5 Dampak Menggaruk Puting yang Gatal

5-dampak-menggaruk-puting-yang-gatal

Rasa gatal pada tubuh memang sangat mengganggu bagi banyak orang. Anda pasti merasa kesal ketika merasa tubuh sudah bersih tetapi masih saja gatal. Penyebab gatal sangatlah beragam dari hal-hal yang sepele hingga hal yang serius. Setiap bagian tubuh bisa sajaterasa gatal dan yang paling umum adalah kulit tubuh serta kulit kepala. Ada satu bagian tubuh lagi yang bisa terasa gatal yaitu puting dan hal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Sponsor : perawatan wajah

Gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya reaksi alergi. Alergi sendiri dapat sebabkan oleh kontak kulit dengan bahan kimia seperti sabun mandi ataupun detergen pencuci pakaian. Rasa gatal dapat juga disertai dengan kemerahan, bengkak, dan rasa sakit. Khusus untuk gatal pada puting penyebabnya lebih sering adalah penggunaan bra yang salah. Apabila rasa gatal disebabkan oleh bra, kemungkinanbra terlalu kecil atau terlalu besar, bahan bra yang kasar serta bra yang kurang diperhatikan kebersihannya.

Untuk meredakan rasa gatal, cara yang paling sering digunakan adalah menggaruknya hingga gatal hilang. Perlu dipahami bahwa Anda harus berhati-hati dalam menggaruk bagian tubuh terutama bagian yang sensitif, contohnya puting. Kulit luar saja bisa terluka karena digaruk apalagi bagian tubuh yang sangat sensitif seperti puting. Usahakanlah untuk tidak menggaruk puting karena dampaknya bisa fatal.

Berikut adalah dampak menggaruk puting gatal yang perlu Anda ketahui:

  1. Lecet pada puting

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa puting adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Bila puting yang gatal digaruk secara sembarangan, bisa saja puting akan menjadi lecet. Hal inilantarankuku yang panjang dan akhirnya melukai puting. Luka yang terbuka ataupun lecet dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri yang nantinya malah akan memperparah keadaan. Apabila sangat terpaksa untuk menggaruk, lakukanlah secara perlahan agar tidak menimbulkan luka apapun.

  1. Iritasi di sekitar puting

Penyebab terbesar gataladalah iritasi. Menggaruk putingmungkin dapatmeredakan rasa gatal pada awalnya. Tapi siapa tahu dampaknya bisa sangat panjang.Bisa saja kegiatan menggaruk itu malah akan memperluas bagian yang terkena iritasi dan bagian yang iritasi akan semakin parah. Jika sudah seperti ini, bukan malah bebas dari rasa gatal dan yang ada malah rasa gantal semakin menjadi-jadi. Maka berusahalah untuk menahan keinginan menggaruk puting. Sebagai gantinya pakailah krim atau salep yang bisa membantu mengurangi iritasi.

  1. Puting bertambah kering

Seperti kulit, permukaan puting juga dapat menjadi kering. Hal ini dapat terjadi akibat faktor perubahan cuaca yang ekstrim serta reaksi terhadap bahan tertentu. Bahan tertentu ini dihasilkan dari bedak badan yang biasa dipakai. Jangan pernah bosan untuk melakukan pengecekan terhadap bahan apa saja yang terkandung dalam suatu produk dan memastikan apakah bahan tersebut aman atau tidak. Puting yang kering tentunya dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat tidak nyaman. Ketika menggaruk puting yang permukaannya kering bisa menimbulkan rasa sakit. Puting yang kering sangat rentan terluka apalagi jika bergesekan dengan benda tajam seperti kuku jari. Apabila menggaruknya berlebihan luka bisa saja muncul dan malah menimbulkan masalah yang lebih parah dari hanya sekedar kering. Untuk mencegahnya seringlah memberi pelembab pada bagian puting agar tidak kering.

  1. Luka semakin membesar

Hal lain yang menjadi penyebab gatalnya puting adalah luka yang mungkin terdapat pada puting. Kasusnya sama seperti saat iritasi yaitu semakin digaruk bisa saja luka akan semakin membesar dan gatalnya akan semakin tidak tertahankan. Ingatlah bahwa luka dapat menjadi tempat masuk bakteri dan semakin besar luka akan semakin banyak bakteri yang berkembang. Kuku yang tajam sangat mungkin untuk melukai kulit apalagi puting yang sensitif sehingga menjadi lebih parah. Jadi Anda patut berhati-hati dan memiliki pengendalian diri yang kuat untuk tidak menggaruk puting. Pakailah obat khusus untuk menyembuhkan luka pada puting dan harusnya rasa gatal itu akan hilang seiring dengan sembuhnya luka.

  1. Menyalurkan bakteri dan kuman

Seperti yang telah disebutkan pada beberapa poin sebelumnya, bakteri dan kuman dapat masuk kedalam tubuh melalui luka yang terbuka. Tangan dan kuku selalu berkontak langsung dengan dunia luar sehingga tidak heran bahwa bakteri yang menempel sangatlah banyak. Dengan menggaruk puting menggunakan jari-jari yang kotor, bakteri dan kuman akan dengan mudah berpindah tempat. Bakteri juga dapat menjadi penyebab utama munculnya rasa gatal. Kesimpulannya jika Anda menggaruk puting yang gatal, bakteri dari tangan akan berpindah dan menimbulkan rasa gatal yang lebih parah lagi. Tidak berarti bahwa puting boleh digaruk dengan benda lain selain tangan. Janganlah menggaruk puting dengan apapun karena kebersihan alat yang digunakan untuk menggaruk tidak bisa dijamin.

Setelah memahami dampak apa saja yang dapat terjadi saat menggaruk puting, semoga Anda dapat menahan diri untuk tidak melakukannya. Daripada menggaruknya, lebih baik oleskan saja salep pereda gatal. Tetapi sebelumnya tentu perlu dicermati apakah salep tersebut aman ketika digunakan. Terakhir, jangan menganggap rasa gatal adalah sesuatu yang sepele. Untuk amannya periksakan pada dokter ahli terutama apabila rasa gatal sudah tidak bisa ditoleransi lagi.Bisa saja gatal disebabkan oleh hal yang fatal seperti contohnya kanker.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top