Beberapa Hal Yang Terjadi Dengan Tubuh Di Waktu Tidur
Kesehatan

Beberapa Hal Yang Terjadi Dengan Tubuh Di Waktu Tidur

Beberapa Hal Yang Terjadi Dengan Tubuh Di Waktu Tidur

Beberapa Hal Yang Terjadi Dengan Tubuh Di Waktu Tidur –Dikala tidur tentu tidak akan ada yang pernah mengetahui bagaimana yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita sendiri. Yang paling banyak diketahui cuma tidur akan menjadi waktu tubuh kita untuk melakukan aktivitas beristirahat daripada segala pergerakan dan juga aktivitas yang selama ini kita jalani.

Sebelumnya dalam National Sleep Foundation telah menemukan bahwasanya tidur sangat bermanfaat di dalam kemampuan seseorang untuk mempengaruhi fungsi-fungsi dari pengelihatan, merasakan dan melakukan setiap harinya kegiatan tersebut. Hal ini pun akan memiliki sebuah dampak yang besar terhadap kualitas hidup kita secara keseluruhannya.

Apabila waktu tidur kita terpotong, maka tubuh tak akan memililiki cukup waktu dalam menyelesaikan seluruh tahapan yang diperlukan di dalam melakukan konsolidasi, perbaikan otot, pelepasan hormon yang berfungsi dalam mengatur pertumbuhan, konsolidasi memori dan juga nafsu makan.

Unuk lebih lanjut mengenai hal yang terjadi dengan tubuh di waktu tidur adalah regenerasi dari sel-sel yang ada di tubuh kita. Jadi ternyata jika kita kurang tidur akan dapat menyebabkan beragam permasalahan pada kesehatan yang biasanya sangat serius berdampak pada kesehatan mental dan juga fisik, seperti pada tekanan darah yang tinggi, gangguan dari konsentrasi dan juga berat badan.

Kemudian hal ini pun akan menjadi sebuah dasar keyakinan bahwa tidur sangatlah penting bagi kesejahteraan hidup yang akan dapat mengurangi depresi, memperlambat penuaan dini, meningkatkan memori dan akan dapat meningkatkan beberapa fungsi dari kekebalan tubuh.

Lalu apakah yang biasanya terjadi dalam tubuh ketika kita sedang tidur? Berikut ini merupakan beberapa hal yang akan terjadi di kala kita tidur berdasarkan keterangan para ahli.

  1. Detak Jantung dan Juga Nafas lebih lambat.

Ketika kita sedang tertidur, maka detak jantung dari kita serta nafas akan jadi lebih lambat daripada biasanya, hal ini lah yang kemudian dapat membawa kita ke dalam ketenangan pikiran, hati maupun sistem peredaran darah yang baik.

  1. Suhu Tubuh Akan Menurun

Suhu tubuh kita memiliki sebuah peran yang sangat besar di dalam mengatur ritme sirkardian kita yang juga menentukan tubuh kita siap ataukah tidak  di waktu kita tidur atau bangun. Menurut sebuah penelitaian dari Alaska Clinic Sleep, mereka (para peneliti) mempercaiai bahwa di saat tidur suhu dalam tubuh menurun, sehingga dapat menghemat energi kita untuk memfungsikan kenormalan suhu tubuh kita tetap terjaga.

  1. Tesentak

Pernahkan anda di saat terbangun lalu tiba-tiba kaget seperti perasaan terjatuh? Apabila anda berpikiran tentang hal tersebut merupakan kelainan, maka hal tersebut sebenarnya adalah wajar. Karena menurut penelitian yang telah di lakukan bahwa sangat wajar dan juga umum di alami oleh sebagian dari 60-70% orang. Hal tersebut terjadi di karenakan tersentak oleh proses hypnagogic, transisi di antara terjaga dan tidur.

Demikianlah beberapa hal yang terjadi dengan tubuh di waktu tidur. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Beberapa Hal Yang Terjadi Dengan Tubuh Di Waktu Tidur
To Top