Kesehatan

Sering Melihat Gambar Tersembunyi? Hati-Hati terkena Pareidolia

bahaya pareidolia untuk kesehatan jiwa dan fisik

Apakah Anda pernah melihat samar bentuk wajah orang atau objek lain dari sebuah gambar yang abstrak? Atau Anda pernah mendengar suara yang sebenarnya tidak pernah nyata sama sekali. Semua itu mungkin hanya bayangan atau perasaan Anda sendiri dan orang lain tidak mengalami hal yang sama. Kondisi ini sering disebut dengan istilah pareidolia.

Sponsordr rochelle skin expert

Kondisi ini sering dialami oleh seseorang secara sengaja atau tidak sengaja. Ketika sering mengalami maka otak akan  berusaha untuk terus mencari objek lain dari sebuah benda yang ditemukan. Dan ketika dijelaskan pada orang lain maka orang itu belum tentu memiliki pandangan yang sama. Meskipun ini awalnya bukan kondisi yang kritis tapi ternyata ada bahaya pareidolia untuk kesehatan jiwa dan fisik.  Berikut ini beberapa  bahaya yang perlu Anda kenal.

bahaya pareidolia untuk kesehatan jiwa dan fisik

Sumber: borepanda.com

  1. Bisa menyebabkan rasa panik berlebihan

Orang yang menderita pareidolia awalnya memang terlihat sangat normal dan tidak memiliki masalah apapun. Tapi ketika masalah ini tidak diatasi maka bisa menyebabkan perasaan panik yang berlebihan. Penderita akan selalu mencari bentuk atau gambar apapun dari sebuah objek yang sering ditemukan. Terkadang ini bisa membuat orang tidak memiliki fokus yang baik karena selalu mencari gambar lain. Beberapa orang juga menganggap ini kelainan yang aneh sehingga sulit untuk diterima dalam lingkungan.

  1. Menyebabkan kecanduan dan mengganggu aktifitas

Meskipun pareidolia bisa terjadi kapan saja namun penderita yang tidak mendapatkan perawatan bisa mengalami gangguan yang berat. Gangguan yang paling sering terjadi adalah kecanduan untuk menemukan semua gambar dalam objek. Jika sudah sangat parah maka objek yang keluar dalam stimulus dalam otak bisa berbentuk binatang atau benda-benda yang berbahaya. Kemudian jika sudah parah maka bisa membuat penderita sulit untuk bekerja dengan baik. Anak-anak yang menderita gangguan ini biasanya juga mengalami penurunan prestasi di sekolah.

  1. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Orang yang mengalami pareidolia terus menerus mengalami tekanan yang berlebihan. Mereka bisa merasa panik hanya karena perasaan dan pikiran mereka sendiri. Dampak yang sangat berat bisa menyebabkan tekanan pada jantung agar bekerja terus menerus namun dengan cara yang tidak sehat. Biasanya jantung bisa mengalami peningkatan kerja dan aliran darah yang berlebihan. Awalnya hanya menyebabkan nyeri pada bagian jantung lalu bisa membuat detak jantung menjadi sangat cepat. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang sangat serius termasuk ancaman gagal jantung.

  1. Bisa sering sakit kepala

Orang yang mengalami pareidolia akan sering mengalami pikiran yang berlebihan. Stimulus dalam otak yang terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan sakit kepala. Banyak penderita yang awalnya hanya mengalami gangguan migraen namun berubah menjadi sakit kepala akut. Hal ini ternyata juga bisa memicu tekanan darah tinggi dan yang paling berat adalah aneurisma atau pecah pembuluh darah dalam otak.

Itulah beberapa hal tentang pareidolia dan resikonya terhadap kesehatan. Jika Anda mengalami gejala dan potensi bahaya yang sama maka segera cari bantuan perawatan dokter agar cepat sembuh.

3
75%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
25%
angry

Comments

comments

To Top