Tips Perawatan Cantik

Cara Memijat Pergelangan Tangan yang Sakit dengan Benar

Cara memijat tangan keseleo

Cara memijat pergelangan tangan yang sakit tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, pijatan yang salah justru bisa membuat bagian yang sakit semakin meradang sehingga menyebabkan bagian tersebut membengkak.

Nyeri pergelangan tangan adalah penyakit umum yang memengaruhi orang dari segala usia dan gaya hidup.

Baik Anda seorang pekerja kantor yang mengetik di depan komputer sepanjang hari atau seorang atlet yang melakukan gerakan berulang, nyeri pergelangan tangan dapat menghambat aktivitas sehari-hari Anda.

Memahami penyebab, gejala, dan pilihan pengobatan untuk nyeri pergelangan tangan penting untuk mengelola dan mengurangi ketidaknyamanan.

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan:

1. Cedera Akibat Gerakan Berulang (RSI): Melakukan gerakan berulang seperti mengetik, menggunakan mouse, atau bermain olahraga tertentu dapat menyebabkan RSI seperti sindrom terowongan karpal atau tendinitis. Kondisi-kondisi ini terjadi ketika gerakan berulang menimbulkan tekanan pada tendon dan saraf di pergelangan tangan.

2. Trauma atau Cedera: Kecelakaan, jatuh, atau benturan tiba-tiba dapat menyebabkan keseleo, regangan, patah tulang, atau terkilir pada sendi pergelangan tangan, yang menyebabkan nyeri akut dan pembengkakan.

3. Artritis: Osteoartritis dan artritis rematoid adalah penyebab umum nyeri pergelangan tangan, yang menyebabkan peradangan, kekakuan, dan pembatasan gerak pada sendi.

4. Tekanan Saraf: Tekanan pada saraf median di pergelangan tangan dapat menyebabkan kondisi seperti sindrom terowongan karpal, yang ditandai dengan mati rasa, kesemutan, dan kelemahan pada tangan dan jari-jari.

5. Kista Ganglion: Kista-kista berisi cairan ini dapat berkembang di sendi pergelangan tangan atau selubung tendon, menyebabkan ketidaknyamanan, terutama saat bergerak.

Pilihan Pengobatan

1. Istirahat dan Imobilisasi: Memberi waktu bagi pergelangan tangan untuk istirahat dan menghindari aktivitas yang memperburuk nyeri dapat mempercepat penyembuhan. Imobilisasi dengan menggunakan splint atau brace mungkin disarankan untuk menstabilkan sendi dan mencegah cedera lebih lanjut.

2. Terapi Dingin dan Panas: Menggunakan kantong es atau kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit, sementara terapi panas dapat meningkatkan peredaran darah dan mempromosikan relaksasi pada otot dan sendi.

3. Pengelolaan Nyeri: Obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau parasetamol dapat membantu mengurangi nyeri pergelangan tangan ringan hingga sedang. Dalam beberapa kasus, injeksi kortikosteroid dapat diberikan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan gejala.

4. Fisioterapi: Program latihan yang disesuaikan yang fokus pada penguatan dan peregangan otot di sekitar sendi pergelangan tangan dapat meningkatkan fleksibilitas, stabilitas, dan fungsi. Selain itu, modifikasi ergonomis dalam penataan tempat kerja dapat membantu mencegah tekanan lebih lanjut pada pergelangan tangan.

5. Operasi: Pada kasus-kasus yang parah atau ketika pengobatan konservatif gagal memberikan rasa lega, intervensi bedah mungkin diperlukan untuk memperbaiki jaringan yang rusak, meluruhkan tulang yang patah, atau melepaskan saraf yang terjepit.

Nyeri pergelangan tangan dapat secara signifikan memengaruhi aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup, tetapi dengan pemahaman dan pengelolaan yang tepat, rasa lega dapat dicapai.

Dengan mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya, mengenali gejala secara dini, dan menerapkan strategi pengobatan yang tepat, individu dapat secara efektif mengatasi nyeri pergelangan tangan dan mendapatkan kembali fungsi dan kenyamanan di pergelangan tangan mereka.

Berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk diagnosis yang akurat dan rencana pengobatan yang dipersonalisasi sangat penting untuk pemulihan yang optimal dan kesehatan pergelangan tangan jangka panjang.

Sebenarnya, kita bisa melakukan pemijatan pada area pergelangan tangan secara mandiri, terutama jika penyebab sakitnya karena terkilir biasa. Sebaliknya, jika ada kejadian yang lebih serius, maka Anda bisa menggunakan jasa pijat panggilan saja.

Rasa sakit pada pergelangan tangan biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti tangan sakit tertindih saat tidur, mengangkat beban terlalu berat, radang sendi, atau salah tumpuan saat jatuh. Lantas, bagaimana cara pemijatan yang benar?

Cara Memijat Pergelangan Tangan yang Sakit

Mengalami sakit pada area pergelangan tangan sebenarnya adalah hal yang jarang terjadi. Jika hal itu terjadi pada kita, maka ada beberapa cara pemijatan yang bisa kita lakukan dengan benar, di antaranya:

Gosok Area Lengan

Cara memijat pergelangan yang pertama adalah dengan menggosok pada bagian lengan. Perlu Anda tahu, otot-otot yang mengontrol area pergelangan kita terletak di lengan bagian bawah sehingga Anda bisa memijat pada area ini.

Jika pergelangan kiri yang sakit, maka genggam lengan kiri Anda menggunakan tangan kanan. Beri tekanan pada otot-otot lengan menggunakan jari-jari Anda yang menggenggam, lalu dorong ke arah pergelangan tangan.

Lakukan gerakan ini selama beberapa kali sampai memberikan efek relaksasi pada pergelangan tangan Anda. Sebaiknya oleskan salep pijat atau minyak zaitun terlebih dahulu pada area lengan agar tidak terjadi luka akibat tekanan terlalu keras.

Pijat di Area Telapak Tangan

Cara memijat pergelangan tangan yang sakit berikutnya adalah dengan melakukan pemijatan pada area telapak tangan. Pijatlah otot-otot di telapak tangan untuk memberikan relaksasi pada pergelangan tangan sekaligus mengurangi rasa sakit.

Anda bisa mulai dengan membuka telapak tangan sesuai dengan pergelangan yang sakit. Setelah itu, pijat bagian pangkal ibu jari dengan ibu jari Anda yang lain. Lakukan pijatan secara lembut, tetapi bisa dirasakan oleh otot-otot sekitarnya.

Pijatan ini bisa Anda lakukan secara berulang dengan skala yang lebih kecil tentunya. Jika Anda rutin melakukan teknik pemijatan ini, maka cedera pergelangan tangan yang Anda alami akan berangsur membaik.

Gunakan Bola Tenis

Berikutnya, kita juga bisa memanfaatkan bola basket untuk memberikan pijatan-pijatan tertentu di area pergelangan yang sakit. Silakan pegang bola tenis, lalu gelindingkan bola dengan kuat pada bagian tangan yang cedera.

Penggunaan bola tenis ini sebenarnya bisa kita akali dengan beberapa barang pengganti seperti botol air es, batu halus, atau pemindah gigi pada mobil. Setelah itu, lakukan gerakan yang sama secara rutin dengan bola tenis di atas.

Banyak orang merasa bahwa cara memijat pergelangan tangan yang sakit ini cukup efektif mengurangi rasa nyeri yang muncul. Meski begitu, proses pemijatan harus Anda lakukan secara rutin.

Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam dalam satu hari, cukup lakukan berulang secukupnya dan ulangi di hari-hari berikutnya sampai rasa sakit di pergelangan tangan menghilang. Hal ini akan lebih baik daripada hanya membiarkannya saja.

Itulah tadi beberapa titik pijat lengan tangan yang bisa Anda terapkan demi mengurangi rasa sakit pada area pergelangan tangan. Seperti kita tahu, pergelangan tangan adalah salah satu area vital yang mendukung mobilitas sehari-hari.

Jika area tersebut terasa sakit, tentu mobilitas kita akan sedikit terganggu. Dengan mengikuti cara memijat pergelangan tangan yang sakit di atas, Anda tidak perlu lagi datang ke rumah sakit atau fisioterapi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top