Diet

3 Tips Cara Diet untuk Mencegah Osteoporosis

3 Tips Cara Diet untuk Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis telah ditakuti oleh semua wanita, terutama yang sudah masuk ke masa menopause. Penyakit ini memang banyak menyerang wanita yang sudah mengalami menopause. Namun sebenarnya penyakit ini juga bisa terjadi pada semua orang sebagai dampak kekurangan nutrisi tertentu dalam makanan sehari-hari. Cara membuat tulang kuat tidak hanya dengan latihan yang cukup, karena tulang membutuhkan makanan sama seperti organ tubuh yang lain. Ketika tulang tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan maka akan kehilangan jaringan penyusunnya dan kemungkinan menjadi sangat rapuh. Tapi bagaimana cara membuat tulang sehat dan tidak terkena osteoporisis. Berikut ini tips cara diet untuk mencegah osteoporosis yang bisa dilakukan sejak masih muda.

Sponsor: pemutih wajah

1. Penuhi kebutuhan kalsium dari makanan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah asupan kalsium yang cukup untuk tulang. Tulang menggunakan kalsium untuk mempertahankan kepadatan dan mencegah kehilangan struktus jaringan penyusun tulang. Ketika tulang tidak mendapatkan kalsium yang cukup maka tulang menjadi lebih mudah rapuh. Sumber makanan yang banyak mengandung kalsium terdapat pada beberapa pruduk susu seperti susu, keju dan yogurt. Namun jika Anda takut dengan lemak pada susu maka perhatikan untuk memilih susu rendah lemak. Sementara sumber zat hijau seperti bayam dan brokoli juga mengandung kalsium. Dan Anda juga tetap bisa mendapatkan kalsium dari sumber ikan seperti ikan salmon dan ikan sarden.

2. Vitamin D untuk Tubuh

Vitamin D erat kaitannya dengan kesehatan tulang dan pemenuhan kebutuhan kalsium untuk tubuh. Tubuh orang dewasa membutuhkan jumlah vitamin D sekitar 400 sampai 800 IU. Sumber vitamin D ini bisa didapatkan dengan mudah dan murah dari sinar matahari pada pagi hari. Namun jangan berlebihan sebab terlalu sering terkena vitamin D juga bisa menyebabkan penyakit lain. Dan untuk asupan gizi yang seimbang maka bisa mengambil vitamin D dari kuning telur, hati, susu dan ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Dan sumber mineral lain yang bisa membantu penyerapan vitamin D untuk tubuh seperti tembaga, seng, zat besi, dan magnesium. Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan bisa membantu kebutuhan ini.

3. Perhatikan kebutuhan protein untuk tubuh

Nutrisi lain yang sangat penting untuk tubuh adalah protein. Protein bisa membantu tubuh melewati semua masalah kesehatan yang berhubungan dengan tulang. Protein akan dipecah menjadi asam amino untuk tubuh yang kemudikan digunakan oleh tulang untuk menyerap kalsium dan mineral lain. Konsumsi protein yang cukup bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat karena bisa menurunkan jumlah kolesterol dan mempertahankan berat badan yang ideal. Sumber protein yang bisa dikonsumsi seperti daging ayam tanpa lemak, hati atam, hati sapi, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sumber protein nabati lebih baik dibandingkan protein hewani.

Suplemen yang sering dilaporkan bisa membantu mencegah osteoporosis memang kemungkinan juga efektif. Namun dari pihak peneliti dan saran medis selalu menekankan bahwa konsumsi makanan sehat lebih baik daripada penggunaan suplemen buatan atau sintetis. Jadi cobalah untuk melakukan tips ini demi mencegah osteoporis.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top