Perawatan Tubuh

Tips Meminimalkan Resiko Kambuhnya Alergi Seafood

Tips Meminimalkan Resiko Kambuhnya Alergi Seafood

Beberapa orang memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan, salah satu yang sering ditemui adalah alergi terhadap seafood/ makanan laut. Alergi terhadap makanan laut/ seafood ini tidak hanya terbatas pada usia anak-anak saja, melainkan pada semua range usia. Gejala yang ditimbulkan dari alergi terhadap makanana laut/ seafood ini pun beragam mulai dari munculnya rasa gatal di bagian tubuh tertentu/ seluruh tubuh, hidung yang menjadi tersumbat hingga yang paling parah adalah syok anafilaktik yang membahayakan nyawa penderitanya.

Untuk anda yang kiranya mengalami symptomp/ gejala yang disebutkan sebelumnya saat mengonsumsi makanan laut/ seafood, anda sebaiknya memeriksakan atau melakukan check up guna lebih memastikannya. Jika anda dinyatakan positif memiliki alergi ini, akan sangat penting untuk anda agar lebih berhati-hati dalam memilih dan juga mengonsumsi makanan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang akan menolong anda agar kondisi alergi anda tidak kambuh:

  • Menghindari rumah makan seafood

Dikarenakan anda memiliki alergi terhadap makanan laut/ seafood ini, tentu anda harus menghindari rumah makan seafood. Meskipun anda memesan menu non-seafood/ bukan makanan laut/ tidak berhubungan dengan makanan laut, namun hal tersebut tetap riskan memicu munculnya alergi anda. Hal tersebut dikarenakan penggunaan alat memasak yang mungkin sama dengan yang digunakan untuk mengolah makanan laut.

  • Menghindari dapur yang tengah memasak seafood

Tips selanjutnya yang dapat menyelamatkan anda dari munculnya alergi dikarenakan makanan laut/ seafood adalah menghindari dapur yang tengah mengelolah/ memasak seafood. Hal tersebut dikarenakan, saat seafood/ makanan laut dimasak, biasanya akan terjadi pelepasan protein dari bahan seafood yang akan memicu munuclnya alergi anda saat terpapar melalui asap atau uap ataupun kontak dengan kompor yang digunakan untuk mengelolah seafood ini.

  • Waspada saat mengonsumsi ikan

Umumnya penderita alergi makanan seafood hanya alergi pada satu atau beberapa jenis makanan laut saja seperti kerang, kepiting, lobster, cumi-cumi, gurita, dan tiram, namun bisa jadi bahwa anda juga memiliki alergi terhadap ikan laut. Untuk itu, apabila anda terbilang jarang menyantap ikan, sebaiknya anda juga waspada akan resiko akan kambuhnya alergi.

  • Membaca label sebelum membeli suatu produk

Bukan hanya harus waspada atau jeli saat memilih tempat makan, dalam memilih makanan dan produk lainnya, anda yang memiliki alergi seafood haruslah sangat jeli. Disarankan untuk anda agar memeriksa label makanan atau produk sebelum membelinya seperti snack, kosmetik, obat ataupun produk perawatan kulit. Beberapa makanan dan produk menggunakan bahan laut sebagai komposisi penyusunnya, tentu hal tersebut akan menjadi berita buruk jika anda gunakan atau konsumsi.

  • Menggunakan suntikan epinefrin

Jika anda adalah seorang penderita alergi, maka suntikan epinefrin adalah item yang disarankan harus anda persiapkan setiap saat. Dengan menyuntikan epinefrin ini, maka hal tersebut dapat meredakan reaksi alergi pada tubuh anda. Namun berkaitan dengan hal ini” menggunakan epinefrin”, anda harus mempelajari cara menyuntikannya terlebih dahulu dari dokter melalui konsultasi.

Itulah beberapa tips yang akan dapat membantu anda agar tidak memiliki masalah dengan kambuhnya alergi anda terhadap seafood/ makanan laut.

Sponsor : perawatan wajah alami

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top