Diet

Cara Diet Sehat untuk Remaja

Cara Diet Sehat untuk Remaja

Para remaja sebenarnya tidak disarankan untuk melakukan diet, apalagi diet ketat. Hal tersebut dikarenakan para remaja masih dalam usia pertumbuhan dan membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas, seperti belajar, berolahraga, dan kegiatan lainnya.
Akan tetapi, nampaknya tak semua remaja memiliki gaya hidup yang sehat. Menjalani hidup yang santai berkat kemajuan teknologi serta banyaknya makanan ringan dan junk food membuat sebagian dari mereka mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.
Ketika menyadari bahwa dirinya menagalami obesitas, tentunya yang menjadi keinginannya adalah menurunkan berat badan. Memiliki tubuh langsing dan ideal adalah impiannnya.
Bagi kamu para remaja yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya jangan sembarangan melaukan diet. Perlu kamu ingat bahwa uisia remaja masih dalam pertumbuhan dan memerlukan banyak energi untuk tetap aktif bergerak.
Oleh karena itu, jalankanlah diet yang sehat dan aman. Bagaimana? Berikut cara diet sehat untuk remaja:

1. Selalu baca label makanan
Pada saat memutuskan untuk diet, snagat penting unuk mengontrol asupan kalori. Salah satu caranya yaitu dengan selalu membaca label makanan di setiap kemasan. Jangan memilih makanan yang berisi kalori kosong tanpa nutrisi. Sejumlah ahli mengatakan bahwa para remaja sangat disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2.000 kalori per hari. Selain itu, jangan mengosnsumsi makanan yang dipanggang, digoreng, dan susu full cream saat diet.

2. Jangan luapakan sarapan
Saat diet, jangan lupakan sarapan. Sarapan sangat penting karena meningkatkan laju metabolisme dan membuat seseorang teap aktif sepanjang hari. Namun, menu sarapan harus sehat yaitu dengan mengonsumsi serat dan protein, seperti sereal, susu, telur, dan sandwich dengan roti gandum.

3. Pebanyak mengonsumsi buah dan sayur
Sangat penting untuk menambah asupan buah dan sayur saat diet. Beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi remaja saat diet, antara lain brokoli, tomat, kentang, mentimun, lobak, dan buah-buahan lainnya. Jadikan buah-buahan sebagai camilan di kala siang atau sore hari merasa lapar.

4. Minum air putih yang cukup
Air putih merupakan cairan yang harus dikonsumsi dengan cukup agar tubuh bisa bekerja maksimal. Selain itu, air putih juga cukup membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh dan meningkatkan laju metabolisme. Pada akhirnya, metabolisme yang meningkatkan ini membantu proses penurunan berat badan.

5. Berolahraga
Para ahli menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 1 jam setiap hari untuk memabantu remaja mendapatkan berat badan yang diinginkan. Olahraga yang bisa dilakukan, seperti berenang, jogging, bersepeda, menari, dan olahraga lain yang disukai.

6. Biasakan bawa makan dari rumah
Remaja cenderung lebih suka jajan di luar. Namun, pada saat diet pastikan kamu selalu membawa makanan dari rumah. Makanan yang di bawa dari rumah tentunya memiliki aspan kalori yang terkontrol. Dengan begitu, diet yang dijalani bisa lancar.

Itulah cara diet sehat untuk remaja. Jika kelebihan berat badan mengurangi rasa percaya diri kamu, maka lakukanlah diet. Namun, jangan sembarangan melakukan diet karena bisa membuat tubuh menjadi lemas dan tak aktif beraktivitas. Selamat mencoba.

Sponsor

Tips kecantikan wajah

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top