Perawatan Wajah

5 Cara Mengatasi Alergi Kosmetik Pada Wajah

5-cara-mengatasi-alergi-kosmetik-pada-wajah

Kosmetik adalah hal yang tidak terpisahkan dari diri pribadi seorang wanita. Bagaimanapun wanita modern masa kini, bahkan diantaranya beberapa pria juga menggunakan kosmetik dalam kesehariannya untuk menunjang penampilan mereka supaya terlihat menarik. Ada kalanya kosmetik yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit yang masing-masing orang miliki, karena bila salah memilih, reaksi yang ditimbulkan berbeda-beda hingga alergi yang fatal.

Sponsorperawatan wajah

Kulit wajah yang memiliki alergi pada kosmetik biasanya memiliki jenis kulit sensitif atau pemilihan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, jenis kulit rata-rata adalah kulit normal, kulit normal cenderung berminyak, kulit normal cenderung kering, kulit kombinasi antara berminyak dan kering, dan terakhir adalah kulit sensitif. Perawatan alergi pun harus sesuai dengan jenis kulitnya.
Kulit yang mudah terkena alergi terhadap kosmetik biasanya adalah kulit sensitif dan kulit kering. Bila kulit wajah sudah terkena alergi akibat penggunaan kosmetik tertentu biasanya akan menimbulkan efek yang berbeda-beda. Mulai dari bercak merah, gatal, hingga kulit yang sedikit membengkak bahkan pecah-pecah.

Berikut beberapa tips efektif mengatasi alergi kosmetik pada kulit dan beberapa perawatan serta pencegahannya.

1. Segera hentikan pemakaian saat itu juga

Langkah pertama bila kulit sudah menampilkan tanda-tanda alergi, segera hentikan pemakaian kosmetik tersebut saat itu juga. Setidaknya, menghentikan pemakaian akan membuat kulit anda menjadi tidak ketergantungan atau bahkan lebih parah. Kulit yang sudah mengalami tanda awal alergi biasanya terasa gatal atau panas setelah pemakaian beberapa waktu tertentu. Sebaiknya pemakaian langsung diberhentikan saat itu juga sebelum kulit menunjukan gejala yang lebih serius dari sebelumnya. Selanjutnya anda masih bisa memilih kosmetik lain yang sesuai dengan jenis kulit anda dan tidak menimbulkan alergi yang lebih parah.

2. Jangan menggunakan cream atau toner apapun pada kulit wajah yang terkena alergi

Biasanya, terdapat beragam produk yang bisa mengobati alergi pada kulit seperti halnya salep, cream, atau toner. Sebaiknya hindari pemakaian produk-produk ini jika kulit wajah anda masih menunjukan gejala alergi ringan. Biasanya setelah menghentikan pemakaian kosmetik yang membuat alergi, kulit akan beristirahat sebentar dari jenis kandungan berat yang ada dalam kosmetik tersebut. Pada fase ini biarkan kulit sementara tanpa perlu mengaplikasikan produk lain yang ditakutkan justru akan menimbulkan gejala lebih parah dari alergi Anda. Terutama pada wajah yang merupakan memiliki kulit lebih sensitif dari kulit bagian tubuh lain.

3. Gunakan bahan alami lidah buaya untuk mengobati alergi

Sebagai gantinya, bahan alami banyak yang bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi alergi hingga gejala awalnya. Salah satunya adalah lidah buaya yang memiliki kandungan untuk melembutkan kulit dan mengurangi gejala iritasi atau alergi. Lidah buaya juga tidak membuat kulit semakin kering sehingga cocok bagi anda yang memiliki jenis kulit apapun terutama kulit sensitif dan kulit kering. Lidah buaya biasanya hanya perlu dioleskan saja gel atau air jusnya ke kulit wajah yang mengalami iritasi atau alergi. Bisa juga dicampurkan dengan air dari kelopak bunga mawar, minyak zaitun, atau mentimun. Cara alami dipercaya lebih efektif ketimbang menggunakan bahan kimia atau bahan buatan lainnya.

4. Konsultasikan pada dokter wajah bila alergi masih berlangsung lama

Bagi anda yang merasa kulit wajah anda sudah memasuki fase alergi yang parah, sebenarnya cobalah dengan bahan-bahan alami penyembuh alergi terlebih dahulu. Bila alergi pada wajah tak kunjung sembuh, maka langsung konsultasikan kepada dokter kulit atau dokter kecantikan di klinik yang sesuai. Pastikan dokter tersebut sudah professional dan klinik yang anda datangi adalah klinik terpercaya dan berakreditasi bagus. Biasanya perawatan oleh dokter memang lebih mahal namun dipastikan dokter kecantikan akan lebih bisa mengatasi alergi yang sudah parah pada kulit wajah anda. Konsultasikan juga kosmetik ataupun ragam produk kecantikan apa yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Dokter kecantikan akan senantiasa memberi nasihat mengenai kandungan kosmetik yang perlu anda hindari.

5. Teliti sebelum membeli kosmetik dengan mengetesnya terlebih dahulu

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati, karena dengan mencegah, anda tidak perlu merasa terkena sakit terlebih dahulu. Begitupun dalam mengatasi alergi pada kulit wajah akibat kosmetik. Perhatikan terlebih dahulu kandungan kosmetiknya, hindari kosmetik atau produk-produk kecantikan dengan bahan alkohol. Kandungan alkohol sangat berat dan berbahaya bagi wajah, terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif dan kulit kering. Sebelum anda benar-benar memakai kosmetik tersebut pada kulit wajah anda, sebelumnya lakukan tes terlebih dahulu selama 3 atau 4 hari. Caranya dengan mengaplikasikan kosmetik pada bagian kecil kulit dekat lengan atau pergelangan tangan anda, oleskan setiap hari pada bagian yang sama dan lihat hasilnya selama 3 atau 4 hari tersebut. Bila anda merasa bagian tersebut gatal, panas, atau berubah warna menjadi merah, maka produk tersebut baiknya jangan digunakan pada wajah Anda.

Nah, itulah rangkaian tips yang bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi penyakit alergi pada wajah yang disebabkan oleh kosmetik yang dipakai setiap saat. Memoles wajah dengan produk kosmetik demi mendapatkan kecantikan wajah memang tidak salah. Tetapi tidak semua produk aman untuk kita pakai terutama apabila kulit wajah kita termasuk kulit sensitif.

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top