Yang harus dilakukan oleh orang tua jika anaknya berbohong

Yang harus dilakukan oleh orang tua

Yang harus dilakukan oleh orang tuamemiliki anak yang jujur tentu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Tidak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi orang yang suka berbohong, baik saat kecil atau sudah dewasa nanti. Dan kadang saat maish kecil anak memang kadang berbohong, bak kepada temannya atau bahkan kepada orang tua. Orang tua memang tidak bisa selalu berada di sisi anak dan kemudian mengendalikan dia seratus persen agar tidak berbohong.

Yang harus dilakukan oleh orang tua

Sponsor – kezia skin expert

Tapi di sini orang tua bisa berperan dengan memberikan dan menankan kepada anak anda nilai- nilai dari kejujuran. Dan memberikan pengetahun kepada anak anda bahwa berbohong adalah sesuatu yang buruk dan bukan merpakan jalan keluar dari sebuah masalah yang sedang ia hadapi. Dan jika pada suatu hari anda menemukan anak anda berbohong, maka yang bisa anda lakukan adalah melakukan pendekatan untuk mengatasi hal itu.

Jika saat ini anda memiliki seorang anak balita yang berusia di bawah lima tahun, mungkin anda akan menemuka anak anda pernah berbohong. Tapi di usia itu anak masih belu memahami konsep berbohong dan yang ia tah adalah bahwa ia sedang mebuat sebuah cerita yang menarik. Hal ini kadang terjadi jika balita anda sedang engalami sebuah keadaan emosi yang tinggi. Misalnya bertengkar dengan teman atau saudaranya, bisa saja ia akan mengatakan sesuatu yang berbeda dari keberananya.

Yang bisa anda lakukan untuk menghadapi hal ini adalah bahwa anda bisa melakukan sebuah pendekatan yang lembut kepada anak. Misalnya anak anda mengkhayalkan sesuatu yangmenakutkan. Anda bisa saja mengnanggapi ha itu dengan santai saja, tapi anda kemudian bisa mengajarkan mana yang disebut antara imajinas dan kenyataan. Tapi jika anak anda berbohong dalam menghadapi suatu masalah, ata karena sedang marah dan ingin mendapatkan sesuatu, maka dalam hal ini anda harus bersikap baik, tidak marah kepada anak.

Ada bisa menunjukkan kepada anak bahwa anda tahu kalau ia berbohong dan anda akan sealu tahu jika ia sedang berbohong. Dan saat anak anda sadar, anda bisa menunjukkan bahwa kebohongan adalah sesuatu yang buruk dan tidak boleh dilakukan. Kenapa anda tiak boleh marah? Karena meskipun anda membentak dan marah- marah, anak anda yang masih balita tidak akan bisa memahami hal itu.

Sedangkan untuk anak pada usia antara 5 – 8 tahun, anak sudah memahami tentang berbohong dan biasanya hal ini dilakukan agar mereka bisa terhindar dari pekerjaan atau tagung jawab. Pada usia ini anak akan memiliki kecenderungan untuk bermain dan bermain. Padahal di usia ini anak harus belajar untuk bisa melakukan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Dan muai untuk belajar mandiri. Kadang berbohongnya mereka ini berkaitan dengan urusan seperti membersihkan mainan, kemudian soal makan, dan belajar. Dan mereka juga sudah mempu untuk membesar- besarkan sebuah hal.

Hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah ketika anda menemukan anak anda berbohong atau menangkap basah dia, anda bisa mengajaknya untuk duduk empat mata, dan bicaralah dengannya. Anda tidak boleh menegur atau memarahi di depan umum karena akan bisa berakibat buruk pada anak. Dna coba untuk tidak memberikan hukuman kepada anak anda. Karena kadang dengan hukuman malah akan membaut anak jadi semakin sering utuk berbohong. Anda bisa menanyakan kepada anak anda mengapa ia berbohong. Dan jangan menghakimi anak saat anda berbicara. Anda bisa mencari solusi dari masalah yang disebutkan anak anda.

Untuk anak yag sudah menginjak usia 10 an tahun. Pada usia ini pola pikir anak sudah mulai berkembag. Dan hal ini adalah saat yang penting untuk bisa membentuk pola pikir anak. Karena mereka sudah bisa berpikir dan mempertimbangkan sesuatu. Baik dalam hal tindakan atau ucapan. Anda bisa memberikan pengetahun tentang setiap tindakan dan kata-kata akan memberikan konsekuensi. Anak bisa berbohong untuk menghindari masalah atau tanggung jawab di usia ini. dan mungkin saja ia melakukan itu hanya untuk mencari perhatian dari orang lain.

Dalam hal ini, cara untuk mengatasinya adalah dengan berikap tegas dan memberikan konsekuensi jika ia berbohong. Pada tahap ini anda bisa memberikan hukuman kepada anak, seperti melarangnya bermain di luar, menyita mainannya dan sebaginya.

Kemudian pada usia 11-12 tahun, anak akan memiliki lebih banyak penyebab yang akan membuatnya berbohong. Misalnya adalah bawa anak sudah mulai merasa memiliki kebutuhan yang tinggi untuk bisa menapatkan kebebasan dan melakukan apa yang ia mau. Seperi jalan-jalan dengan teman-temannya, membeli barang-barang,  begadang, tidak belajar dan sebagainya. Dan sekalilagi untuk anak di usia ini,  anda diharuskan untuk tegas kepada mereka. Anak pada usa ini pintar mencari pembenaran atas apa yang ia lakukan. Anda bisa saja lengsung menjelaskan alasan-alasa kenapa anda memberikan suatu larangan kepada mereka tuk berbicara.

Dalam masalah ini, jika nanti anda berbicara dnegan anak anda, anda bisa mengatakan kepadanya bahwa saat nanti ia sudah dewasa,, ayah dan ibunya tidak akan lagi tinggal dengannya. Dan karena saat ini anda masih bersamanya mereka akan berusaha untuk melindungi dan jika nanti saatnya anda membolehkan anak pergi sendiri anda akan merasa lebih lega dan tenang. Karena anak sudah terbiasa untuk jujur. Jika anda mengalami kesulitan dalam mendidik anda, tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan kepada para profesional, anda bisa mencari tenaga profesional yang ahli di bidangnya di halojasa.com yang merupakan marketplace jasa yang hadir untuk memenuhi kebutuhan anda.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top