Life Style

Tips Meraih Kesuksesan Karir pada Usia Muda

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Tips Meraih Kesuksesan Karir – Ada pepatah mengatakan, “Bersenang-senanglah mumpung masih muda”. Pepatah tersebut seakan menunukkan bahwa masa muda adalah masa dimana manusia lebih banyak menghabiskan waktu dengan menikmati berbagai pengalaman hidup dan tantangan. Tentu sudah banyak dari kita yang mengetahui realitas di lapangan bahwa banyak sekali para muda-mudi yang seringkali menghabiskan waktunya untuk sekedar nongkrong bersama teman-temannya di cafe. Sedangkan pepatah lain mengatakan, “Life begin at fourty (Hidup di mulai pada usia 40)” yang menunjukkan bahwa kehidupan serius bagi manusia adalah ketika ia berusia 40 tahun ke atas. Lengkap sudah 2 pepatah tersebut yang menyatakan bahwa manusia di usia muda tidak akan mampu meraih kesuksesan karir karena mereka akan sibuk untuk bersenang-senang dan baru mulai memikirkan tentang karir nya dengan serius pada usia 40 tahun ke atas.

Sponsored: produk pemutih wajah

Namun rupanya hal ini telah terbantahkan dengan banyak bermunculan para pengusaha muda yang mampu meraih kesuksesan pada usianya yang relatif masih muda. Contohnya Yasa Singgih yang telah memiliki brand bernama Men’s Republic pada usia 16 tahun, Theresia Deka Putri yang mampu memiliki omzet sebesar 1 milyar dari bisnis industri kopi dan teh yang ia geluti pada usia 24 tahun, dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha muda yang mampu meraih kesuksesan karir pada usia mudanya. Kemunculan mereka sebagai pembuktian bahwa meraih kesuksesan karir pada usia muda bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Manusia mana yang tidak ingin sukses? Apalagi bila kesuksesan tersebut mampu diraih diusianya yang masih muda? Semua manusia tanpa terkecuali pasti menginginkan kesuksesan pada usia muda, namun tidak semua manusia mampu mencapai kesuksesan karir pada usia muda. Dibutuhkan proses yang cukup berat untuk meraih kesuksesan karir di usia muda. Meski demikian bukan hal yang tidak mungkin kita meraih kesuksesan karir pada usia muda. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan apabila menginginkan kesuksesan karir pada usia muda :

  1. Ubah mindset “Usia muda adalah usia untuk bersenang-senang semata”

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah mindset diri yang menyatakan bahwa usia muda merupakan usia yang harusnya dihabiskan dengan bersenang-senang semata tanpa harus memikirkan karir di masa mendatang. Perubahan mindset ini mutlak harus dilakukan karena mindset adalah dasar dari perilaku kita. Tanpa merubah mindset ini mustahil bagi kita untuk mampu dan mau mulai memikirkan masa depan karir yang akan kita jalani. Sejak sekarang tanamkanlah mindset bahwa usia muda adalah masa untuk mengoptimalkan kemampuan diri untuk meraih kesuksesan.

  1. Gali potensi diri sejak dini dengan mengenali kelemahan dan kelebihan diri sendiri

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan diri, namun tidak banyak manusia yang mengetahui secara pasti apa yang menjadi kelebihannya dan apa saja yang menjadi kelemahannya. Padahal mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan diri sangat penting untuk dilakukan tatkala merumuskan karir yang akan dijalani. Dengan menemukan potensi diri, dan menjadikan potensi tersebut sebagai dasar dalam memilih bidang mana yang akan kita tekuni, akan mampu mengantarkan kita pada puncak kesuksesan. Untuk itu menggali potensi diri sejak dini sangat penting untuk dilakukan.

  1. Kembangkan potensi diri

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Setelah mengetahui potensi yang merupakan kelebihan dari diri kita, kita juga wajib untuk terus mengembangkan potensi tersebut hingga mengungguli kebanyakan orang yang memiliki potensi di bidang yang sama dengan kita. Jangan pernah merasa puas dengan kemampuan yang sudah kita miliki, karena orang yang sukses adalah mereka yang selalu mengembangkan potensi diri secara terus menerus dan mereka yang mau untuk terus belajar dengan giat dan tekun.

  1. Tetapkan target-target kesuksesan beserta kapan harus diraih

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Tetapkanlah target-terget kesuksesan kita, mulai dari target utama hingga target-target turunan dari target utama tersebut. Selain itu tetapkan pula kapan kita harus mencapai target tersebut. Target-target yang telah kita tetapkan tersebut akan menjadi motivasi yang kuat bagi kita untuk mencapainya. Dan ingat, semua target yang kita tetapkan haruslah jelas dan terukur. Misalkan, target memiliki Lembaga Bimbingan Belajar yang legal secara hukum dan memiliki jumlah siswa sebanyak 50 orang pada usia 25 tahun.

  1. Jangan pernah takut gagal

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Terkadang bagi seorang entrepreneur, hal yang berat justru pada saat memantapkan hati untuk memulai suatu usaha. Hal ini dikarenakan pada diri manusia pasti memiliki rasa takut untuk gagal dalam menjalankan usaha kita. padahal selama manusia memiliki rasa takut untuk gagal maka selamanya pula ia tidak akan pernah meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan kesuksesan tidak akan pernah diraih tanpa mengalami kegagalan pada awalnya. Justru dengan adanya kegagalan tersebut kita menjadi tahu hal-hal apa saja yang tidak boleh kita lakukan dalam menjalankan usaha kita. So, mulai sekarang ubahlah pandanganmu tentang kegagalan sebagai hantu yang menakutkan menjadi kegagalan adalah keberhasilan menemukan cara yang tidak boleh untuk dilakukan.

  1. Pupuk tekad dan keteguhan hati

Tips Meraih Kesuksesan Karir

Tekad yang kuat serta keteguhan hati juga menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki bagi mereka yang menginginkan kesuksesan karir di usia muda. Hal ini dikarenakan ketika kita menjalankan usaha kita, adakalanya muncul berbagai macam godaan baik dari internal diri seperti kemalasan, maupun dari eksternal diri seperti ajakan teman untuk nongkrong di jam produktif. Hanya mereka yang memiliki tekad yang kuat dan keteguhan hai yang bisa terhindar dari berbagai godaan tersebut dan fokus untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top