Kehamilan

Cara Mengubah Posisi Bayi Sungsang

Cara Mengubah Posisi Bayi Sungsang

Cara mengubah posisi bayi sungsang – Saat kehamilan mendekati detik-detik persalinan, posisi janin dalam rahim kadang mengalami perubahan. Kepala janin yang seharusnya berada di bawah, saat itu tengah berada diposisi menghadap atas. Kondisi ini disebut dengan posisi bayi sungsang. Jika posisi ini terjadi dan ibu hamil tidak segera menyadari, maka akan menyebabkan persalinan normal sulit dilakukan.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Ada penyebab janin dalam rahim ibu hamil mengalami hal seperti ini. Salah satunya adalah akibat dari cairan ketuban berada dalam jumlah yang sangat sedikit atau bahkan terlalu banyak. Akibatnya, membuat janin aktif bergerak sehingga tubuhnya tidak berada di posisi seharusnya. Hal tersebut bukan masalah yang harus dikhawatirkan terlalu dalam. Posisi janin sungsang dalam rahim merupakan kejadian yang terjadi secara alami. Jika Anda tengah mengalami hal tersebut. Berikut cara alami yang bisa dilakukan saat Anda merasakan ketidak nyamanan perut akibat posisi janin dalam kandungan berubah.

1. Posisi tubuh

Untuk membuat janin dalam kandungan berada pada posisi semula langkah sederhana pertama yang bisa Anda lakukan adalah menelungkupkan tubuh atau mengubah posisi seperti sedang bersujud. Caranya siapkan matras di atas lantai agar melindungi tubuh Anda agar tidak sakit. Kemudia mulailah dengan mengubah posisi tubuh seperti merangkak, kemudian tumpukan berat badan  pada kedua  telapak tangan dan lutut. Kemudian rendahkan kepala perlahan hingga menyentuh matras hingga siku menekuk, dan tahan posisi tersebut 10-20 menit. Tujuan melakukan posisi sujid ini berguna membuat ruang dalam rahim melonggar sehingga janin akan mudah berputar atau berganti posisi. Namun, bila Anda merasakan pusing, maka segera hentikan posisi ini dengan segera. Pasalnya, aliran darah ibu hamil terkadang kurang lancar, dan atasi segera dengan mengangkan kepala dan duduk perlahan. Jika pusing sudah mulai reda, dan posisi janin masing sungsang bisa lakukan cara ini sekali lagi dengan sangat perlahan.

2. Olahraga

Cara merubah posisi janin sungsang yang berikutnya adalah dengan melakukan olahraga tertentu. Melakukan olahraga atau gerakan senam hamil khusus berperan besar mengatasi janin sungsang. Olahraga yang bisa digunakan yaitu berenang. Cara ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan posisi janin yanh sungsang dengan gerakan tertentu. Caranya, lakukan gerakan menyelam sehingga perut Anda tertekan oleh air.  Cara ini dapat membantu janin berada pada posisi berputar atau kembali ke keadaan semula. Anda jiga bisa lakukan gerakan senam sederhana untuk merelaksasikan otot-otot di area rahim. Olahraga kan membantu otot di sekikat rahim menjadi rileks sehingga memudahkan janin bergerak. Anda bisa menambahkan gerakan-gerakan senam untuk ibu hamil agar membantu mendorong posisi janin bergerak ke bagian bawah. Tetapi untuk melakukannya, Anda membutuhkan latihan dengan bantuan instruktur senam yang sudah berpengalaman.

3. Breech Tilt

Breech Tilt yaitu menggunakan cara yang hampir sama dengan Knee Chest, yaitu memanfaatkan gaya gravitasi. Cara ini mampu mengubah posisi janin yang sungsang dengan cara melakukan posisi tidur dan  tubuh telentang. Caranya, ambik matras atau alas lantai agar tubuh Anda nyaman dan tidak sakit. Kemudian mulailah dengan berbaring di atas matras. Lakukan dengan perlahan, sambil tekuk kedua lutut hingga telapak kaki menempel ke matras. Kemudian angkat panggul perlahan sehingga membuat pantat naik sekitar tiga puluh cm. Selanjutnya sangga tubuh dan punggung dengan bantal. Tahan posisi ini selama 10-20 menit. Tujuan gerakan Breech Tiltakan ini akan membuat jaringan ligamen pada area rahim menjadi longgar sehingga ruangan di dalamnya menjadi luas. Jika ruangan dalam rahim longgar, maka akan memudahkan janin berputar sehingga akan memperbaiki posisi janin sungkang  ke posisis semula. Untuk melakukan cara ini, Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu. Jangan lakukan cara ini sendiri untuk meminimalisis hal yang tidak diinginkan.

4. Hypnobrithing

Menggunakan tekni hypnobrithing sudah dikenal oleh dunia kedokteran sebagai cara mengatasi janin sungsang. Cara dilakukan ketika Anda harus mengajak janin bicara dan memintanya kembali ke posisi normal. Meski terbilang aneh, namun teknik ini sangat efektif. Secara langsung, pikiran Anda akan mengalir ke bawah sadar janin hingga ia mampu menangkap apa yang Anda pikirkan. Ibu dan bayi dalam kandungan memiliki koneksi tertentu sehingga apa yang Anda ucapkan dan apa yang Anda rasakan mampu mempengaruhi kondisi janin. Penelitian ini sudah dibuktikan dengan adanya keterkaitan antara pikiran, ucapan dan emosi yang ibu hamil lakukan berdampak pada kondisi janin. Lakukan minimal 2 kali sehari. Anda juga bisa menstimulusnya dengan bantuan suara yaitu dengan mendengarkan musik klasik dan meletakan earphone di bagian bawah perut atau dekat dengan tulang kemaluan. Lakukan selama 10 menit sebanyak 6 kali sehari.

5. Pijatan ringan

Cara cukup terkenal mengatasi janin sungsa adalah melalui pijatan ringan di area rahim, yang berguna menstimulus gerakan janin kembali ke posisi normal. Caranya, letakkan tangan kanan di bawah rahim, sementara tangan kiri di atas rahim. Gerakan tangan secara berulang dan pelan searah jarum jam selama 10 menit. Anda bisa gunakan minyak zaitun atau lotion untuk membantu pijatan. Jika Anda masih ragu dan belum yakin melakukan cara ini, bisa dengan meminta bantuan dokter ahli.

6. Stimulasi dengan jus jeruk

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford Universitu di Inggris, ibu hamil yang mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, secara reflek akan membantu bayi sungsang terstimulasi untuk bergerak ke posisi tertentu. Kerena teori inilah, juga menjadi dasar teori jika mengkonsumsi segelas jus jeruk di pagi hari sembari membaringkan tubuh ke kiri dapat membantu mengatasi janin sungsang, dengan cara menstimulusnya.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top