Ternyata Begini Cara Menjaga Kasih Sayang dengan Saudara Kandung

cara menjaga kasih sayang dengan saudara kandung

Apakah Anda memiliki banyak saudara kandung atau setidaknya memiliki satu atau dua saudara kandung? Anda bisa menyadari bahwa ketika masih kecil maka Anda hidup rukun dengan saudara. Kemudian seiring dengan bertambahnya usia dan faktor waktu maka terkadang hubungan dengan saudara kandung menjadi seperti ada jarak. Sulit untuk mengatasi hal ini jika sudah terjadi dalam waktu lama.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Menjaga kasih sayang dengan saudara kandung bukan hanya peran Anda sendiri, tapi juga orang tua. Keluarga menjadi pilar utama agar semua saudara bisa memiliki hubungan yang akrab meskipun sudah tua dan bertambah dewasa. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kasih sayang dengan saudara kandung yang bisa Anda lakukan.

cara menjaga kasih sayang dengan saudara kandung

Sumber: borepanda.com

  1. Berhenti menjadi mata-mata

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk tidak menjadi mata-mata dalam keluarga Anda. Sebuah keluarga memang selalu memiliki konflik baik itu dalam tingkat yang biasa atau sangat berat. Ketika ada masalah dalam keluarga maka jangan menjadi mata-mata. Anda harus mengambil posisi yang netral dan tidak membela salah satu keluarga Anda. Anda bisa menjadi teman untuk semua saudara yang sedang berselisih sehingga kondisi keluarga tetap terjaga. Selain itu Anda harus melihat faktor emosi yang penting untuk menjaga persaudaraan.

  1. Jangan pernah cemburu

Faktor kecemburuan memang sangat sering terjadi dalam keluarga. Banyak kakak yang selalu cemburu dengan adik atau sebaliknya. Semua ini bisa dipengaruhi oleh sikap orang tua sejak kecil. Misalnya ketika orang tua sering memperlakukan dengan cara yang  berbeda. Terkadang perasaan ini bisa terbawa sampai dewasa dan membuat hubungan dengan saudara tidak berjalan dengan baik. untuk itu Anda tidak perlu lagi bersikap cemburu ketika dewasa, lupakan semua dendam cemburu dan lebih baik untuk melihat semua hal dengan positif.

  1. Tetap berkomunikasi

Menjadi dewasa  berarti Anda mungkin juga terlibat hubungan dekat dengan orang lain, memiliki pekerjaan yang sibuk dan juga tempat tinggal sendiri. Untuk menjaga sebuah hubungan maka Anda tetap harus menjaga komunikasi. Jika lokasi tempat tinggal berjauhan maka Anda berkomunikasi dengan telepon. Dan sekarang juga banyak fasilitas chatting yang bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa membuat grup keluarga sehingga semua saudara bisa berhubungan dengan  baik.

  1. Jangan berdebat dengan tema sensitif

Semakin  bertambah usia dan semakin dewasa maka bisa merubah pikiran. Anda mungkin memiliki pandangan yang berbeda dengan saudara terhadap sebuah masalah. Karena itu terkadang perdebatan kecil bisa menjadi besar dan membuat hubungan dengan saudara menjadi lebih jauh. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk mengendalikan komunikasi dengan baik. Hindari semua perdebatan yang berbau sensitif seperti agama, politik, budaya dan berbagai tema lain.

  1. Tidak selalu menjadi penting

Semakin Anda bersikap sok penting atau paling penting maka bisa membuat saudara yang lain tidak senang. Anda bisa mencoba untuk bersikap netral dan tetap menghargai saudara Anda meskipun itu adik termuda Anda. Karena itu dengan cara ini maka sebuah kasih sayang dalam keluarga bisa terus terjaga. Kemudian perhatikan untuk tetap tidak menjadi yang utama dalam keluarga dan membiarkan saudara yang lain memiliki peran penting dalam berbagai acara keluarga.

Jadi ternyata seperti itu cara untuk menjaga kasih sayang dengan semua keluarga Anda. Jika semua cara ini diterapkan dengan baik maka Anda bisa memiliki sebuah keluarga dengan hubungan yang akrab.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top