Tanda Kulit Kita Terserang Kanker

Tanda Kulit Kita Terserang Kanker

Mewaspadai kanker adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus selalu dilakukan. Lantas bagaimana caranya mewaspadai penyakit yang satu ini? Padahal, kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh semua orang. Hal ini dikarenakan kanker bukanlah sembarang penyakit yang dapat disembuhkan dengan mudah. Kanker adalah salah satu penyakit yang tidak mudah disembuhkan dan menjadi salah satu penyakit mematikan, selain penyakit jantung. Perlu dipahami bahwa kanker terbagi menjadi beberapa macam, yang salah satunya adalah kanker kulit. Nah, ada beberapa tanda kulit kita terserang kanker yang sayangnya terkadang kurang menjadi perhatian bagi beberapa orang. Dengan mengetahui beberapa tanda kulit yang terkena kanker, tentu saja kita dapat menjadi lebih waspada dan selalu melakukan tindakan pencegahan. Apa saja tanda kulit yang terkena kanker? Berikut beberapa penjelasan penting untuk Anda.

Tanda Kulit Kita Terserang Kanker.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Tahi lalat baru

Biasanya, tahi lalat yang tumbuh baru bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Perubahan pigmen yang terjadi pada kulit memang terkadang mendasari tumbuhnya tahi lalat yang baru. Akan tetapi, Anda perlu mewaspadai jika tahi lalat yang tumbuh baru berukuran lebih dari 6 mm. Ya, ini adalah salah satu peringatan yang harus Anda perhatikan terkait kanker melanoma, atau salah satu jenis kanker kulit yang cukup berbahaya dan sangat serius. Tahi lalat yang tumbuh dengan ukuran lebih dari 6 mm membuktikan bahwa hal tersebut merupakan salah satu sebab tumbuhnya sel di bawah kulit, bukan hanya karena pigmen yang menyebabkan hormone kulit berubah. Oleh karena itu, jika Anda mengetahui adanya tahi lalat yang baru muncul di permukaan kulit Anda, maka sebaiknya segera mengecek untuk mengetahui secara detail apa yang sebenarnya terjadi.

  1. Tahi lalat aneh

Tahi lalat yang tidak berpotensi kanker biasanya berbentuk simetris dengan permukaan yang halus di sekitarnya. Dapat dikatakan bahwa tahi lalat hanya fokus pada salah satu titik saja dan tidak mempengaruhi permukaan kulit yang ada di sekitarnya. Nah, salah satu tanda kulit terkena kanker yang tentu saja harus diperhatikan adalah adanya tahi lalat dengan permukaan kulit di sekitar tahi lalat yang nampak aneh. Jika Anda melihat tahi lalat yang baru tumbuh dengan permukaan yang asimetris dan permukaan di sekelilingnya berwarna kecokelatan bahkan kehitaman, dan tidak hilang selama beberapa hari, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya. Anda harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi jangan sampai keanehan yang ada di sekitar tahi lalat tersebut menjadi semakin lebar dan lebih berbahaya bagi tubuh Anda.

  1. Tahi lalat warna abnormal

Salah satu tanda kulit terkena kanker yang lainnya adalah tahi lalat yang muncul tiba-tiba dengan warna abnormal. Tahi lalat memang merupakan salah satu tanda yang dapat dijadikan patokan untuk mengetahui kesehatan kulit Anda. Nah, dalam kasus kanker ini, ada beberapa warna tahi lalat yang harus diwaspadai. Tahi lalat yang normal seharusnya memiliki warna cokelat tua atau cokelat muda. Akan tetapi, jika Anda menemukan tahi lalat baru dengan warna cenderung merah muda, biru, atau putih maka sebenarnya Anda sudah memiliki cukup alasan untuk segera memeriksakan kondisi Anda pada dokter. Tanda bahaya lain yang menjurus pada kasus kanker, terutama kanker kulit adalah adanya tahi lalat dengan warna campuran cokelat muda dan cokelat tua. Hal ini dikarenakan tahi lalat seharusnya hanya memiliki satu warna.

  1. Tumbuh kutil atau benjolan

Munculnya benjolan atau kutil pada permukaan kulit juga bisa digunakan sebagai salah satu indikator jika kulit Anda bermasalah yang nantinya bisa merujuk pada kanker kulit. Nah, Anda harus waspada jika Anda memiliki benjolan atau kutil di sekitar permukaan kulit dengan ukuran lebih dari 6 mm dan tidak hilang selama kurang lebih 6 minggu lamanya. Ini adalah salah satu peringatan bahwa Anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut pada dokter ahli. Kutil atau benjolan yang tidak lantas hilang setelah beberapa waktu dapat diindikasikan merupakan sel karsinoma. Sel karsinoma biasanya muncul karena kerusakan kulit kronis yang disebabkan sengatan sinar matahari secara terus menerus dan lama.

  1. Muncul bercak kering

Tanda terkahir pada kulit yang menandakan seseorang terkena kanker dan harus diwaspadai adalah munculnya bercak kering. Beberapa orang tidak mempermasalahkan bercak kering yang muncul pada permukaan kulit mereka karena terkadang mereka mengganggap bahwa itu hanyalah masalah kulit biasa setelah mereka beraktivitas di bawah sinar matahari. Akan tetapi, jika bercak kering tersebut muncul dengan ukuran yang cukup lebar, warna yang aneh atau biasanya cenderung merah dan tidak lantas hilang setelah beberapa minggu, maka Anda patut waspada. Bisa jadi, bercak yang muncul adalah sel karsinoma. Untuk berjaga-jaga, maka lebih baik Anda memeriksakannya pada dokter ahli kulit.

Dari beberapa tanda di atas, setidaknya kita dapat mengetahui bahwa ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Selain melakukan cek pada dokter setelah tanda-tanda tersebut muncul, Anda tentu juga harus melakukan tindakan pencegahan, seperti menghindari sinar UV dari matahari dengan menggunakan sunblock dan juga mengkonsumsi beragam makanan bergizi untuk mencegah terjadinya kanker.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top