Info Dokter

Bermain Gadget Sambil Berbaring Dapat Sebabkan Efek Buta Sementara

Bermain Gadget Sambil Berbaring Dapat Sebabkan Efek Buta Sementara

Perkembangan teknologi yang terus melesat membuat banyak perubahan pada gaya hidup generasi muda, salah satu teknologi saat ini yang dapat dikatakan terus berkembang adalah smartphone dan gadget. Smartphone dan gadget yang tiap waktu selalu update membuat generasi sekarang tidak dapat lepas dari teknologi yang satu ini, namun hal ini sebenarnya dapat menjadi boomerang tersendiri untuk kesehatan penggunannya. Salah satu dampak kesehatan yang dapat terlihat dari penggunaan gadget dan smartphone yang terlalu berlebihan/ sering adalah pada kesehatan mata/ penglihatan anda .Sponsor : cream pemutih wajah alami

Seorang dokter mata asal dari Moorfields Eye Hospital London bernama Dr. Gordon Plant mengungkap bahwa banyak orang yang dapat atau akan mengalami sindrom sensasi kehilangan penglihatan jangka pendek apabila terlalu sering menatap layar gadget dalam durasi waktu yang lama, terutama dalam keadaan berbaring menyamping.

Ketika orang yang menatap gadget dalam waktu yang lama berhenti menatap gadget/ membaca dan kemudian bangkit, kemungkinan mereka akan mengalami kehilangan penghlihatan secara tiba-tiba pada salah satu mata mereka. Hal ini dapat terjadi dikarenakan terjadinya adaptasi mata yang tidak merata terhadap keadaan terang dan juga gelap.
Jika dibandingkan, trik optik yang terjadi pada mata yang dijelaskan sebelumnya hampir sama dengan efek buta sementara saat anda beralih dari ruangan terang ke ruangan yang gelap. Kebiasaan berbaring menyamping sambil menatap/ membaca gadget akan membuat hanya satu mata anda yang aktif membaca(salah satu sisi saja). Contohnya, jika anda berbaring menyamping ke arah kanan, hal tersebut membuat hanya mata kiri anda yang akan aktif membaca. Pada kondisi ini, mata kiri akan beradaptasi pada kondisi terang, sedangkan mata kanan malah tidak fokus pada layar gadget dikarenakan dekat dengan bantal, sehingga mata kanan akan beradaptasi terhadap ruanga gelap.

Berbeda dengan saat anda menatap/membaca gadget dengan kedua mata, pada kondisi ini, adaptasi mata pada kondisi terang/ cahaya akan dapat lebih merata, sehingga keadaan buta sementara yang dapat terjadi saat anda menatap layar gadget sambil berbaring menyamping tidak akan terjadi. Meskipun demikian, menatap gadget terlalu lama tetap saja tidak memberikan dampak yang baik untuk kesehatan mata anda, dimana sinar biru elektromagnetik yang dibiaskan dari layar gadget secara perlahan akan merusak mata anda.
Sensasi buta sementara akibat kebiasaan membaca/ menatap gadget dalam posisi berbaring menyamping memang bukanlah kerusakan mata fatal dan juga tidak memiliki efek jangka panjang, namun hal ini tetap saja menakutkan bukan?. Maka dari itu, jika anda ingin menghindarkan diri anda dari resiko mengalami buta sementara ini, anda sebaiknya membiasakan diri anda untuk tidak melihat/ membaca gadget sebelum anda tidur dan juga hindari untuk membaca atau bermain gadget dalam keadaan berbaring, apalagi berbaring menyamping.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top