Herbal Alami

MAKANAN YANG DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA INGAT (Part 2)

kakao mentah dan bubuk

Ditengah bertambahnya usia seseorang yang semakin beranjak tua, tentu mempunyai pengaruh pula pada kinerja dari fungsi-fungsi kognitif. Kognitif sebagai mana diketahui memiliki fungsi dalam atensi, kemampuan dalam mengingat (daya ingat), mempersepsikan segala sesuatu, kemampuan membuat konsep dan intelegensi, serta kemampuan dari visuospasial.

Begitu pentingnya fungsi dari kognitif membuat kita perlu untuk selalu menjaganya dengan cara melakukan latihan-latihan ketangkasan maupun intelegensi, serta permainan lainnya. Selain itu diperlukan pula asupan makanan yang bergizi dan penuh nutrisi setiap harinya. Jangan sampai asupan makanan yang kita makan hanyalah mengandung sampah seperti junk food. Kebanyakan makanan yang dikategorikan sebagai junk food adalah makanan yang hanya mengandung lemak, kolestrol, dan karbohidrat rendah.

Di bagian sebelumnya kita telah mengulas makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat diantaranya adalah kunyit dan juga makanan hijau seperti bayam, slada, kangkung. Kali ini kita akan membahas makanan lainnya yang mampu meningkatkan daya ingat. Beberapa di antaranya yaitu cooklat atau kakau (chocoa), dan buah beri (Berries).

  1. Kakao / coklat

MAKANAN YANG DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA INGAT

Kakau mengandung senyawa antioksidian yang disebut dengan flavonol. Senyawa ini berkaitan dengan senyawa yang dapat membantu mereka para usia lanjut dengan bentuk menghambat kehilangan memori. Dalam sebuah studi yang dilakukan para ilmuan di Universitas Columbia dengan menggunakan seperangkat MRI dan tes memori untuk mengevaluasi efek dari flavonol kakao.

Selama 3 bulan peserta penelitian yang berusia 69 tahun dan 50 tahun di bagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok mengambil 900 miligram per hari dari flavonol kakao melalui minuman khusus. Pada kelompok lain menerima hanya 10 miligram per hari. Kelompok yang mendapatkan lebih tinggi kadar flavonol tidak hanya mencetak secara signifikan pada tes memori akan tetapi bagian dari otak mereka yang berhubungan dengan memori dentate gyrus juga berfungsi lebih baik.

Demikian pula, sebuah penelitian yang dilakukan di italia, sebanyak 90 orang tua di berikan sejumlah kadar flavonol tinggi, sedang, hingga rendah setiap hari selama delapan minggu. Ketiga kelompok menunjukkan perbaikan dalam tes fungsi kognitif, tetapi skor kelompok dosis tinggi ini menduduki nilai teratas.

Jadi perlu untuk dipertimbangkan konsumsi anda, alih-alih memesan latte dengan tambahan ekstra lebih baik untuk memilih cokelat panas selama istirahat anda.

  1. Buah beri

MAKANAN YANG DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA INGAT

Guna meningkatkan kekuatan otak anda, dianjurkan bagi anda untuk menyediakan berry di piring anda. Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa bluberry dapat membantu kesehatan dengan meningkatkan fungsi otak, berkat antitosanin yang terkandung di dalamnya serta flavonoid yang memberikan efek warna biru pada buah tersebut. Sebuah penelitian baru, yang disponsori oleh National Institute of Mental Health, menyarankan blueberry dapat berfungsi pula manfaatnya pada manusia.

Dalam penelitian relawan meminum 15-21 ons jus bluberry liar setiap hari selama 12 minggu. (jumlah jus setiap orang didasarkan pada berat badan mereka). Pada akhir di minggu ke 12 peserta tes kata di uji coba dan secara signifikan di ketahui scor mereka meningkat.

Baca Juga : Makanan Yang Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat (part 1)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top