Perawatan Kulit

5 Jamu Pemutih Dan Penghalus Kulit Asli Dari Indonesia

5-jamu-pemutih-dan-penghalus-kulit-asli-dari-indonesia

Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi yang hingga saat ini juga masih mengakar dan dilestarikan. Sehinga banyak sekali bahan alami yang bisa diracik menjadi obat kesehatan dan kecantikan dari kekayaan alam Indonesia. Kuliner khas Indonesia salah satunya masih menggunakan beberapa bahan alami dan tradisional ini. Termasuk minuman khas dari Indonesia sendiri yang memiliki banyak jenis. Beberapa diantaranya adalah ramuan minuman teh, wedang anget, atau jamu.

Sponsor : perawatan wajah terbaik

Salah satu budaya khas Indonesia adalah budaya meminum jamu ramuan herbal khas Indonesia, terutama bagi masyarakat Jawa. Budaya meminum jamu sendiri harus dilestarikan sebagai bentuk kecintaan akan produk asli Indonesia. Jamu adalah merupakan minuman dari bahan alami dan herbal serta terbuat dari akar rempah-rempah. Jamu memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, bukan hanya wanita saja yang doyan minum jamu, tetapi para pria, anak-anak, hingga remaja juga disarankan untuk tetap mengkonsumsinya.

Dengan alasan melestarikan budaya Indonesia, dan menyehatkan badan, tradisi minum jamu harus selalu dilakukan bagi orang Indonesia asli. Bagi orang asing, jamu mungkin terasa sedikit aneh, namun memiliki paduan rasa yang unik. Sama halnya dengan wedang dan minuman khas Indonesia lainnya. Masing-masing memiliki khasiat dan manfaatnya sendiri saat dikonsumsi. Tetapi perlu Anda tahu bahwa minuman berkhasiat khas Indonesia bukan hanya jamu atau wedang saja.

Masih banyak ramuan lainnya yang berfungsi sebagai jamu pemutih dan penghalus kulit khas Indonesia. Beberapa contohnya yang sangat populer dan berkhasiat adalah sebagai berikut.

  1. Jamu beras kencur

Jamu beras kencur sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terutama bagi wanita jawa yang selalu ingin tampil cantik dari dalam. Beras kencur adalah salah satu minuman atau ramuan jamu menyegarkan khas Jawa, terutama daerah Jawa Tengah dan Jogjakarta. Jamu beras kencur sendiri memiliki rasa manis dan segar, sedikit rasa hangat saat sudah menelannya. Ramuan utama dari beras kencur ini sendiri adalah beras yang dihaluskan dan rempah-rempah berupa rimpang kencur. Beras kencur memiliki khasiat untuk mengatasi kulit berjerawat, membentuk lingkar pinggang menjadi lebih ramping, dan menghaluskan kulit. Selain itu, ramuan beras kencur sekarang banyak dijadikan lulur dan masker untuk perawatan kulit lembut dan cerah.

  1. Teh hijau

Teh hijau yang diracik langsung menggunakan daun teh alami memiliki khasiat yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Ramuan teh hijau alami mampu menyegarkan kulit, melembabkannya dan menghaluskan tekstur kulit yang kering dan kasar. Teh hijau juga memiliki anti oksidan bernama fenol, senyawa polifenol, dan kadar ECCG yang bisa melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Tak hanya diminum, tetapi teh hijau banyak digunakan sebagai lulur dan juga masker. Teh hijau yang sudah diolah menjadi kantung teh sendiri mampu mengatasi mata bengkak atau mata panda akibat kurang tidur atau begadang. Kandungan teh hijau, terutama kafeinnya yang juga dapat meredakan dan mencerahkan lingkar hitam pada kulit di daerah bagian sekitar mata secara efektif.

  1. Wedang jahe

Racikan khas Jawa ini juga ampuh sebagai bahan alami perawatan kecantikan kulit. Wedang jahe selain menghangatkan badan dan bersifat menyegarkan, dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Kandungan jahe sendiri mampu mengontrol kadar minyak dan lemak dalam tubuh, tak terkecuali minyak di kulit. Hal ini karena jahe memiliki kadar mineral yang cukup tinggi di antara akar rempah-rempah yang lain. Jahe pun banyak dijadikan lulur atau masker untuk mengangkat sel kulit mati. Kulit akan terasa halus dan hangat serta membersihkan kotoran yang menumpuk sehingga menghindari dari kotoran penyebab jerawat. Wedang jahe yang diminum langsung akan menyegarkan dan membuat kulit halus dan lembab.

  1. Ramuan madu dan sereh

Minuman layaknya jamu yang diracik dari madu dan sereh sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Khasiat madu sebagai pelembab alami dapat menghaluskan kulit dari dalam dan meremajakannya. Kandungan vitamin E akan langsung membuat kulit terhindar dari penuaan dini. Kandungan sereh dapat mengangkat lapisan sel kulit mati dan membersihkan secara efektif. Karena itu, campuran minuman sereh dan madu tidak hanya dikonsumsi langsung. Tetapi juga banyak dijadikan lulur atau masker, dan bahkan beberapa produk kecantikan lainnya. Bahkan kini sereh banyak dijadikan teh sebagai minuman herbal untuk perawatan kecantikan kulit. Dengan tambahan madu yang juga kaya akan anti oksidan di dalamnya.

  1. Jamu kunyit asam

Jamu kunyit asam sangat populer di kalangan wanita dan juga remaja perempuan. Jamu kunyit asam dikenal mampu meredakan nyeri datang bulan bagi para wanita. Selain itu, bagi yang sedang diet juga bisa mengkonsumsi jamu jenis kunyit asam ini. Manfaat dari kandungan kunyit dapat menghaluskan dan melembutkan kulit, karena kunyit juga dikenal sebagai pelembab alami. Kunyit juga banyak dibuat menjadi lulur atau masker perawatan kulit, scrub yang dihasilkan oleh akar rempah-rempah ini mampu mengangkat lapisan sel kulit mati, kotoran, termasuk minyak berlebih. Warna kuning pada kunyit juga dapat mencerahkan pigmen kulit menjadi warna kuning langsat khas wanita Indonesia.

46
18%
like
172
67%
love
11
4%
haha
3
1%
wow
7
2%
sad
16
6%
angry

Comments

comments

To Top