Tips Nyaman Tidur Di Pesawat Rute Jauh

Tips Nyaman Tidur Di Pesawat Rute Jauh

Buat kamu yang gemar traveling tentu paham dengan permasalahan ketika mata sudah ngantuk berat tetapi tidak bisa tidur nyenyak di dalam pesawat. Bisa karena rasa tak sabar ingin segera sampai di tujuan, atau cemas dalam penerbangan, atau hal lainnya. Well.., apa pun itu, tapi jika perjalanan yang harus ditempuh sangat jauh, maka waktu tempuhnya pun bisa lebih dari 12 jam. Mungkin sudah banyak film diputar, musik didengarkan, tetapi tidak dapat memejamkan mata dengan nyenyak. Nah.., berikut ini tips nyaman tidur di pesawat rute jauh yang perlu kamu tahu.

Banyak penumpang pesawat yang bingung bagaimana caranya bisa tidur di kursi yang cenderung sempit dan tidak nyaman. Apalagi ketika sudah bosan bermain games, atau menonton film di layar kursi pesawat, maka tidak ada kegiatan lain yang bisa dilakukan selain tidur. Tapi karena keterbatasan tempat, untuk bisa tidur di dalam pesawat bukanlah hal yang mudah.

Untuk sebagian orang, yang kalau sudah berada di dalam pesawat langsung tertidur, adalah sebuah keberuntungan. Berbeda dengan orang yang tidak bisa tidur sama sekali, karena itu adalah menjadi sebuah hal yang menyiksa, apalagi perjalanan jarak jauh dan seorang diri. Sangat membosankan. Karena, tidak ada teman yang dikenal dan bisa langsung diajak ngobrol, padahal tidur pun susah.

Tips Nyaman Tidur Di Pesawat Rute Jauh

Sponsored: kezia skin expert

Dalam perjalanan udara, tidur tidak semudah yang diharapkan. Suhu yang dingin dan suara bising dari mesin, perasaan cemas sendiri, serta orang-orang di sekitar bisa mengacaukan rencana tidur.

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan ketika ingin beristirahat dengan nyaman selama berada di dalam pesawat terbang. Diantaranya adalah:

1. Seleksi jenis makanan dan minuman

Pada saat akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan pesawat terbang, lebih baik hindari minum minuman yang mengandung alcohol. Begitu pula ketika sudah di dalam pesawat terbang, sebaiknya tidak memilih minuman beralkohol.

Alkohol dapat menimbulkan reaksi negatif pada tubuh jika dikonsumsi dalam perjalanan udara. Efeknya adalah menjadikan kita tidak bisa tidur, karena akan mudah terjaga, meski sebentar. Sehingga membuat kualitas tidur pun menjadi tidak baik.

Selain alkohol, jenis minuman lain yang harus dihindari pada saat naik pesawat terbang adalah minuman yang mengandung kafein, contohnya kopi. Zat kafein pada tubuh dapat meningkatkan kewaspadaan, sehingga membuat orang yang minum akan mengalami sulit tidur. Jumlah aman untuk dikonsumsi orang dewasa adalah 300 – 400 miligram per hari atau satu cangkir kopi. Jadi jika kamu berencana melakukan perjalanan panjang, sebaiknya tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Selain minuman, maka pada saat hendak melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang makanlah secukupnya, dan pilih makanan yang ringan dan sehat. Jangan makan terlalu banyak. Kalau di dalam pesawat kamu merasa lapar, maka makanlah camilan ringan yang mengandung zat alami untuk membantu tidur. Seperti pisang, ceri, yoghurt, kenari, dan madu.

2. Waktu terbaik

Ketika kamu merencanakan untuk berpergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat terbang, maka pilih waktu yang tepat. Waktunya adalah antara pukul 11 malam hingga pukul 6 pagi. Perjalanan yang dimulai pada malam hari akan memungkinkan kamu untuk dapat beristirahat dan tidur di dalam pesawat terbang, sehingga perjalanan jauh yang harus kamu lewati pun menjadi tak terasa.

Selain itu, kamu juga harus memastikan jadwal tidur yang benar sebelum berpergian. Jika kamu memutuskan untuk terbang pada pukul 11 malam, maka pastikan di hari sebelumnya kamu sudah bangun atau terjaga dua sampai tiga jam. Dengan begitu, ketika kamu mulai terbang, adalah saatnya kamu tidur karena mata pun sudah mengantuk.

3. Posisi menentukan kenyamanan

Tips Nyaman Tidur Di Pesawat Rute Jauh Ketika melakukan perjalanan jauh dan kamu harus tidur untuk mengatasi kebosanan, maka perlu memperhatikan beberapa posisi tidur yang nyaman di dalam pesawat. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bersandar di jendela
    Sebisa mungkin, duduklah di sebelah jendela. Dengan demikian, tubuh pun akan memiliki sandaran ekstra selain kursi. Kamu juga akan bebas dari gangguan orang yang hilir mudik ke toilet. Kamu juga bebas mengontrol sinar yang masuk dari jendela. Supaya lebih nyaman, berilah bantalan pada kepalamu dengan menggunakan jaket atau pasmina supaya lebih empuk.
  • Meringkuk
    Jika kakimu terasa terlalu dingin, maka kamu bisa menaikkan kaki dengan meletakkan di atas kursi. Itupun kalau kamimu memungkinkan untuk dilipat di atas kursi. Lalu, duduklah meringkuk seperti sedang duduk di sofa di rumahmu. Kemudian satukan kaki, taruh lengan di paha dan jadikan tangan sebagai bantalan untuk tidur. Gaya tidur yang satu ini juga bisa mengurangi mual saat perjalanan udara. Tapi pastikan kakimu tidak bau, sehingga tidak mengganggu kenyamanan orang lain.
  • Bersandar standar
    Ini adalah gaya tidur paling standar yang bisa dilakukan di pesawat. Namun ini bisa jadi cara yang nyaman, asal kamu tahu kapan melakukannya. Tekan tombol untuk mendorong punggung kursi dan rebahkan senyaman-nyamannya. Hal tersebut akan membuatmu lebih nyaman ketika duduk. Sebab duduk dengan posisi kursi yang begitu tegak akan membuat kepala pusing dan sakit pinggang. Jangan lupa sebelum merebahkan sandaran, kamu meminta izin kepada orang di belakangmu.
  • Berbaring
    Jika kebetulan kamu duduk sendiri, dan kanan kirimu adalah kursi kosong tanpa penumpang, maka ini saat yang tepat untuk merebahkan badan di tiga kursi sekaligus. Angkat semua sandaran tangan dan segera tidurlah dengan nyaman. Ini mungkin tidak sering terjadi, namun saat mendapat kesempatan seperti itu, adalah keberuntungan. Jadi, jangan ragu untuk menikmatinya.
  • Jangan pilih kursi depan
    Jika kamu bepergian sendiri atau bersama teman perjalanan yang sudah dewasa, pikir dua kali jika ingin duduk di barisan paling depan atau di sebelah pintu darurat. Kursi-kursi di bagian itu memang lebih lapang dibanding yang lain. Namun perlu diingat, beberapa kursi di sebelah pintu darurat biasanya tidak bisa diturunkan sandarannya. Sementara kursi di barisan paling depan biasanya diperuntukkan bagi yang membawa anak-anak. Jika ada satu anak saja yang rewel, bisa jadi kamu tidak akan bisa tidur selama perjalanan di dalam pesawat.

4. Pastikan bebas gangguan

Bebas gangguan disini bukan berarti ingin menjadi boss selama perjalanan, tetapi kamu harus membuat dirimu aman dari gangguan diantaranya:

  • Tidak ingin dibangunkan
    Jika kamu merasa sangat letih dan hanya ingin menikmati tidur sepanjang perjalanan, maka kamu bisa menginformasikan kepada pramugari yang bertugas. Misalnya, kamu tidak ingin bangunkan meski waktu makan tiba. Tapi pastikan seatbelt kamu tetap terpasang selama Anda tertidur.
  • Matikan monitor entertainment
    Menonton film di pesawat bisa mengganggu tidur, apalagi jika film tersebut sangat seru atau sangat lucu. Bisa-bisa kamu tidak ingin ketinggalan keseruan dari film itu, sehingga kamu bisa melewatkan momen berharga untuk tidur. Sebagai gantinya, dengarkan musik berirama lembut dan menenangkan yang dapat mengantarkanmu menikmati tidur dengan nyenyak.
  • Jauhkan Ponsel
    Meski teknologi sekarang memungkinkan untuk menggunakan ponsel ketika pesawat sudah diatas ketinggian jelajah, namun tetap lebih baik tidak menyalakan ponsel. Selain dapat membahayakan penerbangan, ponsel juga bisa menyita perhatianmu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk istirahat di pesawat. Sebagai gantinya, lebih baik ambil Koran atau majalah lalu membacalah selama kamu belum bisa istirahat.
  • Tidak perlu membawa banyak barang
    Barang yang terlalu banyak dibawa, juga akan mengganggu waktu istirahatmu di pesawat. Mengapa tidak? Merebaknya kasus akhir-akhir ini yang seringkali terjadi kehilangan barang di dalam kabin pesawat, bisa jadi membuat konsentrasimu terpecah. Waktu yang seharusnya membuatmu bisa istirahat atau tidur dengan nyenyak, tapi kamu justru harus lebih banyak berjaga untuk mengawasi barang bawaan kamu di kabin. Hanya bawalah tas carry-on di kabin, sehingga dapat kamu letakkan di pangkuan, atau di atas tempat duduk.
  • Kenakan pakaian yang nyaman
    Hal lain yang bisa mengurangi gangguan istirahatmu di dalam pesawat adalah pakaian yang kamu kenakan pada saat perjalanan ini haruslah yang nyaman. Kenakan pakaian yang longgar ketika dalam perjalanan jarak jauh, sehingga kamu akan lebih mudah bergerak dan tubuh tetap nyaman. Meski maskapai seringkali memberikan kaos kaki dalam travel kit, tetapi lebih baik kamu membawanya sendiri. Sehingga ketika kamu ingin tidur, lepaskan sepatu dan kenakan kaos kaki agar tubuh lebih hangat. Melepas sepatu akan membantu menjaga sirkulasi darah tetap lancar meski kamu lebih banyak duduk diam, hal ini penting bagi kesehatan dan kenyamanan.

5. Obat tidur

Bila semua upaya telah dilakukan dan tidak membantu juga, maka alternatif terakhir adalah minum obat tidur. Namun sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika kamu tidak ingin minum obat-obatan, maka upayakan agar kamu bisa istirahat dengan nyaman di dalam pesawat.

Itu tadi adalah hal-hal yang perlu kamu coba ketika ingin istirahat dengan nyaman pada saat menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang. Agar ketika bangun tidur kamu tidak mengalami disorientasi karena langsung melihat cahaya terang, maka pasang alarm 45 menit sebelum waktu pesawat mendarat. Lalu, pergilah ke toilet untuk mencuci muka, membereskan barang-barang dan memakai sepatu. Happy traveling ya!?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top