pelan-pelan.

  1. Jangan jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung

Saat hendak mengeringkan sepatu setelah dicuci juga perlu anda perhatikan. Jangan pernah menjemur sepatu anda di bawah sinar matahari langsung selama seharian. Hal ini akan membuat permukaan sepatu akan kaku dan mudah retak. Ada baiknya anda menjemur sepatu anda tidak di bawah sinar matahari, meskipun memang membutuhkan waktu yang sedikit lama namun sepatu anda tidak akan mudah rusak.

  1. Rutin menyemir sepatu sesuai dengan warna sepatu

Yang terakhir adalah rutin unttuk menyemir sepatu anda. Menyemir sepatu anda tidak hanya membuat tampilan sepatu anda menjadi kinclong dan mulus saja, namun semir juga memiliki bahan yang mampu menjaga permukaan sepatu anda dari debu dan jamur. Meski demikian anda harus memilih semir yang memang berkualitas dan tidak mengandung zat yang bisa merusak sepatu kulit anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top