Herbal Alami

Trik Mengetahui Madu Asli Apa Palsu Yang Di Jual Di Pasaran

Madu

Trik Mengetahui Madu Asli Apa Palsu Yang Di Jual Di Pasaran

Madu telah dikenal oleh manusia semenjak ribuan tahun lalu dan khasiatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Hingga sampailah pada pemanfaatan ajang remah-remah bisnis yang menjanjikan. Disertai persaingan bisnis yang semakin berkembang, terdapat celah pemanfaatan pemalsuan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab demi memperoleh limpahan untung yang banyak. Tentu hal ini membuat kita khawatir, dikarenakan madu yang telah kita beli ternyata hanyalah madu jenis cap tikus oplosan.

Maka dari itu sebaiknya kita memahami dan berhati-hati dalam membeli madu, jangan cepat untuk terbujuk promosi pedagang yang memberikan label asli pada dagangan madu mereka. Secara kasat mata mungkin kita sulit membedakannya, palsu atau tidak. Namun demikian madu asli memiliki hal yang mendasar yang dapat kita kenali, hanya saja diperlukan beberapa langkah berikut ini

Menguji Dengan Media Kuning Telur

Sediakan 1 butir telur lalu ambillah kuningnya saja, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan campurkanlah. Perhatikan, apa yang terjadi pada madu tersebut, jika madu ini memiliki kualitas yang murni, maka kuning pada telur tersebut akan menggumpal. Penggumpalan ini terjadi diakibatkan madu mengandung senyawa asam dan telur mengandung senyawa protein yang melimpah, dan protein ini jika bercampur dengan asam akan terjadi koagulasi yang juga dapat menyebabkan telur terlihat seperti telah matang. dengan begitu kita dapat mengetahui Trik Mengetahui Madu Asli dan Palsu

Menguji Menggunakan Media Api

Madu murni dihasilkan dari bahan sari tanaman, oleh karena itu ketika anda membakarnya maka akan sangat mudah untuk menyala. Sebaiknya, madu yang palsu memiliki khasiat sulit untuk terbakar dikarenakan telam ditambahkan zat-zat lainnya, sehingga dengan media inilah cara terbaik akan diketahui.

Menguji Dengan Media Tissu

Madu yang alami mengandung sedikit air, sedangkan madu yang oplosan mengndunng kandungan air yang tinggi. Untuk itu maka menggunakan kertas tissu guna mengetahui kualitas madu, tuang madu ke atas lembaran tissu dan perhatikanlah apakah madu teresebut mengandung air dengan kandungan yang cukup tinggi, sebaiknya hal tersebut tidak terjadi pada madu yang murni.

Letakkan Madu Dalam Lemari Pendingin

Berikutnya adalah meletakkan di dalam lemari pendingin. Pada suhu yang rendah sekitar 0 drajat celcius air cenderung akan membeku namun tidak demikian dengan madu asli. Jika madu tersebut palsu maka madu tersebut akan membeku, sedangn pada madu asli tidak.

Memanaskan

Cara terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan memanaskan madu tersebut. Tuangkanlah madu secukupnya ke dalam sendok makan dan kemudian panaskan. Perhatikan, ciri-ciri pada madu asli biasanya akan nampak berbuih saat dipanaskan dan meluber keluar sendok. Namun pada madu palsu tidak terjadi, meskipun telah mendidih madu tersebut tidak akan keluar bui atau meluber.

Demikian tadi trik mengetahui madu asli dan palsu yang dapat dilakukan guna mengetahui kualitas madu yang kita beli. Untuk memperoleh dengan kualitas murni ataupun ASLI sebaiknya mungkin untuk menghindari membeli madu yang dilakukan dipinggir-pinggir jalan, berhati-hatilah juga dalam membelinya.

 

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top