Bunda & Anak

Anak Susah Minum Air Putih? Simak Tips dan Trik berikut ini

Anak Susah Minum Air Putih

Anak Susah Minum Air Putih – Semua orang memerlukan cairan pada tubuhnya. Karena itu, sediakanlah selalu air putih di rumah Anda.

60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan di dalam tubuh manusia itu berfungsi untuk membantu proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air liur, transportasi nutrisi, dan dapat juga sebagai sarana untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

Anak Susah Minum Air Putih

Sponsored: pemutih wajah

Bagi orang dewasa yang banyak aktivitas dan olahraga, cairan di dalam tubuh juga dapat menunjang kesehatan agar tetap dapat beraktivitas. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak pun memerlukan cairan agar tubuhnya tetap fit.

Masalahnya adalah meskipun di rumah Anda tidak terlalu sulit untuk mendapatkan air, anak-anak seringkali susah disuruh minum air putih, tetapi mudah sekali jika diberikan susu atau minuman lainnya.

Mengapa kita harus minum air putih?

Banyak minum air putih memang nyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menyembuhkan rasa haus, juga dapat membasahi rongga mulut dan tenggorokan agar tidak kering.

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena cairan di dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Jika tubuh Anda mengalami kekurangan cairan tubuh maka Anda akan mengalami dehidrasi.

Selain itu, air putih bagi orang yang sedang menjalankan program diet, maka air putih adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Karena, air putih adalah minuman yang tidak mengandung kalori.

Memenuhi kebutuhan cairan anak sangatlah penting untuk kesehatan tubuhnya, terutama agar terhindar dari dehidrasi. Sayangnya, tak seperti orang dewasa yang sudah sadar kebutuhan minumnya, anak-anak perlu diingatkan agar ia mau minum air putih.

Apalagi jika sudah asyik bermain maka seringkali lupa akan minum air putih. Jika tidak lupa, maka anak-anak enggan untuk minum air putih yang tidak ada rasanya. Mereka memilih untuk minum susu, jus, atau air yang berperasa.

Lalu bagaimana agar kita bisa membiasakan anak-anak untuk suka minum air putih setidaknya 4 gelas sehari?

Berikut tips dan trik yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk anak-anak Anda:

  1. Kurangi asupan susu

Jika anak Anda lebih memilih susu daripada air putih, meskipun sehabis bermain dan berpanas-panasan, maka sebaiknya Anda yang harus mengurangi jadwal minum susunya dengan menggantikan air putih.

Mungkin awalnya agak berat, tetapi perlahan-lahan anak Anda akan terbiasa dan dengan sendirinya akan tahu mengenai pentingnya minum air putih.

  1. Kenalkan air putih sebelum mengenalkan pada berbagai macam rasa minuman

Air putih buat anak-anak memang minuman yang tidak ada rasa alias hambar. Oleh karena itu, sebelum Anda mengenalkan pada minuman berperasa selain susu, lebih baik kenalkan air putih sejak dini.

Jika anak-anak sudah terbiasa menikmati minuman air putih, maka hal ini tidak akan sulit.

  1. Berikan wadah yang menarik

Namanya juga anak-anak, Anda harus se-kreatif mungkin agar anak Anda mau minum air putih.

Supaya tidak terlihat polos dan itu adalah minuman yang tidak dia sukai, maka sediakanlah gelas atau botol minum dengan gambar-gambar kesukaannya. Berikan wadah itu ketika anak Anda harus minum, sambil berikan sedikit bercerita.

  1. Berikan contoh

Anda menyuruh anak-anak untuk minum air putih, tetapi Anda sendiri minum air teh atau juice.

Anak-anak lebih mudah melakukan ketika dia melihat yang juga dilakukan oleh orang lain.

Jadi, berilah contoh pada anak-anak untuk rutin minum air putih, atau ketika Anda sedang minum maka ajaklah anak-anak Anda juga minum.

Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini,  jika Anda lakukan sejak dini dan rutin maka tentu akan menjadi kebiasaan bagi Anda anak untuk juga suka dengan air putih.

  1. Sesekali izinkan anak minum air dingin

Anak-anak suka sekali bermain-main dengan air. Begitu juga dengan air putih, anak-anak akan lebih mudah tertarik untuk mencoba meminum air dingin ketimbang air hangat.

Jadi, sesekali izinkan mereka untuk minum air putih dingin saja – bukan es. Biasanya anak akan sulit menolak jika disodori air dingin. Tetapi, jangan terlalu banyak dan sering memberinya air dingin, bisa-bisa malah anak Anda akan terkena pilek.

  1. Buat makanan dengan air atau lebih banyak kuah

Trik lain yang bisa Anda coba untuk membuat anak Anda suka minum air putih adalah dengan memberikan asupan makanan yang berkuah.

Misalnya saja nasi putih dengan kuah atau sup, sehingga anak Anda akan terbiasa dengan menikmati makanan yang banyak airnya.

Ini juga menjadi cara mencegah dehidrasi, jika anak Anda sulit meminum air putih.

  1. Minum bersama teman-temannya

Anda bisa mengajari anak-anak untuk suka minum air putih ketika dia sedang bermain bersama dengan teman-temannya.

Sambil menyuruhnya berisitirahat, maka Anda bisa memberikan minum bersama dengan teman-temannya. Jika ada 1 anak saja yang suka minum air putih maka anak-anak yang lain termasuk anak Anda akan tertarik juga untuk minum.

  1. Berikan buah yang mengandung banyak air

Memberikan buah yang mengandung banyak air adalah salah satu cara yang juga bisa Anda praktekkan untuk mengatasi dehidrasi pada anak yang sulit minum air putih.

Selain itu juga menjadi cara untuk melatih anak agar suka minum. Ketika anak Anda sudah terbiasa menikmati buah yang mengandung banyak air dan ada rasanya, maka dia akan suka juga dengan minum meskipun air putih yang hambar sekalipun.

  1. Berikan perasa buah alami

Anda bisa memotong buah kesukaan anak Anda, lalu potong dadu dan simpan sebentar di dalam kulkas agar dingin.

Ketika anak akan minum, ambillah buah potong tadi lalu masukkan ke dalam gelas minum anak Anda. Meskipun tidak terlalu manis, tetapi anak akan lebih tertarik jika melihat di dalam gelas air minumnya ada buah kesukaan.

  1. Berikan minum dengan sedotan atau sendok

Selain menyiapkan wadah khusus yang menarik perhatian anak Anda, maka bisa juga Anda menggunakan cara minum dengan sendok atau sedotan.

Selain dengan sedotan, Anda juga bisa mencoba memberikan minum air putih dengan menggunakan sendok, seperti halnya ketika sedang menyuapinya makan.

Selamat mencoba ya Moms?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top