Kesehatan

Apa Cara Sehat untuk Menjaga Paru Paru?

lungs

Selain harus menjaga kesehatan ginjal, jantung, pankreas dan hati maka sebenarnya kita memiliki kewajiban yang lain. Paru-paru menjadi salah satu organ yang memiliki fungsi penting. Organ ini membantu kita bisa menghirup oksigen dengan baik sehingga kita bisa tetap bernafas. Bayangkan jika ada masalah dengan paru-paru maka kemungkinan ada gangguan kesehatan dalam sistem pernafasan. Tapi sayangnya kesadaran untuk menjaga paru-paru memang masih rendah atau dianggap sebagai hal yang biasa. Dan semuanya akan menyesal ketika ada efek yang terjadi pada saat usia lanjut. Banyak orang yang merasakan dampak kesehatan paru-paru mulai menurun saat sudah tua. Jika Anda tidak ingin melewati masalah ini maka lakukan beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru dibawah ini:

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Latihan pernafasan

Mungkin Anda menganggap bahwa latihan pernafasan hanya penting dilakukan oleh orang tua atau orang usia lanjut. Namun sebenarnya latihan pernafasan sangat baik dilakukan sejak masih muda untuk menjaga fungsi paru-paru. Berbagai latihan yang menggunakan kekuatan lengan sangat baik untuk memberi rongga paru-paru bekerja dengan baik. Kemudian Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan pernafasan dalam bentuk olahraga seperti lari, jalan kaki, yoga dan juga meditasi. Meskipun ini latihan yang ringan namun efeknya sangat besar untuk paru-paru.

2. Berhenti merokok atau jangan merokok

Membuat keputusan untuk berhenti merokok memang sangat penting. Meskipun ini hal yang sangat sulit untuk orang yang sudah terkena kecanduan merokok. Namun merokok memang memberikan efek yang sangat besar untuk paru-paru. Efek rokok jangka panjang bisa menyebabkan kanker paru-paru, kebocoran paru dan infeksi untuk organ tubuh lain. Berbagai bahan buruk dari rokok seperti nikotin dan juga senyawa lain bisa membuat fungsi paru-paru memburuk. Mulai sekarang Anda bisa mencoba untuk berhenti merokok atau berusaha keras untuk meninggalkan rokok.

3. Makanan sehat untuk membersihkan paru-paru

Dan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk membersihkan paru-paru bisa menjadi langkah yang paling mudah. Namun usaha ini membutuhkan kesadaran yang sangat besar. Paru-paru membutuhkan nutrisi seperti vitamin E untuk menjaga radikal bebas tidak merusak paru-paru. Anda bisa mencoba mengkonsumsi beberapa makanan seperti pisang dan alpukat. Kemudian paprika atau lada yang bisa membersihkan paru-paru dari kotoran atau cairan yang banyak mengandung bakteri. Jadi sangat mudah memang membersihkan paru-paru dengan makanan.

4. Menjaga lingkungan tetap bersih

Salah satu penyebab infeksi seperti jamur dan juga lumut bisa menyebabkan masalah untuk paru-paru. Kedua bahan ini bisa menyebabkan masalah untuk paru-paru karena kita menghirup udara dengan lingkungan yang luas. Kemudian jika ada bahan-bahan yang masuk ke tubuh maka itu akan diserap oleh paru-paru. Infeksi berlebihan bisa menyebabkan cairan atau bakteri yang berkembang dalam paru-paru. Butuh perawatan panjang untuk membersihkan semua penyebab infeksi. Karena itu Anda harus mencoba untuk tinggal dalam lingkungan yang bersih.

Dan setiap kali keluar rumah atau terkena paparan udara yang luas maka Anda bisa mencoba menggunakan masker. Mulai sekarang mari menjaga paru-paru untuk menyelamatkan kehidupan dihari tua.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top