Perawatan Wajah

5 Cara Menghilangkan Luka Memar atau Lebam di Wajah

5-cara-menghilangkan-luka-memar-atau-lebam-di-wajah

Lebam adalah bentuk sebuah trauma pada kulit yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Hal ini menyebabkan aliran dara berkumpul di permukaan kulit dan membentuk bercak biru keunguan atau ada yang kemerahan. Lebam sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya namun dalam jangka waktu yang agak lama. Tetapi bagi Anda yang menomor satukan penampilan, tentunya tak ingin satu cacat pun menganggu aktifitas. Apa lagi jika lebam atau memar tersebut tercetak jelas di wajah.

Sponsor : cream perawatan wajah

Keberadaan lebam atau luka memar ini bisa terjadi bermacam-macam. Kebanyakan penyebabnya adalah terpukul atau terbentur benda keras atau tumpul. Lebam pada wajah harus segera dirawat supaya lekas hilang. Sayangnya perawatan lebam membutuhkan waktu yang tak sedikit. Tapi lebih baik diobati bila sudah terlanjur terkena lebam pada wajah. Berikut ulasan cara menghilangkan lebam, terutama lebam pada kulit wajah.

1. Kompres dengan es dan air hangat setelahnya
Hari pertama lebam sudah mulah terlihat, segera kompres dengan ice pack. Ice pack bisa dibeli di apotik atau membuatnya sendiri di rumah secara sederhana. Ambil beberapa es batu dan bungkus beberapa balok kecil es batu tersebut dengan kain tipis atau sapu tangan. Kain atau sapu tangan dengan es batu di dalamnya di tempelkan pada bagian wajah yang lebam. Cara ini juga dapat menghilangkan mata bengkak akibat kebanyakan menangis atau bintitan kurang tidur.
Bila hal tersebut tidak berhasil selama satu hari, selanjutnya kompres dengan air hangat. Reaksi dingin pada ice pack akan mengurangi radang dan bengkak pada lebam. Sedangkan air hangat akan meningkatkan aliran darah ke jaringan untuk mempercepat penyembuhan lebam. Kain atau sapu tangan cukup dicelupkan ke air hangat, peras dan kompres pada bagian yang memar.

2. Konsumsi banyak makanan mengandung vitamin C
Vitamin C yang diserap dalam tubuh membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup. Seperti jeruk, mangga, nanas, sayuran brokoli, paprika, dan umbi seperti ubi. Atau bila ingin lebih cepat, minum tablet yang mengandung banyak vitamin C.
Selain makanan yang mengandung vitamin C, pepaya juga nanas memiliki zat enzim digesti bromelain. Zat ini mampu menghancurkan protein yang menyebabkan darah dan cairan terperangkap dalam jaringan kulit. Minum juga ekstrak buah bilberry, buah ini mengandung antosianin. Antosianin adalah zat antioksidan yang mengurangi penampilan warna lebam pada kulit. Hal ini karena zat tersebut menstabilkan kolagen dan membuat pembuluh darah kapiler semakin kuat untuk mencegah kembali terjadinya lebam.

3. Gunakan bahan alami
Bahan alami banyak yang bisa digunakan langsung untuk luka lebam. Seperti halnya jahe dan daun seledri. Kedua bahan ini mudah didapatkan di pasar dan mengandung bahan anti radang. Jahe dan daun seledri membantu mengempeskan luka lebam pada kulit wajah. Tumbuk halus salah satu dari jahe atau daun seledri ini dan kemudian oleskan langsung pada lebam di wajah.
Bahan lain yang juga bisa dipakai adalah kulit pisang. Makan terlebih dahulu buah pisangnya dan haluskan kulit pisang sebelum membalurkannya langsung ke luka lebam. Masih banyak lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat luka lebam. Seperti cuka apel, nanas, kunyit, bunga pacar air, daun sirih, dan kencur. Bahan alami ini cukup dioleskan langsung pada luka memar atau lebam di wajah.

4. Oleskan salep atau obat khusus lebam
Sebagian orang yang memilih bahan alami untuk mengobati luka lebam yang ada pada wajah. Karena beberapa salep atau obat khusus yang dibuat untuk menyembuhkan luka lebam takut menghasilkan efek tertentu pada wajah. Namun ada yang lebih memilih obat salep luka lebam atau minyak khusus untuk mengobatinya. Hal ini juga bisa dilakukan apa bila luka lebam pada wajah tak kunjung hilang setelah dirawat dengan 3 cara diatas.
Hindari penggunaan salep atau obat khusus luka lebam ini bila selanjutnya kulit wajah memiliki komplikasi masalah lain. Terutama bila luka lebam terdapat di area wajah mendekati daerah mata dan luka tersebut mengeluarkan goresan atau sedikit berdarah. Salep atau obat anti lebam yang biasanya mudah didapatkan adalah heparin (Thrombophob) yang berbentuk gel maupun salep. Minyak obat Minol yang tidak memiliki efek samping pada luka apapun.

5. Konsultasikan kepada dokter kulit
Sebelumnya bila Anda ragu ingin mengobati luka lebam dengan cara apa, terutama lebam pada wajah, konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan mengecek luka lebam tersebut dan memberitahukan penyebab luka tersebut. Walaupun nantinya luka lebam akan hilang dengan sendirinya dalam waktu yang cukup lama, namun perlu diperhatikan. Karena luka lebam disebabkan oleh darah yang mengumpul, bagi pemilik penyakit darah tertentu akan sedikit sulit untuk disembuhkan.
Ketahui penyebab lebam pada kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih pengobatan yang tepat. Lebam juga bisa muncul karena alergi tertentu dan biasanya lebam karena alergi hanya menampilkan bercak kemerahan. Bercak ini bisa jadi sangat gatal ketimbang lebam karena terbentur benda keras, atau terjadi karena efek obat tertentu yang tidak cocok.

240
51%
like
64
13%
love
51
10%
haha
32
6%
wow
23
4%
sad
59
12%
angry

Comments

comments

To Top