Perawatan Rambut

Rambut Hitam Dan Legam, Ini Tipsnya

rambut-hitam-dan-legam-ini-tipsnya

Pernahkah Anda berpikir bahwa harga perawatan rambut di salon makin lama makin mahal hingga pada tahap yang tidak masuk akal? Memang peningkatan harga tersebut juga dibarengi dengan peningkatan teknologi yang dipergunakan. Akan tetapi bagi yang tidak memiliki budget yang cukup, tentu akan sangat keberatan untuk melakukan perawatan rambut di salon karena menganggapnya suatu pemborosan.

Apalagi kini sudah sangat marak yang namanya DIY atau melakukan sesuatu sendiri di rumah. Internet bahkan telah menyediakan banyak tutorial yang dapat dibaca maupun ditonton sebagai bantuan bagi para awam. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk menghindari salon dan bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah.

Sponsor : perawatan wajah terbaik

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah pewarnaan rambut. Sudah banyak produk semir rambut yang dapat dibeli dan sangat mudah untuk diaplikasikan sendiri tanpa perlu ke salon. Maka dari itu sudah banyak orang yang beralih untuk mengecat rambutnya sendiri apalagi bagi mereka yang ingin mengecat rambut menjadi hitam.

Rambut natural wanita Indonesia memang adalah hitam, namun masih saja ada orang yang ingin mengecatnya menjadi hitam. Bisa jadi karena rambutnya kusam atau menjadi kekuningan akibat sering terkena matahari atau sekedar faktor usia. Berikut adalah tips menghitamkan rambut tanpa ke salon:

  1. Pilih produk yang tepat

Hal pertama dan utama yang sangat wajib untuk perhatikan dengan baik yaitu pemilihan produk yang tepat. Jika dari awal pemilihan produk pewarna saja sudah salah, maka langkah-langkah selanjutnya sudah dapat dipastikan akan ikut gagal. Pertama, pastikan warna apa yang hendak dipilih. Bila memilih hitam, pastikan yang dipilih benar-benar hitam dan bukan cokelat gelap karena warnanya bisa saja hampir mirip. Biasakan untuk membaca label produk dengan cermat sebelum membeli produk apapun. Kemudian pikirkan jenis cat rambut apa yang diinginkan, permanen atau tidak. Sekali lagi jangan salah untuk memilih jenis produk karena bisa menyebabkan penyesalan di kemudian hari. Hal lain yang juga perlu dilihat adalah kandungan dari cat rambut. Lihat apakah cat tersebut aman untuk Anda dan apakah ada bahan-bahan tertentu yang berpotensi menimbulkan alergi. Jika sudah aman dan yakin dengan pilihan, belilah produk sesuai banyaknya rambut. kebanyakan rambut akan cukup dengan satu produk saja, tapi bila rambut panjang dan tebal bisa jadi butuh dua produk. Jangan sampai kekurangan cat rambut di tengah-tengah proses pewarnaan.

  1. Jangan keramas sebelumnya

Anda bisa berpikiran untuk mencuci rambut sebelum semir karena ingin rambut terlihat bersih. Namun ternyata hal tersebut justru tidak boleh dilakukan sama sekali jika ingin hasil pewarnaan rambut bisa sempurna. Paling tidak jangan keramas 1 hari sebelum memulai proses pewarnaan. Pencucian rambut dapat menghilangkan minyak alami rambut yang berguna untuk melindungi rambut selama pewarnaan. Selain itu, warna yang diperoleh dari semir akan terlihat lebih masuk dan baik bila rambut tidak dicuci sebelum melakukan pewarnaan.

  1. Hati-hati terkena cat rambut

Ingatlah bahwa yang hendak dicat hanyalah bagian rambut, untuk itu lindungilah bagian tubuh lain dari cat. Apalagi jika hendak menggunakan cat rambut berwarna hitam pekat, bekasnya bisa saja sulit untuk dihilangkan. Bagian yang perlu dilindungi adalah wajah dekat kulit kepala serta pakaian yang digunakan. Sebagai saran, daripada sekedar diberi alas plastik, lebih baik juga gunakan pakaian yang memang sudah lama karena kemungkinan pakaian terkena cat sangatlah tinggi. Untuk wajah, ada produk yang biasanya digunakan untuk melindunginya terutama saat pewarnaan rambut. Produk tersebut dapat ditemukan di internet untuk lebih lengkapnya.

  1. Buatlah bagian pada rambut

Masalah yang paling rentan dihadapi ketika melakukan pewarnaan rambut sendiri adalah warna rambut menjadi tidak rata atau ada bagian yang terlewatkan. Bagian rambut yang mudah terlewat adalah bagian belakang rambut. Alasannya adalah Anda mungkin tidak bisa melihat apakah bagian belakang rambut sudah di cat atau belum. Maka dari itu untuk memudahkan, bagilah rambut menjadi beberapa bagian kecil. Mulailah mengecat rambut sedikit demi sedikit dari bagian-bagian yang telah dibuat sebelumnya. Selesaikanlah satu bagian dengan rata terlebih dahulu sebelum membuka bagian selanjutnya. Bila ingin mencari aman, carilah bantuan dari keluarga maupun teman untuk mengaplikasikan cat rambut.

  1. Setelah proses pewarnaan

Tahap ini juga sama pentingnya dengan seluruh proses awal hingga proses pengecatan rambut. Rambut yang diwarnai tentu haruslah dirawat dengan baik untuk mempertahankan warnanya. Kadang inilah kelebihan salon yaitu biasanya salon memberi rekomendasi produk yang dapat membantu mempertahankan warna rambut. Untuk itu agar hasil pewarnaan tidak kalah dari salon, gunakan produk yang bisa membantu menjaga kecantikan warna rambut. Sudah tersedia banyak produk yang dikhususkan untuk rambut hitam.

Di atas adalah sejumlah tips yang bisa diperhatikan ketika mencari cara untuk menghitamkan rambut sendiri tanpa harus ke salon. Cara ini sangatlah cocok bagi mereka yang sibuk hingga tidak punya waktu untuk pergi ke salon. Selain itu juga dengan melakukan penghitaman rambut sendiri, biaya yang dikeluarkan pun akan cenderung lebih murah. Tidak sulit bukan untuk menghitamkan rambut sendiri di rumah?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top