Info Dokter

Cara Mengatasi Nyeri Jari Jemari Akibat Mengetik

Cara Mengatasi Nyeri Jari Jemari Akibat Mengetik

Pekerjaan yang menuntutmu untuk duduk dan mengetik setiap hari di depan komputer bisa berpengaruh buruk untuk tubuh secara keseluruhan. Dampak pertama yang sering dirasakan adalah nyeri otot-otot pergelangan tangan dan jari jemari. Jadi, penting buat kamu tahu bagaimana cara mengatasi nyeri jari jemari akibat mengetik. Selain jari jemari dan otot tangan, juga telapak tangan. Keadaan ini, seringkali disebut sindrom carpal tunnel karena sering mengetik.

Mungkin kamu bisa mengabaikan rasa nyeri yang timbul di pergelangan dan telapak tangan, tapi jangan meremehkannya. Karena jika dibiarkan terlalu lama, sindrom carpal tunnel bisa membuat tanganmu tidak bisa digerakkan dan difungsikan secara normal lagi. Jadi, untuk keluhan semacam ini membutuhkan olahraga khusus agar kamu tidak mengalaminya. Beberapa dokter menyarankan melakukan olahraga ringan khusus untuk jari dan bagian tangan.

Pekerjaan yang kamu jalani, seringkali menuntutmu untuk seharian duduk dan melakukan tugas di depan komputer. Selain adanya sindrom carpal tunnel, jika terlalu lama mengetik maka akan membuat tanganmu mengalami tekanan dan stress. Lalu, bagaimana untuk mengatasi masalah ini?

Nah kalaupun kamu sibuk di depan komputer dan mengetik berbagai file, jangan membiarkan begitu saja jika tanganmu sudah mulai terasa pegal. Lebih baik istirahatlah sejenak sambil mengolahragakan jari jemari dan pergelangan tangan. Karena jika kamu membiarkan rasa sakit dan memaksa tetap mengetik, maka efeknya akan tidak baik bagi tangan, bisa jadi tanganmu akan kesemutan dan lebih parah lagi bisa mati rasa.

cara mengatasi nyeri jari jemari akibat mengetik

sponsored: halojasa

Rasa nyeri atau pegal mungkin memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa meminimalisir rasa sakit yang muncul tersebut dengan melakukan beberapa latihan peregangan.

Hal ini mampu mengurangi gejala awal dan cedera gerakan berulang. Caranya adalah dengan melakukan peregangan selama 10 detik dan ulangi gerakan tersebut selama delapan kali.

Selebihnya, kamu dapat simak ulasan berikut ini:

1. Istirahatkan tangan

Mengambil waktu istirahat sejenak dari kegiatan mengetik, adalah cara praktis dan mudah kamu lakukan.

Jadi, ajak jari jemari dan tanganmu untuk menjauh sejenak dari keyboard komputermu, lalu coba cuci tanganlah. Mencuci tangan sama seperti halnya dengan mengompres. Meskipun airnya bukan air hangat, tetapi cara ini cukup bisa membantu otot-otot tangan yang tegang, menjadi sedikit rileks. Setelah itu, baru kembalilah mengetik.

2. Memijat tangan

Cara ini adalah cara yang juga bisa kamu lakukan dengan mudah. Rilekskan tangan ketika sudah banyak mengetik berbagai file. Jangan memaksakan diri untuk tetap melakukan pekerjaan, jika tangan sudah tidak mampu melakukan tugasnya.

Luangkan waktu antara 5-10 menit untuk istirahat dengan memijat tanganmu pelan-pelan, atau kalau memang rasanya sudah ngilu sekali kamu bisa oleskan minyak gosok semacam balsam, agar tanganmu merasakan hangat, sehingga siap bekerja lagi.

3. Kompres dengan air hangat

Kalau di kantor tidak memungkinkan untuk mengompres tanganmu, maka lakukan ini ketika sudah sampai di rumah. Caranya adalah dengan merendam saja tanganmu ke dalam air hangat, lalu angkat setelah rasa nyeri perlahan hilang. Rendamlah dalam air hangat lebih lama, jika terjadi pembengkaan.

4. Olahraga tangan

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan olahraga jari:

  • Satukan kedua telapak tangan dengan cara menyatukan dan mengaitkan jari jemari. Perlahan, biarkan telapak tangan menjauhi tubuh saat kamu memanjangkan tangan ke depan. Rasakan peregangan ini dari bahu hingga ke jari jemarimu.
  • Tautkan kedua tangan, lalu tarik kedua tangan ke atas kepala. Rasakan peregangan pada tubuh bagian atas dan dari bahu hingga ke tangan.
  • Buka tangan selebar-lebarnya dan regangkan jari jemari sejauh mungkin dari satu dengan yang lainnya.
  • Melipat jari hingga pangkal jari, lakukan gerakan membuka dan melipat jari beberapa kali. Cara ini berfungsi memberi peregangan pada otot bagian jari. Tahan posisi ini 2-3 detik, dan luruskan lagi. Ulangi beberapa kali.
  • Mengepalkan tangan dengan kencang, untuk membantu meregangkan otot keseluruhan di area telapak tangan. Sesekali putar pergelangan tangan saat tangan masih mengepal.
  • Menekuk jari 90 derajad, lalu tahanlah hingga 2-3 detik dan lakukan beberapa kali. Tarikan otot di area punggung tangan akan membantu melancarkan peredaran darah. Sesekali berikan pijatan lembut di bagian bawah telapak tangan.
  • Lipatlah jari hingga ke pangkal tangan, lalu tahanlah posisi ini hingga 2-3 detik dan kembali buka telapak tangan. Lakukan olahraga ini beberapa kali untuk melatih tendon pada bagian telapak tangan dan cara untuk melemaskan sendi di area jari jemari.

5. Konsumsi vitamin

Selain dengan terapi sederhana untuk tangan dan jari jemari tadi, kamu juga tetap harus memenuhi asupan gizi dan vitamin yang menunjang kebugaran tubuhmu. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, dan protein.

Makanan itu bisa kamu dapatkan dari buah nanas yang memang terkenal memiliki protein anti-inflamasi. Selain itu, ada buah pisang yang kaya akan vitamin B6 sehingga dapat mengurangi kambuhnya carpal tunnel syndrome. Buah pisang ini juga ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri di tangan.

Selain vitamin C dan protein yang baik untuk jari jemari dan tangan, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga dapat mempercepat proses pemulihan dari rasa nyeri pada jari jemari dan pergelangan tangan akibat terlalu lama mengetik.

Itu tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri pada jari jemari dan juga bagian tangan, akibat kecapekan mengetik. Satu hal penting yang perlu diingat adalah jangan diteruskan jika tangan sudah terasa lelah. Jika tangan sudah mengalami tekanan dan stres maka luangkan waktu sebentar untuk merileks kan otot-otot tanganmu.

Jangan anggap remeh ketika tangan dan jari jemarimu masih tetap merasakan sakit, meskipun kamu sudah mencoba beberapa cara sederhana tadi. Segeralah berkonsultasi dengan dokter atau kamu bisa melakukan body massage.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top