Diet

Alasan Diet Tanpa Karbohidrat Paling Sehat

Alasan Diet Tanpa Karbohidrat Paling Sehat

Pada dasarnya salah satu alasan menggunakan diet rendah karbohidrat adalah ketika Anda ingin menurunkan berat badan dan juga gula darah. Makanan yang mengandung karbohidrat terlihat memang lezat dan menjadi sumber energi. Tapi jika masuk ke tubuh secara berlebihan maka dampaknya bisa meningkatkan gula darah dan berat badan. Karbohidrat menyumbang kalori yang lebih tinggi dan terkadang kita tidak melakukan pembakaran kalori yang cukup. Salah satu kebiasaan sehat yang bisa kita tiru dari penduduk sehat di negara dikawasan Mediterania. Mereka mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat tapi tetap sehat dan aktif. Berikut ini beberapa alasan diet tanpa karbohidrat namun tetap sehat.

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Karbohidrat dan kolesterol memang sering dianggap sebagai penyebab masalah kesehatan yang utama. Ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah rendah maka itu juga akan menurunkan level kolesterol dalam tubuh. Ini juga sangat baik untuk orang yang menderita penyakit jantung atau keluhan jantung. Peningkatkan kolesterol dalam tubuh sebenarnya juga terjadi akibat tingginya karbohidrat. Bahkan jika Anda tetap mengkonsumsi lemak dalam jumlah rendah maka resiko kolesterol tetap ada. Jadi rendah karbohidrat bisa menjadi pilihan yang sehat.

2. Menurunkan berat badan lebih cepat

Alasan lain sering menggunakan diet rendah karbohidrat adalah bahwa ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Sebuah penelitian menunjukkan jika orang yang mengkonsumsi karbohidrat rendah juga bisa membuat berat badan turun dengan cepat. Kondisi ini berhubungan dengan keadaan bahwa ketika karbohidrat sedikit masuk ke tubuh maka tubuh bisa menghilangkan kebutuhan air berlebihan. Kemudian juga bisa membantu kebutuhan insulin menurun dan ginjal Anda bisa berfungsi dengan baik. Bahkan juga bisa menurunkan kadar natrium berlebihan dalam ginjal. Namun setidaknya Anda harus mempertahankan diet ini selama kurang lebih 6 bulan, lalu bisa kembali ke pola makan lama dan kurang porsi makan.

3. Mengatur nafsu makan

Diet rendah karbohidrat akan membantu menurunkan nafsu makan. Hal ini disebabkan karena efek karbohidrat berlebihan sering menyebabkan kebutuhan makan yang lebih besar. Anda bisa merasakan bahwa karbohidrat bisa membuat perut menjadi lebih cepat lapar. Jadi ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah rendah maka bisa membantu menurunkan nafsu makan dengan baik. Semua makanan seperti sumber serat akan membuat perut lebih tahan lapar.

4. Membuat tekanan darah lebih stabil

Diet rendah karbohidrat bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengelola agar tekanan darah tetap stabil. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Efeknya tidak hanya pada tubuh tapi juga mengendalikan kesehatan ginjal, jantung dan pembuluh darah. Namun efek dari diet ini harus dikendalikan dengan pemeriksaan kesehatan yang baik. Terkadang terlalu berlebihan menurunkan karbohidrat dalam tubuh juga bisa membuat tubuh mudah sakit dan gula darah yang terlalu rendah.

Jika Anda siap untuk melakukan diet rendah karbohidrat maka lakukan dengan bijak. Potong jumlah karbohidrat dan dapatkan sumber karbohidrat rendah gula yang lebih sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top