Perawatan Rambut

Tips Rambut Sehat Dengan Wig

Tips Rambut Sehat Dengan Wig

Mengenakan wig terkadang membutuhkan kerja keras lantaran rambut asli mudah lepek. Meski begitu, ada beberapa tips rambut sehat dengan wig untuk Anda lho. Dengan menerapkan tips-tips berikut ini maka kemungkinan rambut rusak setelah mengenakan wig dapat Anda hindari. Dewasa ini, wig atau rambut palsu biasanya dikenakan oleh kaum hawa. Tujuannya pun bermacam-macam. Rambut palsu bahkan memiliki penggemarnya sendiri di tanah air. Sehingga tidak heran bila hingga kini banyak bermunculan rambut palsu dengan berbagai kemudahan dan warna yag beragam. Salah satu keuntungan menggunakan rambut palsu atau wig ialah kita bisa lebih bebas berekspresi dengan gaya dan warna rambut yang bermacam-macam tanpa merubah gaya rambut asli yang kita miliki. Nah, bagi Anda gemar tampil dengan bantuan wig tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut ini agar rambut asli tetap dalam keadaan sehat.

Tips Rambut Sehat Dengan Wig2

Sponsor: dr rochelle skin expert

  1. Cuci sebelum digunakan

Tips pertama menjaga kesehatan rambut meski kerap menggunakan wig atau hair extension adalah dengan mencuci terlebih dahulu rambut palsu yang hendak Anda pakai. Hal ini karena wig yang akan kita kenakan belum tentu higienis. Saat ini banyak orang memproduksi wig dari rambut asli maupun dengan bahan nilon, kapas ataupun bahan lainnya. Meski sudah diproses namun kita tetap harus memperhatikan kebersihan dari wig tersebut. Karena bila wig yang kita kenakan tidak bersih maka hal tersebut jelas akan berdampak pada kesehatan rambut asli Anda. Bisa jadi rambut Anda terkena kotoran atau debu yang masih menempel pada wig tersebut. Tidak hanya itu, menggunakan wig yang tidak bersih dengan waktu yang cukup lama akan membuat kepala menjadi lebih panas dan juga rasa gatal berlebihan di kulit kepala. Oleh karena itu, sebelum Anda menata rambut palsu di kepala sebaiknya periksalah kebersihannya terlebih dahulu. Bila perlu cucilah menggunakan shampoo serta kondisioner agar tekstur rambut tetap terjaga. Anda juga bisa menyisir wig agar terlihat lebih rapi.

Tips Rambut Sehat Dengan Wig3

  1. Gerai rambut sebelum menggunakan wig

Tips selanjutnya ialah dengan menggerai rambut sebelum mengenakan wig. Menggerai rambut asli merupakan cara yang paling ideal demi menjaga kesehatan rambut. Umumnya, banyak wanita akan menata rambut asli dengan menggelung atau menekuk ke bagian dalam. Sehingga wig bisa dikenakan dengan mudah. Tapi, percayalah terlalu sering menggulung rambut bahkan menguncirnya dengan rapat-rapat justru membuat rambut asli tidak sehat. Terlebih bila wig tersebut menutupi rambut asli selama berjam-jam. Demi kesehatan, perhatikan rambut asli Anda. Gerai rambut Anda kurang lebih 1 jam sebelum mengenakan wig. Menggerai rambut akan membuat kulit kepala menjadi lebih rileks. Sehingga wig yang kita gunakan tidak akan terasa panas dan rambut asli menjadi mudah lepek. Bila ingin menggunakan wig, sebaiknya tatalah rambut asli Anda serapi mungkin. Bila tidak memungkinkan untuk menggerai rambut saat mengenakan wig, sebaiknya tata rambut dengan mengepang rambut Anda ke belakang. Selain aman untuk kesehatan rambut, rambut yang dikepang tidak akan mudah keluar dari wig yang Anda kenakan.

Tips Rambut Sehat Dengan Wig4

  1. Hindari menggunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner memang sah-sah saja. Terlebih fungsi utama penggunaan kondisioner adalah untuk melindungi rambut dari sengatan matahari serta memberikan kelembaban penuh pada helaian rambut. Meski begitu, Anda tidak perlu menggunakan kondisioner bersamaan dengan penggunaan wig. Bila Anda menggunakan kondisioner sehabis keramas lalu menggunakan wig, hal in justru tidak baik untuk kesehatan rambut asli. Mengapa? Tujuan penggunaan kondisioner adalah untuk melembabkan rambut sepanjang hari. Rambut asli pun akan lebih halus dan karena terlapisi oleh kandungan pelembab yang ada pada kondisioner. Tapi tahukah Anda, bila rambut yang sudah terlapisi kandungan pelembab lantas dibungkus dengan wig akan memicu rambut lepek. Hal ini karena keadaan di dalam rambut asli dan wig sangat lembab. Terlebih bila terkena matahari, kepala Anda akan mengeluarkan keringat yang banyak. Keringat tersebutlah yang akan membuat rambut asli menjadi mudah lepek. Saran terbaik, sebaiknya Anda tidak menggunakan kondisioner tatkala hendak menutupi rambut asli dengan wig. Anda masih bisa memanfaatkan kondisioner ketika sudah tidak mengenakan wig.

Tips Rambut Sehat Dengan Wig5

  1. Jangan gunakan wig saat rambut basah

Tips terakhir dalam merawat rambut yang kerap ditutupi dengan wig atau rambut palsu ialah dengan menunda penggunaan wig bila rambut asli dalam kondisi basah. Percaya atau tidak, menutupi rambut yang basah dengan wig justru akan menjadi biang permasalahan rambut seperti rambut mudah patah, bercabang hingga berketombe. Mengenakan wig saat rambut basah juga tidak menyehatkan kulit kepala karena kulit kepala yang basah dan lembab tidak mendapatkan udara yang cukup. Untuk itu, jangan biasakan diri Anda menutupi rambut asli dengan wig jika rambut tersebut dalam kondisi yang basah. Keringkan terlebih dahulu setelah keramas kemudian gunakan wig dengan benar.

Tips Rambut Sehat Dengan Wig6

Merawat rambut tidak cukup dengan hal-hal di atas, Anda juga perlu memeriksa bahan wig yang digunakan. Meskipun ada beberapa wig yang diproduksi dari rambut asli, Anda mungkin bisa tergiur untuk mengenakan rambut palsu yang terbuat dari bahan-bahan sintetis. Sebaiknya, lebih cermatlah memilih wig dengan bahan-bahan yang aman alias tidak berbahaya bagi kulit kepala dan juga rambut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top